Jaringan Epitel

1 min read

Jaringan Epitel – Di dalam jaringan epitel terdapat jenis, ciri, dan fungsi pada epitel. Yukk… Simak pembahasan nya di bawah ini.

Daftar Isi :

Pengertian Jaringan Epitel

Baca Juga : Anatomi Telinga

Jaringan-Epitel

Jaringan Epitel merupakan jaringan yang terdiri atas banyak sel, terdiri dari banyak jenis yang serupa dan tidak mempunyai ruang interselular. Fungsi utama pada epitel adalah untuk melindungi jaringan di bawahnya. Lokasi epitel berada di sepanjang sistem pencernaan, membantu menyerap nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk proses pencernaan.

Epitel menutupi atau melapisi permukaan tubuh, baik secara permukaan dalam dan luar. Epitel yang dapat menutupi pada bagian luar tubuh disebut Epitelium. Jaringan pada permukaan tubuh disebut jaringan Endothelium.

Jenis Jaringan Epitel

Di bawah ini tercantum beberapa jenis jaringan epitel:

  • Epitel Selapis Silindris
    Epitel dari lapisan silindris bertindak sebagai sekresi, penyerapan, pemurnian dan pergerakan benda asing yang memasuki tubuh. Jaringan ini ditemukan di perut, kelenjar pencernaan, rahim, kantung empedu dan saluran pernapasan bagian atas.
  • Epitel Batang Silia
    Epitel dari batang silia adalah jaringan yang membentuk lendir di hidung dan bertindak sebagai filter terhadap patogen yang masuk sehingga dapat diangkat kembali. Jaringan ini terletak di rongga hidung dan saluran udara.
  • Epitel Kubus Selapis
    Lapisan jaringan kubus adalah sel konstituen yang terdiri dari sel berbentuk kubus. Jaringan ini bertindak sebagai alat sekretori dalam ginjal dan sebagai pelindung. Jaringan ini terletak di ovarium, kelenjar ginjal, retina dan kelenjar tiroid.
  • Epitel Pipih Berelapis
    Berfungsi dalam difusi CO2 atau O2 dan penyaringan darah. Posisi jaringan ini di paru-paru dan ginjal dapat ditemukan di pembuluh limfatik, perikardium, kapsul glomerulus, alveoli, dan endotelium.
  • Epitel Kubus Berlapis
    Epitel kubus berlapis adalah jaringan yang terdiri dari beberapa lapisan kubus yang terbentuk berlapis-lapis. Jaringan ini berfungsi untuk mendukung proses sekresi. Jaringan ini ditemukan di kelenjar minyak, ovarium, testis dan kelenjar keringat.
  • Epitel Pipih Berlapis
    Epitel datar berlapis terdiri dari beberapa sel datar dan dilapisi dengan lapisan sel yang sangat besar dan padat. Berfungsi sebagai pelindung tubuh atau mencegah gesekan. Jaringan ini terletak di kerongkongan, vagina dan epidermis.
  • Epitel Silindris Berlapis
    Epitel silinder bertingkat adalah yang bertindak sebagai situs penyerap dan ekskresi, sebagai perlindungan terhadap pergerakan zat dan sebagai saluran untuk ekskresi kelenjar susu. Jaringan ini terletak di permukaan laring, faring, dan kelenjar susu.
  • Epitel Kelenjar
    Epitel kelenjar adalah yang bertindak dalam sekresi zat yang dapat mendukung proses biologis makhluk hidup. Kelenjar ini dibagi menjadi 2 yaitu kelenjar endokrin dan kelenjar eksokrin. Terletak di pankreas, feromon, lidah dan kulit.
  • Epitel Transisional
    Epitel transisional juga membentuk sel-sel yang bentuknya tidak beraturan dan mungkin juga mengembang atau berubah bentuk. Jaringan ini digunakan sebagai mengubah bentuk dalam kondisi tertentu. Epitel transisional terletak di ginjal, uretra, dan kandung kemih.
Baca Juga :  Fungsi Mitokondria

Baca Juga : Susunan Rangka Pada Manusia

Ciri-Ciri Jaringan Epitel

Berikut ini adalah beberapa fitur dari epitel:

  • Bentuk sel yang bervariasi tergantung pada fungsi dan posisinya.
  • Untuk kelenjar dan penutup.
  • Tidak ada bahan yang terdapat diantara sel yang menyusunnya.
  • Epitel pipih, berbentuk batang atau kubus.
  • Ada pada di seluruh tubuh.
  • Terdiri dari sel dan molekul ekstraseluler dalam bentuk matriks, yang berguna untuk mengikat jaringan ke tanah.
  • Memiliki permukaan yang tidak terkait dengan jaringan lain, sedangkan pada permukaan lain itu terkait dengan membran yang mendasarinya.
  • Ada beberapa jenis epitel yang berspesialisasi dalam bentuk tonjolan untuk memperbesar permukaan, untuk memindahkan benda asing atau bergerak.

Demikian artikel yang dapat kami ringkas, yaitu tentang Jaringan Epitel. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Anatomi Telinga

Ika Evitasari
3 min read

Fungsi Oviduk

Pak Guru
2 min read

Fungsi Mitokondria

Pak Guru
2 min read