Jaringan LAN (Local Area Network)

2 min read

Pada Kesempatan kali ini kami akan membahas tentang jaringan LAN atau Local Area Network. Ada beberapa pembahasan yang akan dibahas oleh artikel ini. Maka simak artikel sebagai berikut.

Secara umum – jaringan LAN dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer yang berada pada area kecil atau dekat. Contohnya adalah jaringan komputer di laboratorium sekolah yang terhubung sehingga pertukaran data dilakukan dengan mudah dan cepat.

Pengertian Jaringan LAN (Local Area Network)

Jaringan LAN (Local Area Network)

Jaringan LAN (Local Area Network) – Merupakan sebuah jaringan komputer yang memilikii cakupan wilayah sebuah jaringan yang sangat kecil. cakupan wilayah jaringan lokal hanya meliputi jaringan kantor, jaringan lab komputer, jaringan di kampus, jaringan di sekolah, jaringan dirumah atau satu gedung.

LAN dapat digunakan untuk berbagi resource dalam gedung. LAN dapat berdiri sendiri, tanpa terhubung dalam jaringan luar atau internet. Apabila suatu LAN dapat dihubungkan dengan beberapa LAN lainnya maka, akan terbentuk suatu jaringan yang disebut dengan Metropolitan Area Network (MAN).

Baca Juga : Teknik Komputer Dan Jaringan (TKJ)

Pada perangkat komputer dapat digunakan untuk pusat LAN. Komputer tersebut berperan sebagai server, dan menyediakan akses seabagai berbagi file atau program pada perangkat yang telah terhubung. Hal ini sering dapat diterapkan pada jaringan perkantoran atau lembaga.

Fungsi Jaringan LAN (Local Area Network)

Gambar LAN

Berfungsi untuk mengubungkan beberapa komputer dari satu tempat sehingga dapat dihubungkan bersama memfasilitasi pertukaran data dan mempercepat proses kerja.

Dengan jaringan LAN ini, semua pekerjaan dapat dilakukan dengan cepat dan mudah karena kita bisa mengakses data dari komputer kemana pun. Selain itu, jaringan LAN dapat menghemat biaya karena perangkat di jaringan LAN dapat dibagi dengan menggunakan teknikyang berbagi seperti berbagi printer, berbagi file, dan lainnya.

Baca Juga :  Pengertian VGA Card

Baca Juga : Topologi Jaringan Komputer

Contoh jaringan LAN dan Implementasinya adalah :

  • Jaringan dapat dilingkungan sekolah
  • Jaringan komputer berada dikantor
  • Jaringan Komputer berada di lingkungan kampus 

Berikut ini adalah fitur dan manfaat jaringan LAN:

  • Mempercepat pertukaran data pada jaringan (pertukaran data).
  • Memungkinkan untuk memperbarui informasi dan data sehingga pembaruan data jaringan dapat dilakukan secara cepat dan mudah.
  • Lebih efisien karena perangkat dapat digunakan untuk bersama dalam jaringan (contoh: printer, server, dll.)

Kelebihan Jaringan LAN

Berikut ini kelebihan yang dimiliki oleh jaringan LAN:

  • Berbagai Resource
    Printer, salah satu resource yang dibagikan dengan sangat menggunakan jaringan LAN dapat dengan mudah berbagi resource dengan komputer lain. Hal ini tentu sangat efisien, selain itu dengan berbagi resource dapat menghemat biaya pengeluaran.

    Selain dengan berbagi perangkat, dapat terbagi aplikasi software dengan perangkat lain, hal ini sangat efektif dapat mempermudah produktivitas waktu. Namun, dapat berbagi aplikasi software tidak selamanya lebih murah dibanding menginstall satu persatu software pada komputer

  • Data Terpusat
    Dengan menggunakan file server, data pada seluruh komputer yang terhubung pada sebuah jaringan LAN yang tersimpan pada satu tempat adalah server. Hal ini dapat memudahkan user untuk saling mengakses file yang dimiliki oleh komputer lain. Selain itu hal ini juga membantu untuk membackup data user apabila misalnya terjadi kesalahan sehingga menyebabkan terhapusnya data pada komputer user.

    Sebuah data dibagikan dalam suatu jaringan, user yang mempunyai akses dapat terlihat oleh data tersebut diwaktu yang sama, namun mereka tidak dapat mengedit rekaman yang sama pada waktu bersamaan.

Baca Juga : Teknik Komputer Dan Jaringan (TKJ)

Kekurangan Jaringan LAN

Kekurangan yang dimiliki jaringan LAN, yaitu:

  1. Keamanan Rentan
    Dalam jaringan komputer, keamanan sama pentingnya dengan jaringan LAN. Administrator dalam jaringan memainkan peran penting dalam mencegah pengguna yang tidak sah mengakses data pada jaringan.
  2. Masalah Dengan Server Pusat
    Masalah dengan server pusat dapat mempunyai konsekuensi serius dalam jaringan LAN. Dapat mempengaruhi seluruh jaringan komputer hingga komputer tidak dapat berkomunikasi dengan komputer lain.
  3. Instalasi Mahal
    Menginstal jaringan LAN bisa mahal, tergantung pada persyaratan dan ketentuan. Jenis topologi yang dapat digunakan juga mempengaruhi biaya yang dikeluarkan.
Baca Juga :  Administrasi Text

Baca Juga : Teknologi WAN

Demikian artikel yang dapat kami bagikan kali ini, semoga bisa membantu Anda dalam mengerjakan tugas dan keperluan lainnya.