Fungsi Nukleus

2 min read

Fungsi Nukleus pada tumbuhan atau hewan tentu saja mempunyai struktur sel yang berbeda dengan manusia. Dengan begitu tentu saja, setiap makhluk hidup memiliki organel sel yang sama.

Fungsi Nukleus

Nukleus sendiri ialah inti sel yang bisa kamu temukan pada sel eukariotik. Pada organel ini terdapat kandungan sebagian besar dari materi genetik sel dan terbentuknya menjadi molekul DNA linier panjang serta membentuk kromosom dengan beragam jenis protein yang ada.

Sebagai intisel tentu saja ada fungsi nukleus yang dimiliki. Fungsi nukleus ini pun bermacam-macam, akan tetapi yang utama dari fungsi nukleus ialah untuk menjaga integritas gen-gen yang ada dan juga mengontrol aktivitas sel dengan mengelola ekspresi gen.

Bagian-bagian Nukleus

Sebagai pusat perintah dan juga mengontrol dari aktivitas sel merupakan fungsi nukleus yang utama. Hal ini terjadi karena adanya benang kromosom yang terdapat di dalam nukleus.

Meskipun pada sel-sel biasanya hanya memiliki satu inti sel atau satu nukleus, akan tetapi ada pula yang memiliki dua inti sel bahkan lebih. Ukuran dari inti sel ini bisa dibilang cukup besar dibandingan dengan organel sel lainnya yang terdapat dalam struktur tubuh hewan dan tumbuhan.

Dengan memiliki ukuran sekitar 10 hingga 20 nanometer, lokasi inti itu sendiri tidak pasti tentu. Pada hal ini bisa jadi inti mungkin berada di tengah, tetapi bisa juga berada di tepi. Selain itu, bentuk dari nukleus ini ada yang bulat ada pula yang lonjong atau berupa cakram.

Baca Juga :  Bioma Hutan Gugur

Pada inti sel selain memiliki fungsi nukleus, terdapat pula bagian-bagian yang bisa kamu ketahui. Berikut ini bagian-bagian dari nukleus yang bisa kamu pelajari.

1. Membran inti

Membran inti ini ialah membran ganda fosfolipid yang mampu menyelimuti seluruh inti sel. Selain itu, membran inti ini pun memiliki fungsi untuk pemisah antara inti sel dan juga sitoplasma sel.

Fungsi nukleus bukan hanya keseluruhan, akan tetapi pada bagian-bagian nukleus pun memiliki fungsi tersendiri. Membran sel ini pun memiliki peran untuk mengatur pertukaran zat yang ada di dalam inti sel dengan yang ada di luar inti sel. Membran inti ini pun memiliki tiga bagian, antara lain:

  • Membran luarMembran luar ini biasanya berhubungan secara langsung pada organel retikulum endoplasma kasar yang bertabur dengan ribosom.
  • Ruang perinuklear yaitu ruangan yang terbentuk diantara membran dalam dan juga membran luar.
  • Membran dalamBagian paling dalam pada membran inti inilah yang disebut dengna membran dalam.

Fungsi nukleus pada membran inti ini sebagai pintu keluar masuk RNA dan juga protein. Pada hal ini jaringan membran inti dari nukleus memiliki daerah yang terdapat pori-pori nukleus.

Pada pori nukleus ini terdapat 4 subunit, yaitu sub-unit kolom untuk membentuk dinding pori nukleus, sub-unit anular yang bisa membentuk spoke dan mengarah pada bagian tengah pori nukleus. Dalam hal ini terdapat juga sub-unit lumenal yang di mana bahwa protein trensmembran ini dapat menempelkan kompleks dengan pori pada membran inti nukleus. Ada pula sub-unit ring yang bisa membentuk permukaan sitosolok dan juga nuklear pada pori nukleus.

2. Nukleoplasma

Nukleoplasma ini ialah cairan kental dan juga transparan yang ada di dalam nukleus atau inti sel. Pada nukleoplasma ini pun terdapat kromatin, granula, nukleoprotein dan juga senyawa kima kompleks lainnya. Fungsi dari nukleoplasma ini pun hampir sama dengan yang dimiliki sitoplasma.

Baca Juga :  Fungsi Organel Sel

3. Nukleolus atau anak inti

Pada anak inti fosfoprotein ini dapat tersusun, orthosfatm, DNA serta beberapa enzim. Selain itu, tentu saja nukleolus atau anak inti ini terdapat pada bagian dalam dari nukleus atau inti sel. Nukleolus sendiri bukan sebuah struktur yang tetap, hal ini dikarenakan nukleolus ini bisa saja menghilang ataupun mengecil saat tugas telah dilakukan.

Fungsi Nukleus

Bukan hanya sebagai pengendali aktivitas dari sel, akan tetapi fungsi nukleus pun bermacam-macam. Berikut ini beberapa fungsi nukleus yang perlu kamu ketahui:

1. Untuk menyimpan informasi genetik

Fungsi nukleus salah satunya sebagai penyimpan data informasi genetik. Hal ini dikarenakan membran inti yang terdapat pada nukleus ini bisa mempertahankan DNA yang ada di dalamnya.

2. Mengontrol pertumbuhan sel

Bukan hanya mengontrol aktivitas sel saja fungsi dari nukleus ini. Akan tetapi fungsi nukleus pun bisa untuk mengatur pertumbuhan sel dalam tubuh. Baik itu sel yang membelah, atau pun hanya perlu membesar. Bahkan sel yang tidak membelah pun berada di bawah kontrol nukleus ini.

3. Sebagai tempat replikasi dan juga transkripsi

Fungsi nukleus ini pun cukup jelas dimiliki oleh nukleus atau inti sel. Ia merupakan tempat saat DNA melakukan replikasi. Setelah DNA melakukan replikasi, selanjutnya akan terjadi proses mitosis yang terjadi.

4. Mengendalikan metabolisme

Pengendalian metabolisme oleh nukleus ini dikarenakan adanya proses yang menghasilkan protein. Proses ini pun terjadi karena transkripsi dan juga translasi pada nukleus atau inti sel.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai bagian dan juga fungsi nukleus, semoga bermanfaat !!!

Baca Juga :

Klasifikasi Awan

Pak Guru
2 min read

Klasifikasi Hutan

Pak Guru
2 min read

Teks Eksplanasi

Pak Guru
2 min read