Ideologi Pancasila

2 min read

PakGuru.Co.Id – Setelah sebelumnya kami membahas mengenai Akuntansi Sebagai Sistem Informasi kali ini kami akan membahas mengenai Ideologi Pancasila, Para pemimpin bangsa Indonesia sejak dahulu telah menyepakati Ideologi ini sebagai landasan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebagai ideologi, pancasila mempunyai peranan yang sangat penting dan tertanam kuat dalam menentukan setiap gerakan dan arahan kehidupan bangsa Indonesia.

Kemudian apa itu yang dimaksud ideologi pancasila? Dan seperti apa ideologi itu sendiri? Bagi kalian yang belum tahu dengan apa yang dimaksud ideologi tersebut, maka kalian dapat menyimak penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan ideologi dalam pembahasan kali ini.

Di sini kami akan bahas tentang pengertian secara umum, makna ideologi pancasila, fungsi, ciri-ciri, dan peranan serta dimensi.

Apa itu Ideologi Pancasila?

Ideologi Pancasila adalah

Yang dimakud Ideologi Pancasila yaitu sekumpulan gagasan, ide, angan atau cita-cita yang menentukan keyakinan dan cara dalam berfikir untuk bisa mewujudkan suatu tujuan dengan berlandaskan pada lima sila yang ada dalam Pancasila.

Poin penting yang perlu untuk digaris bawahi yaitu “berlandaskan pada lima sila (pancasila)”. Dalam hal itu ideologi berada pada tataran ide, gagasan, ataupun cita-cita.

Dalam penerapannya, setiap tindakan yang dilakukan oleh seorang individu sebagai bagian dari bangsa harus dipandu, diarahkan dan didorong oleh ide, gagasan dan cita-cita yang membentuk suatu ideologi.

Maka dari itu setiap tindakan kita sebagai warga negara dan bagian dari masyarakat indonesia harus bisa selaras dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila.

Jadi terbentukanya ideologi ini merupakan berasal dari seluruh nilai pancasila yang terdapat pada sila-sila Pancasila yang merupakan satu kesatuan organis tidak terpisahkan antara sila yang satu dengan sila yang lainnya.

Negara Indonesia adalah satu-satunya negara yang menganut ideologi Pancasila, termasuk ideologi terbuka dan bisa mengembangkan wawasannya secara lebih nyata sehingga bisa memecahkan masalah-masalah yang ada.

Peran dan Fungsi Ideologi Pancasila

Beberapa peran dan fungsi tentang ideologi ini adalah sebagai berikut:

Peranan Ideologi

Peranan ideologi bagi bangsa indonesia, antara lain:

  • Ideologi ini dapat menjawab setiap hambatan dan tantangan dalam kehidupan nyata.
  • Pemerintahan tidak akan bisa berhasil tanpa adanya ide, cita-cita dan tujuan hidup, dari sinilah ideologi ini berperan.
  • Ideologi ini memiliki arah dan tujuan yang pasti dan jelas terukur. Dengan berlandaskan pada pancasila pendidikan, pembangunan, perekonomian Indonesia berjalan.
  • Pancasila sebagai ideologi berperan dalam menjaga integrasi nasional.
  • Sebagai pokok Normatif dan Fundamental untuk kehidupan negara dan mentalitas sebagai martabat bangsa.

Fungsi Ideologi

Mempunyai fungsi yang nyata dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Fungsi ideologi tersebut adalah:

  • Pancasila dapat mempererat hubungan-hubungan sosial dalam bermasyarakat.
  • Pancasila bisa mengantarkan kita membentuk moral yang baik terhadap sang pencipta, antar sesama manusia dan makhluk hidup lainnya.
  • Pancasila dijadikan sebagai dasar acuan bagi persatuan dalam kehidupan berkelompok.

Makna Ideologi Pancasila

Dari penjelasan definisi ideologi di atas, maka bisa disimpulkan beberapa makna ideologi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pancasila sebagai seperangkat ide atau gagasan yang sistematis.
  • Pancasila sebagai cita-cita yang hendak dicapai.
  • Pancasila sebagai pedoman cara hidup.
  • Pancasila sebagai suatu prinsip yang harus dipegang teguh.

Dari ke-empat poin tersebut bisa menunjukkan bahwa pancasila sebagai ideologi yang memiliki makna fungdamental bagi masyarakat yang ada di Indonesia.

Makna tersebut tidak akan bisa terwujud tanpa adanya penerapan pada wilayah praktis, misalnya seperti perumusan kebijakan dan aturan. Jika pancasila tidak dipraktikkan, maka otomatis maknanya akan hilang dengan sendiri.

Beberapa Dimensi ideologi pancasila

  • Dimensi Idealisme

Dimensi idealisme yaitu suatu kualitas ideologi yang tertuang di dalam nilai dasar supaya bisa memberikan harapan kepada berbagai golongan ataupun kelompok dan masyarakat tentang masa depan yang lebih baik.

  • Dimensi Realitas

Dimensi realita tergambar dalam suatu kenyataan hidup yang ada di dalam masyarakat yang mana ideologi tersebut ada untuk pertama kalinya.

  • Dimensi Fleksibilitas

Dimensi fleksibilitas tergambar dari kemampuan ideologi dalam hal mempengaruhi dan menyesuaikan diri dengan perkembangan masyarakat.

Ciri-ciri Ideologi Pancasila

Ciri-ciri ideologi ini adalah sebagai berikut:

  • Percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Pemerintah berdasarkan persetujuan rakyat.
  • Urusan Agama juga termasuk urusan negara.
  • Negara berdasarkan atas hukum yang berlaku.
  • Menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM).

Pancasila harus mampu menyesuaikan dengan zaman. Hal ini bukan berarti nilai dari Pancasila bisa diganti dengan nilai dasar lain yang dapat menghilangkan jati diri bangsa Indonesia.

Makna Pancasila sebagai ideologi terbuka adalah nilai dasar Pancasila bisa dikembangkan sesuai dengan dinamika kehidupan bangsa Indonesia dan tuntutan perkembangan zaman

dengan memperhatkan tingkat kebutuhan dan perkembangan masyarakat Indonesia, serta tidak keluar dari eksistensi dan jati diri bangsa Indonesia.

Ideologi tersebut memiliki tujuan supaya bangsa Indonesia tetap bertahan dalam jiwa dan budaya bangsa Indonesia dan dalam ikatan NKRI.

Menurut Moerdiono, penyebab yang mendorong pemikiran Pancasila sebagai ideologi terbuka adalah:

  • Runtuhnya ideologi tertutup, seperti Marxisme-Leninisme/komunisme.
  • Pengalaman sejarah politik Indonesia dengan pengaruh komunisme.
  • Perkembangan yang dinamika masyarakat Indonesia yang cepat sehingga tidak semua persoalan hidup bisa  ditemukan jawabannya secara ideologis.
  • Tekad warga negara Indonesia untuk menjadikan Pancasila sebagai satu-satunya asas dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami bagikan tentang ideologi pancasila beserta ciri dan fungsinya, semoga dapat membantu kalian semua.