Jaringan 4G

1 min read

Jaringan 4G – adalah untuk mempercepat jaringan supaya nyaman untuk digunakan. Dalam artikel ini, akan membahas tentang Jaringan 4G dan beberapa keunggulan nya. Maka ikutilah artikel ini sebagai berikut..

Apa itu 4G?

4G

4G Merupakan singkatan dari istilah bahasa Inggris yaitu teknologi generasi keempat. Umumnya digunakan untuk sehubungan dengan standar generasi keempat dari teknologi telepon seluler. 4G merupakan pengembangan teknologi 3G dan 2G. Sistem 4G menyediakan jaringan broadband ultra untuk dapat berbagai perangkat elektronik, contohnya Smartphone dan laptop menggunakan modem USB.

Secara global, ada dua kandidat standar untuk jaringan 4G komersialisasi yaitu standar WiMAX (Korea Selatan sejak 2006) dan standar Evolusi Jangka Panjang (LTE) (Swedia sejak 2009).

Pengertian Jaringan 4G

Jaringan 4G

Jaringan 4G ialah jaringan seluler generasi keempat. Jaringan ini untuk menjadi solusi jaringan komunikasi yang lengkap dan aman dengan kecepatan data yang jauh lebih cepat dari pada generasi sebelumnya.

Jaringan ini dapat menjadi solusi jaringan komunikasi yang lengkap dan aman dengan kecepatan data yang jauh lebih cepat daripada generasi sebelumnya. Standar baru seperti WiMax dan Long Term Evolution (LTE) telah disebut sebagai 4G.

Baca Juga : Jaringan 5G dan Penjelasan nya

Keuntungan

Operator seluler ini mempunyai kemampuan sebagai menawarkan akses data ke beberapa perangkat. Teknologi 4G memberikan mobilitas, lebih dapat diandalkan, lebih fleksibel, lebih mudah untuk distandarisasi dan terjangkau.

Jaringan LTE sangat cepat dan 10 kali lebih cepat dari jaringan 3G. Kualitas yang sangat tinggi dan sangat cepat ketika sedang mengunduh file besar melalui jaringan nirkabel. jaringan ini sangat bagus dan jelas ketika sedaang menonton video online, streaming video, atau memutar musik online, tonton TV online dan orang lain streaming barang.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Baca Juga : Teknologi Layanan Jaringan

Cara Mengatasi Jaringan 4G Putus Nyambung

  • Nonaktifkan Fitur Pembatasan Seluler
    Untuk segera memperbaikinya, nonaktifkan atau nonaktifkan fitur “Exceed cap”. Lalu buka menu Pengaturan – pilih “Penggunaan Data” – aktifkan opsi “Batas Data Seluler” dan jangan aktifkan. Jika fitur ini belum tersedia, coba aktifkan data seluler Anda terlebih dahulu.
  • Pilih Penyedia Dengan Kualitas Terbaik
    Di setiap area, kualitas sinyal masing-masing mempunyai penyedia bervariasi. Smartfren, Telkomsel, XL, Axis, Im3 dan lainnya. Penyedia mempunyai kualitas sinyal yang sangat kuat.
  • Tutup Semua Aplikasi Yang Berjalan Dilatar Belakang
    Cara mengatasinya:
    a. Sebuah. Buka menu pengaturan.
    b. Pilih opsi Aplikasi.
    c. Pilih aplikasi yang ingin Anda hentikan dan klik tombol Force Stop.

    Lebih baik menonaktifkan semua aplikasi yang tidak dapat digunakan, terutama aplikasi yang dapat mengonsumsi banyak kuota internet. Contohnya aplikasi media sosial dan toko online.
  • Instal Aplikasi Penguat Sinyal
    Aplikasi penguat sinyal terbaik yang dapat diunduh dari Google Play Store. Misalkan Network Signal Booster 2015, Internet Booster dan Optimizer, Connection Stabilizer Booster dan lainnya.

    Aplikasi ini dirancang sebagai memperkuat jaringan 4G di ponsel Android.

Baca Juga : Jaringan LAN (Local Area Network)

Apa Perbedaan Jaringan 3G dan 4G?

3G dan 4G ialah standar untuk komunikasi seluler. Dapat menentukan bagaimana gelombang digunakan sebagai mengirimkan informasi.

Perbedaan mencolok antara 3G dan 4G adalah kecepatannya.

  • 3G dapat mengirim data hingga 3,1 Mbps dan kisaran rata-rata 0,5 hingga 1,5 Mbps.
  • 4G dapat mengirimkan data dalam kisaran 2 hingga 12 Mbps, tetapi dapat mengirim pada kecepatan 100 hingga 300 Mbps.
  • Teknologi 3G dapat menggunakan layanan dan aplikasi seperti CDMA 2000, UMTS, EDGE dan lainnya, sedangkan 4G menggunakan Wimax2 dan LTE Advance.
Baca Juga :  Pengertian Pengolahan Data

Baca Juga : Macam-Macam Jaringan Komputer

Demikian penjelasan dari Jaringan 4G. Ternyata jaringan 4G lebih cepat dan mudah dibandingkan dengan Jaringan 3G. Semoga bermanfaat artikel ini untuk Anda.