Fungsi Organel Sel

1 min read

Hai sobat PakGuru.co.id pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang fungsi organel sel, mari kita simak yaaaa….

Daftar Isi :

Pengertian Oeganel Sel

Sel merupakan bagian yang terkecil di dalam suatu sistem kehidupan mahkluk hidup. Orang yang mengamati sel untuk pertama kalinya adalah Robert Hook. Ia melakukan pengamatan pada sayatan gabus dengan menggunakan mikroskop sederhana pada tahun 1665. Lalu, pada saat yang sama Thomas Schwann juga mempelajari bagian-bagian tumbuhan dan hewan. Kedua ilmuan ini melakukan pengamatan yang menyatakan bahwa hewan dan tumbuhan tersusun atas kumpulan sel. Kemudian, dalam setiap sel ada terdapat komponen-komponen penyusun sel yang bersifat hidup dan disebut sebagai organel sel.

Baca Juga : Fungsi kloroplas

Organel sel merupakan suatu bagian yang sangat terpenting dalam sebuah sel, fungsi organel sel yang paling utama yaitu untuk mengatur proses kehidupan yang ada di dalam sel. Organel sel biasanya terdapat di dalam salah satu bagian sel yang diberi nama sebagai sitoplasma. Organel sel ini juga terdiri atas beberapa bagian penyusun yang memiliki Masing-masing fungsi yang berbeda, akan tetap  bekerja sebagai satu sistem yang akan mendukung proses kehidupan yang terjadi pada sebuah sel.

Berikut adalah beberapa nama organel sel : retikulum endoplasma, ribosom (ergastoplasma), mitokondria, lisosom, badan golgi, sentrosom (sentriol), plastida, vakuola, mikrotubulus dan mikrofilamen, serta peroksisom (badan mikro). Dari beberapa nama organel sel tersebut, ada terdapat beberapa fungsi yang tidak sama.

Fungsi Organel Sel

Fungsi organel sel berdasarkan dari nama-nama sel:

Baca Juga : Fungsi Membran Plasma

  1. Retikulum Endoplasma, adalah organel sel yang berbentuk saluran saluran yang terhubung dengan inti. Fungsinya berperan dalam transport zat dan sebagai tempat untuk menempelnya ribosom.
  2. Ribosom, adalah organel sel yang terdapat di dalam sitoplasma dan menempel pada retikulum endoplasma kasar. Berfungsi untuk sintesis protein.
  3. Mitokondria, adalah organel sel yang berbentuk kapsul dengan saluran lekuk pendek di bagian dalam. Fungsinya yaitu sebagai respirasi sel dan juga sebagai pusat pembangkit tenaga.
  4. Lisosom, adalah organel sel yang banyak ditemukan di dalam sel sel yang berperan penting dalam imunitas seperti leukosit dan limfosit. Fungsi lisosom adalah sebagai pencerna zat-zat yang belum dapat diurai, dan juga menghancurkan bagian sel yang tidak berguna lagi, serta mencerna makanan cadangan di saat kekurangan, sebagai tempat pembentukan enzim pencernaan, juga dapat menetralkan zat yang menyebabkan kanker atau karsinogen.
  5. Badan golgi, adalah organel yang berbentuk bulatan dan berfungsi untuk sekresi zat, sintesis lisosom , dan lain lain.
  6. Sentrosom, adalah struktur berbentuk tabung yang dapat ditemukan pada sel eukariota. Fungsinya adalah untuk membentuk silia dan flagela, serta memproses pembelahan sel dalam membentuk benang spindel.
  7. Plastida, adalah organel yang khas pada sel tumbuhan sebagai tempat pigmen warna.
  8. Vakuola, adalah organel yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan cadangan makanan sekaligus menyimpan zat zat yang akan dieksresikan.
  9. Mikrotubulus, adalah organel mikro yang berfungsi untuk kerangka sel dan berperan penting dalam pembentukan spindel.
  10. Mikrofilamen, adalah benang benang halus yang mempengaruhi kontraksi sel.
  11. Peroksisom, adalah kantong kecil yang berisi dengan enzim katalase yang fungsinya mengurai peroksida yang merupakan sisa dari metabolisme yang sifatnya toksik menjadi air dan oksigen yang membahayakan sel.
Baca Juga :  Ular Kobra

Demikian pembahasan kita kali ini tentang fungsi organel sel yang berdasarkan semua jenis-jenis organel sel. Semoga bermanfaat !!!

Fungsi Mitokondria

Pak Guru
2 min read

Fungsi Ribosom

Pak Guru
1 min read

Fungsi kloroplas

Pak Guru
1 min read
SELAMAT DATANG
Selamat Membaca Artikel yang Kami Bagikan, Semoga Dapat Membantu, Kritik dan Saran Silahkan Hubungi Kami [email protected]