Ikan Gabus

4 min read

Budidaya Ikan Gabus – Mungkin tidak sepopuler ikan air tawar lainnya. Tetapi jika kita melihat lebih dekat, ternyata ini mungkin membawa manfaat gabus bahkan kurang populer dengan ikan lele, bandeng, dan nila. Bahkan jika ikan ini diperiksa lagi, sebenarnya memiliki nilai gizi yang sangat tinggi.

Ikan ini memiliki asam amino esensial dan nonesensial. Diyakini bahwa ikan ini juga mampu mendukung proses penyembuhan luka bakar, infeksi paru-paru dan hepatitis dan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sehingga baik wanita hamil, bayi dan anak-anak diberikan keduanya. Sayang sekali, popularitasnya tidak setenar ikan segar lainnya. Karena itu, sangat jarang orang mencoba budidaya ikan gabus.

Bisa dibilang orang agak malas melakukan penangkapan gabus karena waktu panennya sangat lama dan tujuh bulan. Jika orang tentu malas pada awal pembukaan toko karena mereka harus rela membuang energi untuk merawat ikan besar. Belum lagi jika ikan itu sekarat. Ini bisa membuat stres ketika orang mengharapkan keuntungan cepat. Jika Anda salah satu dari orang-orang ini, bisnis ikan gabus bukan untuk Anda.

Ikan Gabus Yang Sangat Di Gemari

  • Kepala camilan besar (1 meter)
  • Kepala camilan hutan (40 cm)
  • Channa Gacua, jenis terkecil dan paling digemari.
  • Bentuknya seperti ular, licin dan lincah seperti ikan lele.
  • Jadi berhati-hatilah ketika mencoba membiakkan ikan karena ikan dapat melompat ke daerah lain. Tampak seperti ikan lele.

Pertanian Gabus Di Terpal, Kolam Tanah Bahkan Di Kolam Beton

Anda dapat memilih peternakan ikan gabus yang paling sesuai dengan situasi Anda. Pilihannya adalah terpal, tanah atau kolam beton. Sesuaikan lokasi budidaya ikan sesuai dengan keahliannya.

Jangan memaksakan diri untuk menggunakan tmpat yang membutuhkan banyak modal karena ini akan membebani Anda nanti. Kalau saya pilih di kolam tanah.

Baca Juga :  Ikan Kakap

Menentukan Indukan Pejantan Dan Betina

Budidaya Ikan Gabus

Buat menjalankan peternakan ikan gabus, Anda perlu memilih bibit ikan gabus jantan dan betina yang berkualitas baik. Ini sangat mempengaruhi hasil yang dicapai kemudian.Untuk membedakan jenis iwak baguse jantan dan betina, kita bisa mengenalinya dengan tanda pada tubuhnya.

Baca Juga : Budidaya Ikan Lele

Ikan gabus jantan memiliki bentuk kepala lonjong dan tubuh lebih gelap. Di tubuh bagian bawah ada lubang genital merah. Ikan gabus betina biasanya tubuh lebih ringan dengan kepala yang cenderung bulat. Pilih jenis corkfish jantan, yang memiliki berat paling kecil satu kilo.

Proses Perkembang Biakan Gabus

Setelah anda menemukan indukan anda kini masuk ke proses pemijahan. Ketika telur ikan pemijahan dilepaskan untuk mempengaruhi pembuahan.

Selama proses pemijahan, kami memberikan sekitar 30 pasang ikan gabus di bak yang sama, sehingga pemijahan berlangsung. Kolam pemijahan ini dapat dibuat dari bahan beton siap pakai.

Di bak beton, kita bisa mengisi hingga 50 cm air dan membiarkan air mengalir. Selain itu, bak beton juga dapat ditambahkan ke tanaman eceng gondok untuk membuat ikan lebih menyenangkan dalam proses pemijahan.

Saat bertelur, ikan gabus betina bertelur. Telur dapat dibawa dengan perangkat Sekupnet yang lembut dan membiarkan telur menetas secara alami.Dalam proses ini, kita perlu mengendalikan kolam secara cermat. Alasannya adalah bahwa induk betina dapat menempatkan lebih dari sepuluh ribu telur di kolam.

Proses Pengembangbiakan Telur Ikan Gabus

Untuk lebih mengontrol kondisi telur, lebih baik menetaskan telur yang menetas dengan Akurium. Anda harus menyiapkan akuarium berukuran 65x45x45 cm. Isi akuarium dengan hingga 40 cm air hangat dan jaga suhu air pada 20 derajat Celcius.Tempatkan telur corkfish di akuarium hingga 4-6 telur per sentimeter persegi. Telur ikan gabus menetas ke akuarium sekitar 24 jam setelah dimasukkan.

Setelah menetas, larva gabus tidak harus segera diberi makan selama dua hari. Alasan mengapa ikan kecil ini masih memiliki cadangan makanan di tubuhnya setelah menetas.

Setelah bayi gabus berumur 2 hari, kami dapat menyediakan makanan seperti Artemia nauplii, dengan ransum yang dikonsumsi tiga kali sehari. Anda juga harus menjaga kepadatan akuarium, yaitu 5 larva per 1 liter air.

Baca Juga :  Ikan Koi

Setelah 5 hari kita juga bisa memberi makan bayi ikan yang baik, misalnya daphnia 3 kali sehari. Perhatikan kualitas air di akuarium agar bayi bisa bertahan hidup.

Baca Juga : Budidaya Ikan Nila

Menabur Benih Ikan Gabus dan Memberi Makan

Ketika benih gabus berumur 2 minggu, saatnya untuk menyebar di kolam. Satu hal yang perlu kita ingat, seminggu sebelum benih ikan masuk ke kolam, pastikan tidak ada air yang mengalir ke kolam selama seminggu.

Pagi adalah waktu yang ideal untuk meletakkan benih gabus di kolam. Setelah ikan gabus berada di kolam, jangan diberi makan selama 2 hari.

Setelah dua hari kami dapat memberikan Fischkorkpellet-Schmorfutter sekitar 2 kg.Cari makanan ikan gabus di kolam. Selain pelet, kami juga menawarkan makanan dalam bentuk rayap, ikan teri, dan parutan schnitzel. Ikan gabus biasanya memakan ikan kecil.

Pastikan juga Anda tidak memberi makan ikan gabus dengan terlambat. Alasannya adalah ikan gabus termasuk ikan kanibal. Ikan-ikan ini dapat saling memakan ketika Anda lapar dan tidak ada bahan makanan lainnya.

Apa Kendala Utama Untuk Industri Gabus?

Ikan gabus ini lebih liar daripada ikan lele. Karena itu baik untuk tepi kolam yang lebih tinggi. Ikan ini juga termasuk ikan kanibal. Jadi berhati-hatilah dan pisahkan anak kucing dengan segera sehingga tidak dimakan oleh ikan dewasa. Belum lagi proses pemijahan yang kompleks, yang tentu saja menyulitkan petani untuk memisahkan ikan kecil dari ikan dewasa.

Untungnya, gabus bukan salah satu dari ikan yang pilih-pilih. Tidak apa-apa mengering sebulan sekali karena ikan ini bernafas dua kali sehari (dengan insang dan oksigen bernapas langsung ke udara). Yang terpenting air itu mengalir meski kecil dan sisa atau endapannya tidak terlalu besar.

Baca Juga : Budidaya Ikan Lele

Cara Memelihara Anak Gabus Agar Tak Di Santap Oleh Induknya

Jika Anda membangun kolam, berikan saja tong yang miring di dasar kolam, atau buat lubang kecil untuk disembunyikan dan tidak menjadi mangsa anak-anak anjing. Tambahkan eceng gondok untuk merangsang pemijahan ikan dan mempercepat reproduksi.

Baca Juga :  Cara Membuat Kolam Ikan

Ada cara lain untuk memisahkan ikan dengan mengambil telur ikan dengan skupnet yang halus. Pindahkan telur ikan ini ke akuarium untuk ditetaskan. Telur-telur ini akan menetas dengan baik ketika dibiarkan pada suhu 28 derajat Celcius di akuarium. Dalam 24 jam telur-telur ini menetas.

Jika sudah menetas, jangan memberinya makan selama dua hari. Dan pisahkan anak-anak ikan, yang berusia 3-15 hari, di tempat yang berbeda. Idealnya, hanya 5-7 larva dapat dijajah dalam 1 liter.

Berikan larva ini makanan seperti Baupli Artemia tiga kali sehari sehingga bisa makan sendiri berkembang dengan cepat. Kemudian proses pembesaran ikan gabus dimulai di kolam terpisah.

Pengaruh Keadaan Kolam Bagi Anakan Ikan Gabus

Membangun kolam untuk pembesaran ikan sangat berpengaruh. Alfiant, salah satu lulusan Universitas Brawijaya dari Wira Entrepreneurial Site, menyarankan untuk meletakkan 5-7 kantong kotoran burung puyuh, sapi atau ayam (yang ada di atas ring) di kolam seluas 200 m2. Gabus di alam. Kemudian tambahkan air dengan ketinggian 40 cm dan biarkan kotoran mengendap selama 5 hari. Hanya kemudian benih ikan dengan ukuran 50-100 ekor per m2 diberikan.

Memberi makan ikan gabus juga tidak rumit. Berikan saja pelet atau hewan lain seperti biji lele. Ketika ikan gabus stres, mereka biasanya tidak mau makan apa pun, jadi benih ini sangat berguna untuk mendorong mereka makan lagi.

Baca Juga : Ikan Guppy

Memanen Ikan Gabus

Memanen ikan gabus relatif mudah, dengan mengalirkan air dari kolam dan menangkapnya dengan sendok atau alat lain.

Saat menangkap, pastikan ikan tidak terluka dan jaga agar harga jual gabus tetap tegak. Dan mengklasifikasikan ikan berdasarkan bentuk dan ukuran fisiknya.

Mudahnya budidaya gabus, karena memiliki daya tahan tinggi, dan banyak manfaat yang dimiliki ikan gabus, membuat ikan ini selalu diminati.

Agar ini menjadi peluang bisnis yang cukup bagus, karena memenuhi kebutuhan pasar, itu bahkan akan memiliki banyak manfaat, seperti pembibitan ikan lele.

Demikian pembahasan mengenai ikan gabus semoga bermanfaat dan selamat mencoba budidaya nya semoga berhasil dan sukses selalu sampai jumpa di artike berikut nya.

Cara Membuat Kolam Ikan

Pak Guru
4 min read

Ikan Koi

Pak Guru
4 min read

Ikan Hias

Pak Guru
7 min read