Dasar Belajar Multimedia

2 min read

Dasar Belajar Multimedia – Sangat lah mudah dan cepat untuk di mengerti ketika sedang belajar tentang multimedia. Yuukk… Ikuti artikel ini sabagai berikut.

Daftar Isi :

Multimedia

Baca Juga : Sejarah Warna

multimedia

Multimedia merupakan penggunaan komputer sebagai menggabungkan dan menyajikan suara, teks, gambar, animasi, audio, dan video dengan alat dan tautan untuk membantu pengguna menavigasi, bekerja, berkomunikasi dan berinteraksi. Multimedia banyak digunakan di dunia ilmu komputer. Selain dunia ilmu komputer, multimedia diambil alih oleh dunia game dan pembuatan situs web.

Multimedia juga digunakan dalam bisnis dan pendidikan. Dalam dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran baik di ruang kelas maupun untuk orang yang lajang atau belajar sendiri. Dalam dunia bisnis, multimedia dapat digunakan untuk media sebagai profil produk, profil perusahaan, dan bahkan sebagai media untuk kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.

Dasar Belajar Multimedia

Dasar-Belajar-Multimedia

Multimedia yang baik dan mudah dipahami membutuhkan elemen yang dapat menyampaikan informasi kepada pengguna multimedia.

1. Teks

Teks

Teks adalah elemen multimedia paling mudah dipahami dan paling sederhana. Selain itu, teks lebih mudah untuk diproses, disimpan dan tidak memakan banyak ruang penyimpanan pada media penyimpanan.

Ada beberapa jenis media teks, termasuk teks biasa, format teks kaya, dan teks hiper. Teks normal adalah jenis teks paling dasar dalam bentuk kode ASCII.

  • Teks biasa bukan informasi yang dienkripsi atau disematkan.
  • Teks berformat adalah kumpulan teks yang telah diformat. Karena RFT telah diformat, teks dapat ditampilkan dalam format sederhana, mis. Berani, miring, paragraf, dan lainnya.
  • Hypertext, biasanya teks yang ditautkan (ditautkan) dan tidak linier, misalnya HTML dan XML
Baca Juga :  Teknologi Layanan Jaringan

2. Animasi

Animasi-1

Animasi adalah berbentuk gambar yang dapat bergerak. Dengan menampilkan banyak gambar dengan bergantian, cepat, dan terus menerus untuk mencapai efek gambar yang dapat bergerak. Animasi lebih menarik daripada gambar atau grafik biasa.

3. Grafik

Grafik

Grafik dapat menggambarkan informasi dengan sangat baik. Grafik mungkin dalam bentuk kurva, foto, hasil pemindai, atau bentuk lain dari gambar dua dimensi atau tiga dimensi. Karena pembentukannya, jenis grafik dibagi menjadi dua jenis, yaitu :

  • Grafik Bitmap
    Bitmap disusun sebagai matriks yang mewakili setiap titik atau piksel dan warna. Kualitas bitmap sangat tergantung pada resolusi piksel dan ketajaman warna. Grafik dalam bentuk ini dapat menyimpan foto atau gambar yang rumit dengan sangat baik. File bitmap terkadang cukup besar, karena grafik disimpan per piksel.
  • Grafik Vektor
    Grafik vektor dibuat dari perhitungan matematis sebagai dasar untuk menampilkan grafik. Grafik vektor terdiri dari garis, bentuk dua dimensi (persegi, elips, lingkaran), yang secara matematis ditempatkan dengan koordinat, ukuran, ketebalan, dan sudut. Grafik vektor biasanya berukuran kecil dalam memori. Ketika akan memperbesar, vektor tidak mengubah kehalusan grafik.

4. Gambar

Gambar

Gambar adalah objek yang dapat ditampilkan dalam bentuk grafik (tanpa teks) atau konsep dalam bentuk kode yang tidak berhubungan dengan waktu. Gambar dibagi menjadi tiga jenis, yaitu, gambar tampak, gambar tidak terlihat, dan gambar abstrak.

  • Visible Image
    Yaitu gambar yang terlihat seperti lukisan, dan foto.
  • Non Visible Image
    Yaitu objek yang bukan gambar tetapi ditampilkan sebagai gambar, seperti gambar. Sebagai alat pengukur suhu, pengukur tekanan dan jenis alat pengukur lainnya.
  • Abstrak
    Yaitu gambar yang tidak nyata berdasarkan perhitungan aritmatika.

5. Suara

Suara

Penggunaan suara atau audio dalam aplikasi multimedia dapat memberikan informasi yang tidak mungkin melalui informasi media seperti gambar, grafik, atau teks. Contohnya untuk memberi tahu bahwa bagaimana suara batang tenggorok tentu saja tidak dapat dijelaskan oleh teks.

Ada tiga jenis suara, yaitu musik, ucapan, dan efek suara. Selain itu, suara juga dibagi menjadi dua jenis format, yaitu WAVE dan MIDI.

  • WAVE
    Merupakan jenis musik digital atau format audio digital yang dapat merekam dan memainkan semua jenis suara, baik efek suara nyata maupun suara manusia.
  • MIDI (Musical Instrument Digital Interface)
    Merupakan sejenis format suara yang berasal dari instrumentasi musik. Namun, tipe MIDI-Fomat tidak dapat mereproduksi atau merekam suara alami atau suara seperti suara manusia, tetesan air, dan lain-lain.
Baca Juga :  Sejarah Jaringan Komputer

6. Video

Video

Video seperti animasi, tetapi lebih cenderung berasal dari adegan nyata yang diambil langsung. Video ini juga mengandung elemen multimedia lainnya seperti gambar, suara dan teks. Dibandingkan dengan elemen lain, video ini menyediakan informasi yang lebih komprehensif dan menarik.

Konsep dasar warna dalam multimedia yakni :

  • RGB (Red, Green, Blue)
    Warna RGB adalah model warna aditif yang menangkap dan menampilkan gambar dalam tampilan visual pada perangkat elektronik seperti komputer, televisi, dan fotografi. Warna RGB diaktifkan untuk dilihat pada monitor komputer karena warna latar belakang komputer adalah hitam.
  • CMYK (Cyan, Maggenta, Yellow, Key)
    CMYK (kependekan dari cyan, magenta, kuning-kuning, dan warna utama (hitam-hitam) dan sering digunakan sebagai referensi untuk proses warna empat warna) adalah bagian dari model warna yang biasa digunakan dalam pencetakan warna.

Ini juga digunakan untuk menjelaskan proses pewarnaan itu sendiri. Meskipun berbeda dari satu lokasi ke lokasi lain, oleh operator surat kabar, pembuat surat kabar, dan pihak terkait, tinta untuk proses ini biasanya disusun dalam urutan singkatan.

Demikian artikel yang dapat kami sampaikan yaitu tentang Dasar Belajar Multimedia. Semoga bermanfaat dan dapat membantu bagi Anda.

Jenis Warna

Ika Evitasari
2 min read

Sejarah Warna

Ika Evitasari
2 min read

Kultur Jaringan

Ika Evitasari
2 min read