Fungsi Oviduk

2 min read

Apa sih yang dimaksud dengan Fungsi Oviduk atau yang dikenal juga dengan sebutan Tuba fallopi? jadi Fungsi oviduk merupakan suatu saluran sebagai penghubung antara rahim dan ovarium. Oviduk berjumlah satu pasang, di kiri dan kanan.

Fungsi Oviduk

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa oviduk ialah merupakan sebuah saluran yang digunakan sebagai penghubung antara ovarium dengan rahim.

Baca Juga : Fungsi Dinding Sel

Maka fungsi yang paling utama dari oviduk ini ialah sebagai sebuah alat saluran yang mengantarkan sel ovum dari ovarium menuju uterus (atau rahim).

Namun Selain itu juga pada bagian ampula pun kerapkali digunakan tempat berlangsungnya sebuah pertemuan antara sel sperma dan sel ovum (atau disebut dengan fertilisasi).

Dimana oviduk menjalankan dapat melakukan tugasnya dengan melalui kontrasi serta otot polos yang mebuat adanya gerakan peristaltik (yakni sebuah gerakan pendorong), maka dengan gerakan inilah yang nantinya bisa membawa sel ovum masuk menuju rongga rahim.

Setelah gerakan ini sering kali dapat dipengaruhi oleh sebuah sistem hormonal progesteron dan estrogen, serta prostaglandin, dan selanjutnya akan dipengaruhi kembali oleh beberapa faktor yang akan diterima dari luar tubuh.

Kemudian di dalam oviduk terdapat silia, yaitu merupakan sebuah struktur yang dapat membentuk seperti rambut yang sangat halus dan yang berfungsi agar membantu pergerakan sel ovum. Sehingga proses perjalanan ini akan bisa memakan waktu berjam – jam atau bahkan hingga mencapai hitungan hari.

Baca Juga : Fungsi Epidermis Pada Akar

Struktur Oviduk

Di bawah ini terdapat beberapa struktur yang sudah dirangkai, agar sobat bisa lebih dengan mudah memahami materi kali ini. Berikut penjelasannya:

  • Lapisan Serosa
Baca Juga :  Jaringan Kolenkim

Yakni merupakan suatu lapisan yang terdapat dibagian luar oviduk

  • Lapisan subserosa atau disebut lapisan otot

Yakni merupakan suatu lapisan hasil dari penyusunan pembuluh darah, limfatik, otot longitudinal dan juga otot sirkular. Pada lapisan yang otot berfungsi untuk bisa membuat sebuah gerakan sehingga oviduk mampu mentrasportasikan ovum yang diterima dari ovarium menuju ke rahim.

  • Lamina propria

Yakni merupakan suatu lapisan yang hampir seluruhnya tersusun dari pembuluh darah sehingga kerap dikenal juga dengan sebutan lapisan vaskular.

  • Lapisan mucosa

Yakni merupakan suatu lapisan yang disusun oleh epitel kolumnar bersiliata dan juga dengan sekretori.

Bagian-Bagian Oviduk

Di bawah ini terdapat penjelasan yang sudah rangkum yang merupakan bagian dari oviduk, yakni sebagai berikut:

  1. Apa itu Fimbriae – Yakni merupakan rangkain sebuah struktur yang membentuk seperti layaknya jari yang bersilia, dimana pada bagian ini sangat berfungsi guna menerima sel telur dari ovarium.
  2. Apa itu Ampula – yakni merupakan salah satu dari bagian terluas yang terdapatpada ovidukdari, dan kerap digunakan sebagai sebuhah tempat berlangsungnya proses fertilisasi yakni sebuah proses pertemuan antara sel sperma dengan sel ovum).
  3. Apa itu Infundibulum – yakni merupakan tempat dimana fimbriae dapat melekat.
  4. Apa itu Isthmus – yakni merupakan suatu saluran yang sangat sempit yang merupakan penghubung antara ampula dengan rongga rahim (atau disebut dengan uterus).

Baca Juga : Fungsi Membran Plasma

Penyebab Oviduk Tersumbat

Pada umumnya penyumbatan yang kerap terjadi pada oviduk biasanya disebabkan adanya sebuah infeksi yang diakibatkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis dan Neisseria gonorrohoeae yang sebelumnya menyerang masuk melalui vagina hingga menjalar sampai kebagian oviduk.

Sehingga dengan adanya infeksi tersebut, maka akan membuat bagian oviduk terjadi pembengkakan dan kemudian akan mulai meradang.

Baca Juga :  Jaringan Saraf

Lalu setelah adanya pembengkakan dan juga radangan tersebut, membuat oviduk mengeluarkan suatu cairan yang telah bercampur nanah dan akan mulai membanjiri saluran oviduk dengan demikianlah terjadinya penyumbatan tersebut terjadi.

Dalam hal ini yang jika terus berlanjut, maka infeksi tersebut akan aktif sehingga dapat berakibat oviduk akan pecah dan berdampak peritonitis yakni suatu peradangan yang terjadi dibagian selaput rongga perut yang sangat berbahaya.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai Fungsi Oviduk serta penjelasan lengkapnya, semoga bermanfaat !!!