Fungsi Epidermis Pada Akar

2 min read

Fungsi Epidermis Pada Akar – Beserta struktur lengkapnya akan dijelaskan pada artikel dibawah ini, untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini.

Apa yang dimaksud dengan epidermis ?

Fungsi-Epidermis-Pada-Akar-1

Epidermis adalah jaringan sel pelindung yang terdapat pada lapisan paling luar, epidermis menjadi bagian kulit hewan dan juga manusia. Tumbuhan juga mempunyai epidermis yang merupakan lapisan luar dari akar, daun, batang dan juga organ lainnya.

Fungsi Epidermis Pada Akar

epidermis akar

Berikut adalah fungsi jaringan epidermis yang harus diketahui

Baca Juga : Proses Daur Air

1. Menyimpan Cadangan Air
Memiliki fungsi yang berguna menyimpan cadangan air pada tumbuhan, karena di dalam jaringan ada protoplasma yang memiliki bentuk lebih jika dibandingkan jaringan yang lain sehingga membuat jaringan mampu menyimpan air dengan jumlah yang banyak, untuk pasokan air saat musim kemarau tiba.

2. Sebagai Jaringan Pelindung
Memiliki fungsi melindungi setiap organ yang ada pada tumbuhan. Yaitu meliputi akar, batang dan daun hingga membuatnya tidak mudah rusak yang dipengaruhi oleh lingkungan. Jaringan epidermis ini terdiri atas susunan sel-sel yang berderet sehingga melindungi organ yang ada di dalam tubuh dari perubahan udara

3. Membatasi Penguapan Pada Tumbuhan
Memiliki fungsi yaitu sebagai mengatur proses transpirasi dan termasuk dalam hal membatasi penguapan yang terjadi di tumbuhan. Pada suhu udara tinggi, maka epidermis menutup untuk membatasi penguapan sampai memungkinkan tumbuhan untuk tidak kehilangan cadangan airnya.

4. Tempat Pertukaran Oksigen & Karbondioksida
Memiliki fungsi tempat pertukaran antara oksigen dan karbondioksida yang terjadi saat tumbuhan melakukan respirasi dan sekresi yang dihasilkan proses fotosintesis.

Baca Juga :  Fauna Australis

5. Tempat Menyerap Air
Di dalam sel epidermis yang ada pada akar memiliki fungsi menyerap air dan unsur hara yang diperlukan tumbuhan. Karena di dalam akar ada trikoma yang bertugas untuk memungkinkannya menyimpan pasokan air serta unsur hara dengan bentuknya yang mirip bulu pada akar tumbuhan.

Baca Juga : Susunan Rangka Pada Manusia

Struktur Akar

Untuk mengetahui struktur bagian dalam pada akar, Dapat mengamatinya dengan cara membuat irisan yang melintang pada bagian akar. Berikut adalah uraian setiap bagian dari anatomi akar.

1. Epidermis

Jaringan epidermis akar adalah lapisan yang terdiri dari satu lapisan sel. Keadaan sel yang menyusun akar sangat rapat, tetapi dinding pada sel epidermis tersebut tipis, akar dapat mudah ditembus pada air.

Air dan garam mineral yang terlarut di dalamnya masuk melalui rambut-rambut akar, bagian diantara epidermis akar melalui dinding sel epidermis akar. Rambut akar adalah hasil dari penonjolan epidermis yang arahnya menuju luar.

Dengan adanya rambut akar ini maka permukaan dinding sel semakin bertambah luas, Hingga proses penyerapan air lebih efisien. Jaringan epidermis akar tumbuhan tidak mengandung kutikula.

Pada tanaman anggrek ada akar yang disebut dengan akar yang tergantung atau disebut dengan akar udara. Pada akar udara tersebut bisa berkembang menjadi sebuah velamen, yakni pada suatu jaringan yang terdiri dari beberapa lapis pada sel.

2. Korteks

Korteks merupakan bagian yang berada didalam akar dapat tersusun sebagai sel yang dapat membentuk menjadi sebuah beberapa lapisan. Korteks tersebut terdiri dari jaringan kolenkim, parenkim, dan sklerenkim.

Korteks tersusun dari sel-sel yang susunannya longgar, yang menghasilkan ruang antara sel-selnya yang disebut rongga antar sel.

Baca Juga :  Konjungsi Penerang

Rongga antar sel yang bermanfaat sebagai proses pertukaran gas. Dinding-dinding sel pembentuk korteks keadaannya sangat tipis, hal ini memberikan kelancaran pada proses pertukaran pada gas.

3. Endodermis

Endodermis adalah bagian dari jaringan akar yang terdapat pada atas satu lapisan sel. Pada transversal lapisan dinding pada sebuah sel endodermis mempunyai penebalan yang dapat menghasilkan dari sebuah endapan dapat disebut dengan suberin. Zat suberin (gabus) mempunyai sifat kedap air (tidak dapat ditembus).

Penebalan pada dinding sel jaringan endodermis terlihat berupa titik-titik yang disebut titik caspary. Deretan titik caspary, membentuk pita caspary. Penebalan oleh lapisan gabus dapat menyebabkan pada dinding sel nya sulit untuk dilalui terhadap air, sedangkan air seharusnya melalui sebuah lapisan yang berbentuk endodermis agar dapat mencapai dalam sebuah silinder yang berada dipusat.

Karena itu, air mengambil jalan lain, yaitu melalui lapisan endodermis yang dindingnya tidak mengalami penebalan. Sel endodermis yang dinding selnya tidak mengalami penebalan disebut dengan sel penerus. Dengan adanya sel penerus, air dapat mencapai silinder pusat tanpa mengalami hambatan lain.

Baca Juga : Cara Menanam Buah Naga

4. Stele (Silinder Pusat)

Silinder pusat terbentuk pada berkas-berkas pengangkut dan beberapa jaringan lain. Berkas pengangkut yang membentuk silinder pusat, yakni xilem, floem, dan perisikel. Letak xilem dan floem pada silinder pusat tumbuhan monokotil berselingan disusun secara teratur

sehingga dapat membentuk jari-jari atau radial (berbentuk lingkaran). Pada tumbuhan dikotil, xilemnya letaknya di pusat akar dan floemnya dapat mengelilingi pada sebuah xilem. Oleh karena itu, lapisan tersebut dapat disebut dengan pusat silinder.

Tumbuhan pada dikotil, di antara floem dan xilemnya dan mempunyai lapisan yang berada dikambium. Fungsi lapisan kambium yang berarah pada luar ialah sebagai mempunyai bentuk pada bagian kulit, sedangkan yang berarah kedalam berbentuk pada bagian kayu.

Baca Juga :  Daur Air

Pada lapisan terluar dari akar, aialah lapisan terluar silinder pusat, terdapat sebuah perikambium atau perisikel. Dalam perisikel tersebut ialah sebuah jaringan khusus yang mempunyai fungsi sebagai membentuk percabangan terhadap akar.

Demikian artikel yang dapat kami ringkas, yaitu mengenai Fungsi Epidermis Pada Akar. Semoga bermanfaat untuk Anda, dan dapat membantu Anda.

Jaringan Pada Daun

Ika Evitasari
2 min read

Jaringan Pengangkut

Ika Evitasari
2 min read

Cara Menanam Seledri

Pak Guru
2 min read
SELAMAT DATANG
Selamat Membaca Artikel yang Kami Bagikan, Semoga Dapat Membantu, Kritik dan Saran Silahkan Hubungi Kami [email protected]