Cara Menanam Wortel

4 min read

Mau Tau Cara Menanam Wortel yang saat panennya lebih cepat dari wortel dan hasil yang maksimal, dibahas secara rinci. budidaya wortel ini dimulai dengan budidaya benih wortel, pengolahan, budidaya wortel melalui untuk memilih buah anggur.

Apa Itu Wortel ?

Cara Menanam Wortel

Wortel adalah tanaman dua tahunan yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar sehingga tanaman ini dapat berbunga pada tahun kedua. Batang bunga tumbuh setinggi satu meter, dengan bunga putih dan rasanya manis-manis. Bagian yang bisa dimakan dari wortel adalah akar nya.

Cara Menanam Wortel atau umumnya Daucus wortel merupakan sayuran yang banyak mengandung vitamin A dan karena itu sangat baik untuk kesehatan mata Anda. tanaman wortel berasal dari dataran Asia Timur ke Asia Tengah.

Penanaman wortel sebenarnya tidak begitu sulit, tetapi ada beberapa hal yang Anda harus meregang untuk memahami bahwa panen dapat menjadi berlimpah. Langkah Anda menanam wortel untuk membuat buah lebih cepat dan lebih padat.

Baca Juga : Cara Menanam Tomat

Ciri – Ciri Tanaman Wortel

Ciri-ciri tanaman wortel adalah sebagai berikut:

A. Daun

Daun wortel berwarna hijau dan diklasifikasikan sebagai daun majemuk dan menyirip.

B. Tangkai

Jumlah tangkai daun dalam wortel adalah antara 5 dan 8 per tanaman wortel.

C. Batang

Batang Wortel sangat pendek dan sangat susah dilihat

Manfaat Wortel

Faktanya, banyak orang percaya bahwa sayuran, yang sering ditemukan dalam makanan seperti sup, mengandung vitamin yang sangat sehat. Manfaat kesehatan wortel sangat tinggi, dan guru sekolah sering menyebut wortel sebagai salah satu sayuran yang dikonsumsi oleh anak sekolah.

Tahukah Anda sebelumnya apa manfaat wortel bagi kesehatan Anda? Di bawah ini tercantum 5 manfaat dari wortel yang akan membuat Anda Sehat.

Baca Juga :  Kopi Coklat

A. Kaya vitamin dan mineral

Manfaat kesehatan wortel tersebar luas. Sayuran ini dikenal sebagai sumber vitamin A. yang sangat tinggi. Kandungan vitamin A dalam wortel adalah 12000 sl.

Wortel juga mengandung banyak zat lain, termasuk kalori, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, beta-karoten, zat besi, vitamin B1 dan vitamin C. Jika Anda tahu zat penting yang melimpah di wortel ini, mereka secara alami akan meningkat wortel yakin memiliki manfaat kesehatan untuk wortel.

B. Mencegah hiperopia dan meningkatkan penglihatan

Salah satu manfaat kesehatan dari wortel sudah diketahui banyak orang. Wortel disebut-sebut sebagai sayuran yang ramah mata. Kandungan karoten dan vitamin A dapat membantu mencegah kebutaan malam hari dan meningkatkan gangguan penglihatan.

C. Membuat kulit bercahaya

Manfaat wortel untuk kesehatan ternyata bukan hanya untuk mata. Sebuah penelitian di bidang kesehatan kembali menunjukkan efektivitas wortel lainnya. Siapa sangka wortel dapat membuat seseorang lebih menarik dan sehat, seperti dikutip Times of India.

Penelitian menunjukkan bahwa wanita dan pria yang kulitnya berwarna kuning dianggap lebih menarik dan lebih sehat. Lampu kuning berasal dari pigmen kuning yang biasa disebut karotenoid.

Karotenoid memiliki fungsi mencerahkan kulit dan menambah warna pada wajah. Karotenoid terjadi pada sayuran dan buah-buahan seperti wortel dan prem.

D. Pertajam memori

Apakah Anda sering kesulitan mengingat sesuatu yang penting? Jika benar, saatnya makan wortel. Manfaat wortel dapat membantu mengasah ingatan Anda, karena sayuran ini kaya akan vitamin B. Mengkonsumsi wortel secara teratur akan membuat ingatan Anda lebih cemerlang, dan tentu saja akan lebih mudah bagi Anda untuk melakukan atau mempelajari banyak hal.

E. Wortel kaya akan antioksidan

Hidup di masa sekarang menyebabkan banyak orang terpapar polusi setiap hari. Belum lagi bahwa makan makanan yang tidak sehat membuat sulit menghindari radikal bebas.

Untuk mencegah radikal bebas dari memiliki efek berbahaya pada tubuh, sangat penting untuk makan makanan yang kaya antioksidan seperti wortel. Manfaat kesehatan wortel untuk kelima kalinya dalam jangka panjang dapat menjaga tubuh tetap sehat dan mencegah penyakit berbahaya seperti kanker.

Baca Juga :  Cara Menanam Semangka

Baca Juga : Cara Menanam Bawang Merah

Simak Beberapa Langkah Cara Menanam Wortel

Jadi Anda menanam wortel untuk mencapai hasil yang maksimal dengan menyesuaikan persyaratan penanaman. tanaman wortel secara luas digunakan di daerah dengan iklim sedang di musim dingin. Jika wortel ditanam di dataran rendah, wortel hanya tinggi dan tidak membentuk umbi.

A. Persipkan Lahan

LahanTanah yang dibutuhkan untuk budidaya wortel adalah Andosol, Alluvial, Regosol dan Latosol, yang ditemukan terutama di dataran tinggi.

Keasaman tanah, yang cocok untuk budidaya wortel.Suhu memiliki pengaruh besar pada metabolisme tanaman wortel. Suhu optimal untuk budidaya wortel adalah maksimum 15,6 – 21,1 ° C.

Curah hujan ini terkait dengan ketersediaan air tanah. Kekurangan air dalam wortel menghambat pertumbuhan wortel, sedangkan pada tanaman wortel, kelebihan air menjadi rentan terhadap penyakit.

Area yang cocok untuk budidaya wortel adalah iklim lembab (1,5 – 3 bulan kering dalam 1 tahun) dan iklim yang agak lembab (3 – 4,5 bulan kering dalam 1 tahun).

Kelembaban yang sesuai pada wortel adalah 80-90%. Jika kelembabannya terlalu tinggi, itu merangsang pertumbuhan jamur yang bisa menyebabkan penyakit.

Sinar matahari adalah sumber energi dalam fotosintesis tanaman wortel. Semakin kuat sinar matahari pada tanaman wortel, semakin cepat bentuk wortel.

Selama fotosintesis, tanaman wortel membutuhkan sinar matahari selama 9-10 jam sehari

B. Benih berkualitas tinggi

Ada dua cara Anda bisa mendapatkan biji wortel berkualitas tinggi dengan membelinya di toko pertanian terdekat, atau Anda juga bisa membuatnya sendiri.Pada kesempatan ini, kami akan menyediakan cara untuk menghasilkan biji wortel berkualitas tinggi. Langkah pertama dalam menghasilkan benih wortel berkualitas tinggi adalah pemilihan tanaman wortel yang digunakan sebagai biji.

Pilih tanaman wortel yang memenuhi karakteristik yang diberikan di bawah ini.

A. Sifat tanaman wortel yang baik untuk produksi benih :

  • Apakah Anda memiliki kemampuan beradaptasi yang baik terhadap lingkungan.
  • Produksi tinggi.
  • Tahan terhadap penyakit.
  • Umbi ringan, lurus, tidak bercabang dan besar
  • Biji berasal dari tanaman yang berumur lebih dari 2 bulan.

B. Cara membuat biji wortel unggul

  • Pilih bawang wortel yang memenuhi karakteristik di atas.
  • Ujung umbi dipotong sekitar 1/3 dari panjang bawang wortel.
  • Daun wortel dipotong di dekat pangkal umbi dan dipertahankan 10 cm.
  • Siapkan tempat tidur.
  • Permukaan wortel harus ditaburi dengan pupuk Trichoderma, air dan ZPT organik setiap 2 minggu.
  • Tuang sore hari (setiap hari).
  • Tanaman wortel mekar dalam waktu satu bulan, bunga mekar setelah 2 minggu.
  • Bunga wortel yang berwarna coklat siap dipanen
Baca Juga :  Kopi Robusta

Perawatan Dan Pemberian Pupuk Tanaman Wortel

Setelah penanaman sukses wortel dalam tanaman langkah wortel berikutnya dipertahankan. tanaman wortel diperlakukan meraih hasil maksimal dibandingkan dengan tanaman wortel yang tidak diobati.

Secara umum, pengobatan tanaman wortel dibagi menjadi tiga bidang: menipis dan penyiangan, penyiraman dan pemupukan akhirnya.

Baca Juga : Cara Menanam Seledri

Proses utama dalam menanam wortel ialah melakukan penyiangan dan penjarangan,dimana yang disebut penyiangan adalah dimana lahan harus terbebas dari hama tumbuhan dan semua jenis penyakit dan binatang lain nya yang akan menggangu dalam proses penyiangan ada yang disebut gulma. Yang mana gulma adalah tindakan mencabut gulma agar dapat membersihkan rumput liar yang berada disekitar tanaman tersebut sebab tumbuhan yang menggagu tananaman wortel yang akan menghisap nutrisi yang ada di bagian tanah yang dapat menimulkan segala jenis penyakit.

Sedangkan proses penjaangan adalah proses mengurangi jumlah tananman agara terlihat luas dan tanaman dapat tumbuh dan berkembang maksimal agar menghasilkan panen yang memuaskan.

Tahapan Memannen Wortel

cara menanam wortel yang terakhir adalah manenan wortel. waktu yang bak memanen berada diwaktu wortel berumur 90 hari ketika pertama menananam. jangan memanen wortel terlalu lama karena jarang yang baik untuk menananm wortel dari mulai menananm seperti yang tertulis di atas agar hasil nya tidak membuat kita murung dan wortel juga tumbuh dengan baik,dan dlam langkah memanen dengan di cabuti dengan hati hati supaya wortel tak ruska dan hasil nya juga sesuai dengan yang kita harapan tentu juga berkat kasih sayang tuhan semua ini bisa sesuai denhan keinginan kita

Demikian pengupasan mengenai cara menanam wortel dan Selamat mencoba dan semoga brmanfaat ya .

Budidaya Kopi Stek

Pak Guru
2 min read

Budidaya Jangkrik

Pak Guru
4 min read

Budidaya Timun

Pak Guru
5 min read