Cara Merekam Layar PC

3 min read

Cara Merekam Layar PC – Misalnya ketika akan membuat sebuah video tutorial, presentasi, video game, dan lain-lain, Anda pasti membutuhkan perekam layar alias membutuhkan aplikasi screen recorder. Software apasajakh yang harus dibutuhkan? Simak selengkapnya sebagai berikut.

Cara Merekam Layar PC

Cara-Merekam-Layar-PC

Rekam layar PC (komputer atau laptop) dalam video saat Anda bermain game, membuat tutorial, dan lainnya

Dapat merekam video, atau presentasi lainnya dengan merekam layar PC dengan aplikasi tersebut. Untuk menggunakan aplikasi dalam entri layar:

  • Pertama-tama, unduh aplikasi yang ingin kita gunakan, Free Screen Recorder.
  • Jika sudah diunduh, buka dan pasang aplikasi perekam tanpa screen recorder. Baca Juga : Pengertian VGA
  • Kemudian jalankan sebuah program tetapi sebelumnya akan merekam, akan memilih opsi umum (peralatan gambar). Tujuannya adalah sebagai menentukan area desktop yang ingin rekam.
  • Lalu menu opsi umum muncul dan ada tiga opsi layar lebar, yaitu fixed region (dapat menentukan layar manual), Nomral (untuk ukuran kecil), dan full screen (seluruh layar). Dapat mengaturnya dan lalu klik OK.
  • Untuk mulai merekam, klik pada lingkaran merah dan rekaman sudah dimulai.
  • Setelah selesai, klik tombol kota biru untuk menyelesaikan video.
  • Kemudian jendela memori akan muncul di mana dapat menyimpan video yang direkam dalam folder video yang dapat ditemukan dengan mudah. Cukup klik save sebagai menyimpan data.
Baca Juga :  Administrasi Text

1. VLC Media Player

VLC Media Player atau pemain yang sering disebut sebagai VLC juga dapat digunakan sebagai merekam aktivitas pada layar laptop atau PC.

Dengan aplikasi pemutar video lintas platform terbaik, dapat dengan mudah membuat beberapa pengaturan yang dapat dibuat sendiri. Baca Juga : Pengertian Pengolahan Data

2. WM Capture

Lalu ada aplikasi WM Capture, dengan manfaat yang memungkinkan Anda dengan mudah mengambil video pada bagian layar tertentu dan memiliki fitur perekaman berjangka waktu. Ini memungkinkan Anda menentukan kapan layar PC atau laptop Anda mulai merekam.

Jadi Anda dapat mengatur aplikasi Perekam Layar Laptop agar berjalan secara otomatis, sehingga Anda tidak perlu menekan tombol rekam lagi. File yang dihasilkan dari WM Capture dapat disimpan antara lain MPEG, WMV, AVI dan DVD-ISO.

3. Action

Aplikasi terbaik berikutnya untuk perekam tanpa kertas laptop adalah action yang mampu melakukan streaming secara merekam video dengan sangat baik dalam resolusi HD. Dalam action Aplikasi, dapat menemukan fungsi-fungsi penting, seperti dapat rekaman suara atau video.

Fungsi pengambilan gambar cepat (screenshot) yang cocok bagi yang ingin mengambil paada sebuah gambar sebagai membuat tutorial. Sebelum merekam kegiatan di layar.

Format dari antion tersebut ialah AVI dan MP4, membuatnya cocok untuk diedit nanti dengan aplikasi pengeditan video seperti Adobe Premiere Pro.

4. Nvidia GeForce Experience (ShadowPlay)

ShadowPlay ialah tangkapan layar yang dipercepat perangkat keras untuk PC Windows menggunakan GPU GeForce Nvidia. ShadowPlay di Nvidia GeForce Experience menawarkan kemampuan untuk memutar hingga 20 menit.

Tekan kombinasi tombol untuk menandai akhir video, dan kartu video akan dicadangkan hingga 20 menit.

5. Apowersoft Free Online Screen Recorder

Aplikasi perekam tanpa kertas gratis yang dapat Anda gunakan online tanpa harus menginstal aplikasi. Apowersoft juga menawarkan berbagai format video yang dapat digunakan sebagai merekam. Tetapi untuk kinerja, aplikasi ini tidak cocok untuk merekam permainan.

Baca Juga :  Perangkat Jaringan Komputer

6. XSplit Gamecaster

XSplit Gamecaster adalah salah satu perangkat lunak perekaman permainan paling sederhana dan paling populer yang digunakan oleh sebagian besar pemain. Keuntungan dari XSplit Gamecaster adalah ia menawarkan kemampuan streaming yang kuat. XSplit dapat melakukan streaming jika kami bermain dengan sangat stabil dan lancar.

7. Open Broadcaster Software (OBS Studio)

Open Broadcaster Software, biasa disebut sebagai OBS Studio, ialah salah satu perangkat lunak perekam layar terbaik untuk laptop dan PC. OBS Studio adalah open source dan multiplatform sehingga Anda dapat menginstalnya di Windows, OSX, Linux, atau GNU.

Dapat memungkinkan sebagai merekam video atau mengirim langsung ke berbagai situs online (streaming langsung). Antarmuka OBS Studio sangat sederhana, tetapi memiliki banyak fitur. Seperti merekam suara melalui mikrofon internal atau eksternal, merekam desktop, atau merekam melalui webcam.

Baca Juga : Pengertian Virus

Dapat mengubah secara langsung dengan menentukan rentang pilihan untuk merekam, dan bahkan menambahkan teks atau gambar ke streaming langsung. Sedangkan bagi Anda yang mengambil tangkapan layar, dapat menyimpan dalam berbentuk format video FLV atau MP4.

8. Bandicam Screen Recorder

Lalu ada Bandicam atau Bandicam Screen Recorder, aplikasi tangkapan layar PC paling populer untuk perekaman frame rate tinggi dan bitrate.

Bahkan pada kualitas tinggi, catatan aplikasi Bandicam tidak menjadi besar, sehingga lebih kecil dari kebanyakan aplikasi perekam layar.

9. Windows 10 Game Bar atau Game DVR

Untuk pengguna Windows 10, tidak ada lagi masalah dengan merekam layar PC. Ini karena Windows 10 menawarkan fitur yang disebut Windows 10 Game Bar atau Game DVR yang memungkinkan layar direkam dengan mudah tanpa bantuan.

Baca Juga :  Jaringan LAN (Local Area Network)

Salah satu manfaat dari aplikasi screen capture PC gratis ini adalah bahwa hasil perekaman video tidak terlalu besar. Dengan game DVR, YouTubers sekarang juga dapat merekam layar PC saat bermain game. Dapat menekan Windows + G pada layar yang akan direkam.

10. DXTory

DXTory ialah perangkat lunak perekaman layar PC ringan dengan antarmuka dan pengaturan pengguna yang sangat sederhana. DXTory dapat memproses video dengan kualitas terbaik sesuai dengan perangkat keras PC atau kinerja laptop yang akan gunakan.

Dalam pengaturan pada sebuah audio akan kuat dan dapat merekam dua suara secara bersamaan, contohnya suara permainan dan suara, yang kemudian akan diedit secara terpisah.

Demikian artikel yang dapat kami ringkas, yaitu mengenai Cara Merekam Layar PC, semoga artikel ini dapat membantu Anda dan dapat membantu Anda.