Cara Menanam Semangka

7 min read

Cara Menanam Semangka – Kami telah mencoba cara ini untuk menanam semangka, dan telah menunjukkan bahwa kita dapat meningkatkan hasil semangka.

Apa Itu Semangka ?

Cara Menanam Semangka

Semangka adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah gurun di Afrika selatan. Tanaman ini masih berhubungan dengan labu, melon dan mentimun. Semangka biasanya dipanen untuk buah segar atau jus disiapkan. Biji semangka yang dikeringkan dan dipanggang juga bisa dimakan sebagai semangka.

Semangka memiliki nama Latin semangka dan milik suku Cucurbitaceae, pohon anggur yang cocok untuk tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Semangka adalah buah dengan, rasa manis segar dan kandungan air yang tinggi. Hal ini membuat semangka di seluruh komunitas yang sangat populer dan dapat dengan mudah dibeli di pasar tradisional.

Baca Juga : Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas

Ciri – Ciri Semangka

Memilih semangka kita perlu tau bagai mana cara nya dan kita juga harus memahami ciri – ciri semangka perhatikan artikel dibawah ini untuk memilih semangka yang berkualitas :

1. Bintik-bintik kuning pada kulit

Beberapa orang berpikir bahwa cara untuk memilih semangka manis adalah dengan memilih semangka hijau gelap yang cenderung gelap. Mereka berpikir bahwa semakin gelap warna kulit semangka, semakin matang semangka itu. Bahkan, semangka manis adalah mereka yang memiliki bintik-bintik kuning atau bintik-bintik di kulit. Bagian kuning ini menunjukkan bahwa semangka sudah matang di tanah. Ingat bahwa warna noda harus kuning, bukan oranye atau putih

2. Kulit Ada jaring cokelat

Ketika kita melihat semangka, kita sering menemukan jaring yang menempel cukup rendah ke semangka. Ketika Anda menemukan semangka dengan kulit ini, banyak orang segera mengembalikan semangka dan memilih semangka yang berkulit halus. Tahukah Anda, bagaimanapun, bahwa tanda air coklat pada kulit semangka adalah tanda bahwa daging itu manis? Tanda coklat pada kulit semangka berasal dari penyerbukan lebah pada semangka. Semakin banyak penyerbukan dalam semangka, semakin manis rasanya semangka. Jadi, jika Anda menemukan semangka dengan bintik-bintik cokelat di kulit, Anda dapat yakin bahwa semangka rasanya manis.

3. Bentuk semangka

Pepaya hibrida semangka memiliki kandungan air lebih tinggi dari semangka bundar. Namun, rasa semangka Inul tidak lebih manis daripada semangka bundar. Semangka bundar harus memiliki kandungan air yang tidak lebih dari semangka oval, tetapi rasa manisnya lebih terasa. Petani semangka juga memberi julukan pada semangka karena bentuknya. Semangka oval disebut semangka jantan, sedangkan semangka bundar disebut semangka betina

4. Tangkai kering

Semangka memiliki tangkai di atasnya. Cara memilih semangka matang dan matang bisa dilakukan dengan mengamati batangnya. Tangkainya, yang terlihat kering, berarti semangka sudah matang. Sebaliknya, jika batangnya masih hijau, semangka mungkin dipanen terlalu cepat sehingga tidak matang di pohon. Jika memungkinkan, Anda bisa menilai kematangan semangka dengan menarik batangnya. Jika batang semangka dapat dengan mudah ditarik, itu berarti semangka sudah matang. Jika batang semangka sulit untuk dicabut, semangka belum matang sepenuhnya dan tidak manis untuk segera dikonsumsi.

Baca Juga :  Budidaya Kopi

5. Bintik putih

Hindari semangka dengan bintik-bintik putih Jika bintik-bintik kuning pada kulit semangka adalah tanda bahwa semangka memiliki rasa manis dan kematangan yang baik, semangka dengan bintik-bintik putih adalah tanda bahwa buah tidak mendapatkan cukup sinar matahari saat menanam mendapat. Jika semangka tidak mendapat cukup sinar matahari, semangka mungkin tidak sepenuhnya matang dan akan ditarik keluar. Semangka yang belum matang sepenuhnya tidak memberikan rasa manis yang sempurna, meskipun kadar air di dalamnya cukup tinggi.

6. Ada garis hijau gelap

Selain memeriksa bintik-bintik kuning pada kulit semangka, periksa warna garis semangka. Karakteristik semangka matang ditunjukkan oleh warna garis pada kulit semangka. Semakin gelap dan tajam warna garis, semakin manis rasanya semangka. Garis-garis hijau gelap pada mangkuk semangka juga merupakan tanda bahwa daging semangka berwarna merah cerah. Jadi pilihlah semangka matang untuk membuatnya terasa manis dan segar.

7. Lihat, besar atau kecil

Tidak menjamin rasa manis Seringkali Anda memilih semangka terbesar dengan harapan menerima semangka manis? Lepaskan kebiasaan itu, karena rasa manis semangka tidak ada hubungannya dengan ukuran semangka.

Manfaat semangka untuk kesehatan tubuh

Berikut beberapa manfaat semangka bagi kesehatan tubuh Anda:

1. Jantung dan tulang yang sehat

Manfaat semangka pertama adalah kesehatan jantung dan tulang. Selain tomat, semangka telah menjadi salah satu buah yang kaya akan likopen. Lycopene adalah karotenoid, sejenis antioksidan yang dapat mencegah kerusakan radikal bebas pada tubuh dan sel. Selain itu, likopen juga dapat melindungi tubuh dari kolesterol jahat. Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa likopen baik untuk menjaga kesehatan jantung dan kesehatan tulang, seperti dilansir Whfoods. Semangka adalah buah dengan kandungan likopen yang sangat tinggi.

2. Semangka kaya akan likopen sebagai antioksidan

Selain jeruk dan jambu biji, semangka adalah sumber likopen yang sangat baik. Seperti dijelaskan di atas, semangka kaya akan likopen. Selain kesehatan jantung dan tulang, likopen bertindak sebagai antioksidan. Sebagai antioksidan, kemampuan likopen untuk menetralkan radikal bebas yang dapat merusak sel dan jaringan tubuh sangat luar biasa. Selain untuk kesehatan, manfaat semangka juga meningkatkan kecantikan wanita, misalnya dengan membuat kulit sehat dan awet muda.

3 Hindari dehidrasi dan kaya serat

Semangka adalah buah dengan kandungan air yang sangat tinggi. Jadi jangan heran jika buah ini sangat populer di daerah tropis dan merupakan buah favorit di musim panas di 4 musim negeri. Karena kadar air yang sangat tinggi, seseorang menghindari dehidrasi karena manfaat semangka, dan rasanya lebih enak daripada air mineral biasa. Selain itu, serat yang terkandung dalam semangka membantu seseorang menghindari sembelit.

4. Atasi dan cegah impotensi

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa manfaat semangka sebagai obat kuat alami untuk pria. Makan semangka dapat memiliki efek yang sama seperti Viagra, dapat mengobati impotensi dan mencegah impotensi, kata Dr. Bhimu Patil, direktur Pusat Peningkatan Buah dan Sayur Texas A & M di College Station, melaporkan dari Science Daily. Keuntungan dari semangka adalah tidak menyebabkan efek samping sesering ketika seseorang menggunakan obat kuat.

5. Kaya vitamin dan nutrisi

Semangka adalah buah yang mengandung beberapa vitamin dan mineral. Dalam 152 gram semangka akan mencakup hingga 20,4 persen, 17,2 persen vitamin A, 7,8 persen kalium, dan 3,8 persen magnesium untuk memenuhi kebutuhan harian akan vitamin C. Berita baik dan manfaat semangka sangat baik karena buah ini sangat rendah kalori. Jadi jika Anda menikmatinya, Anda tidak perlu khawatir tentang kenaikan berat badan.

6. Kontrol diabetes

Saat Anda mengonsumsi semangka, ginjal mengubah satu asam amino, L-citrulline, menjadi asam amino lain, L-arginin. Kedua asam amino ini memiliki banyak manfaat kesehatan, paling tidak untuk mengendalikan diabetes.

Baca Juga :  Cara Menanam Kangkung

Studi menunjukkan bahwa manfaat semangka dapat mengatur metabolisme glukosa dan sensitivitas insulin karena kandungan suplemen L-arginin. Meskipun Anda mungkin tidak dapat mengekstraksi asam amino sebanyak dari semangka yang terkandung dalam suplemen gizi, perlu dicatat bahwa makanan yang mengandung senyawa ini dapat menjadi bagian yang berguna dari diet untuk memerangi diabetes.

7. Obati penyakit ginjal

Manfaat semangka sangat membantu dalam menghilangkan simpanan racun dalam ginjal, karena mengandung banyak kalium dalam buah ini. Selain itu, manfaat semangka juga membantu mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah, sehingga mengurangi kemungkinan kerusakan ginjal dan pembentukan batu ginjal.

Karena kandungan airnya yang tinggi, semangka mendorong buang air kecil, yang sekali lagi bermanfaat untuk membersihkan ginjal. Juga, antioksidan hadir dalam semangka dapat menyehatkan ginjal untuk waktu yang lama dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan bintik-bintik penuaan pada kulit.

8. Mengatur tekanan darah

Sebuah penelitian yang menyatakan bahwa manfaat semangka dalam bentuk ekstrak dapat menurunkan tekanan darah pada orang yang kelebihan berat badan yang menderita hipertensi. Selain itu, jumlah kalium dan magnesium yang terkandung dalam semangka sangat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Kalium dianggap sebagai vasodilator, yang berarti bahwa ketegangan dalam pembuluh darah dan arteri dilepaskan, merangsang sirkulasi darah dan mengurangi sistem kardiovaskular. Karotenoid dalam buah-buahan ini juga mencegah pengerasan dinding arteri dan vena dan dengan demikian berkontribusi pada penurunan tekanan darah dan kemungkinan pembekuan darah, stroke, serangan jantung dan arteriosklerosis.

9. Mencegah kanker

Sebuah penelitian oleh dr. Laura Bowers dari Departemen Nutrisi di University of North Carolina di Chapel Hill, AS, menunjukkan bahwa insulin / like-growth factor (IGF) yang lebih rendah penting untuk pengobatan kanker. Manfaat semangka juga membantu mengurangi insulin / IGF. Ini sering merupakan faktor utama yang membuat kanker menjadi lebih buruk.

Semangka telah menerima banyak perhatian dalam beberapa tahun terakhir, terutama karena kandungan likopen dalam semangka, senyawa karotenoid-fitonutrien, yang semakin dipercaya efektif sebagai pencegahan kanker.

Telah terbukti bahwa likopen secara signifikan mengurangi risiko kanker prostat, payudara, usus besar, paru-paru dan rahim. Secara keseluruhan, semangka antara potensi antioksidan vitamin C, sifat anti-tumor cucurbitacin E dan efek lycopene adalah buah anti kanker yang hebat!

10. Kurangi risiko kolesterol

Manfaat semangka membantu menurunkan kolesterol dan melindungi jantung Anda dari berbagai kondisi berbahaya, seperti serat dalam semangka bersama dengan vitamin C, karotenoid, dan kalium (kalium mengurangi risiko serangan jantung).

Baca Juga : Kopi Luwak

Sebuah penelitian menemukan bahwa likopen, karotenoid yang berlimpah di semangka, meningkatkan fungsi jantung. Beta-karoten, yang dikenal karena sifat anti-penuaan yang luar biasa, mempertahankan curah jantung dan mencegah masalah jantung terkait usia.

Untuk menghasilkan semnagka yang berkualitas dan memiliki harga jual yang baik, kita harus tau tahapan demi tahapan menanam semangka. Yuk kita simak tahapan Cara Menanam Semangka dibawah ini :

Tahapan Cara Menanam Semangka

Cara pertama untuk menanam semangka, adalah untuk mengamati kondisi untuk tumbuh semangka. Jika Anda memenuhi persyaratan untuk budidaya semangka, Anda dapat yakin bahwa tanaman semangka tumbuh maksimal.

1. Tahap Pemilihan Lahan

Tahap pertama yaitu memilih lahan dengan kondisi iklim yang baik simak tahapan memilih lahan nya di bawah ini :

A. Lahan Yang Banyak Mengandung Bahan Organik

Media tanah yang disukai tanaman semangka adalah tanah yang mengandung zat organik dan banyak nutrisi yang longgar dan bebas dari gulma.

Dan tanaman semangka dapat terkena sinar matahari langsung tanpa tanaman tinggi memberikan keteduhan.

Tanaman semangka dapat tumbuh optimal pada pH normal 5. Karena itu, harus dilakukan pengelupasan kulit secara rutin untuk mengecek pH tanah.

Jika pH tanah bersifat asam atau di bawah 5, lebih baik menggunakan dolomit atau kapur pertanian setelah pH tanah kembali normal.

B. Ketinggian lahan penanaman semangka

Tanaman semangka tumbuh baik di dataran rendah atau di dataran tinggi dengan kisaran antara 0 – 1000 meter di atas permukaan laut. Untuk budidaya semangka area yang cocok adalah area yang kering dan sedikit menguapkan air. Kelembaban, yang cocok untuk budidaya semangka, rendah, dengan presipitasi 40-50 mm per bulan dan suhu sekitar 25 ° C pada siang hari.

Baca Juga :  Cara Menanam Terong

Dengan menggunakan jarak tanam yang ideal, budaya semangka yang optimal tercapai. Ada dua cara untuk menentukan jarak semangka.

Pertama, dengan menanam satu sistem menggunakan jarak tanam ideal sekitar 90-100 cm x 3 m. Kemudian yang kedua, yaitu dengan menanam sistem ganda menggunakan jarak 90-100 cm x 6-7 m

2. Persiapkan Biji Semangka

Setelah persyaratan tersebut dipenuhi untuk budidaya semangka, langkah berikutnya dalam pemuliaan semangka adalah untuk memilih biji semangka yang baik. Ketika membeli bibit semangka bahwa itu adalah benih unggul. Merendam benih semangka dilakukan pertama dengan pupuk cair dalam jumlah sampai 25 ml, dicampur dengan seliter air hangat dan direndam selama 1hari.

Tiriskan dan memeras kemudian dengan kain lembab atau koran Setelah tiga hari benih semangka mulai berkecambah dan dapat dipindahkan ke media perkecambahan dalam rangka mempercepat perkecambahan biji dan menghilangkan ditularkan oleh penyakit benih.

Baca Juga: Cara Budidaya Jamur Kuping

Hal ini karena mempercepat proses perkecambahan dan menghasilkan antibiotik alami untuk menghilangkan penyakit yang ditularkan dengan biji, dan untuk melindungi terhadap mereka.

3. Penaburan Biji Semangka

Setelah biji semangka siap untuk disemai, biji semangka ditabur pada langkah berikutnya. Menabur Benih semangka bertujuan untuk mengoptimalkan pertumbuhan benih dan untuk memudahkan kontrol, karena menabur dilakukan di satu tempat.

A. Bahan benih untuk semangka:

Media tanam dalam bentuk bumi. Kadang-kadang pupuk sesuai keperluan

B. Cara menanam biji semangka :

Membersihkan lantai dari sampah dan hama.Campur tanah dengan pupuk kandang (jumlah yang cukup) bibit tanaman semangka menjadi 6 cm lubang yang dalam di tanah. Tuangkan air bersih

4. Proses Perawatan Menanam Semangka

Menanam semangka yang tidak kalah pentingnya tergantung pada perawatan, karena tanaman semangka memiliki cukup air dan nutrisi untuk membantu semangka tumbuh secara maksimal. Berikut adalah metode perawatan untuk menanam semangka :

1. Penyiraman tanaman semangka

Semangka tanaman air setiap 3 hari atau beradaptasi dengan kondisi cuaca atau lingkungan setempat. Namun, pada awal pembungaan, jangan disiram, tetapi hanya disiram lagi ketika semangka mulai terbentuk.
Ketika buah telah mencapai bentuk maksimalnya, kurangi intensitas air untuk mempertahankan kadar gula dalam buah. Cara Meyiram Tanaman Semangka :

A. Posisi batang utama

Sesuaikan posisi batang utama dan cabang semangka di bedengan sehingga budidaya semangka menjadi rapi dan mudah dirawat

B. Cabang pemangkasan

Untuk memaksimalkan produksi buah semangka, cabang dipangkas. Cabang yang dipangkas adalah cabang utama setelah segmen kelima.

Tunas samping yang baru tumbuh juga dipangkas, lalu tiga tunas samping dipertahankan. Hal ini dimaksudkan bahwa selama proses budidaya semangka penyerapan nutrisi dapat terkonsentrasi pada cabang-cabang yang hanya diawetkan.

Baca Juga : Cara Menanam Tomat

2. Menyiangi gulma

Lengkap proses pengendalian gulma yang mengganggu tanaman semangka. Semangka, yang dapat tumbuh dengan baik pada tanaman semangka, umumnya hanya terdiri dari 2-3 buah.

Oleh karena itu, semangka, yang tidak normal pada daun pertama harus dibuang. Ini dilakukan agar budidaya semangka bisa menghasilkan buah maksimal.

3 . Mengatasi Hama Dan Penyakit Pada Semangka

Sejak awal untuk mengidentifikasi hama dan penyakit serangan. Jika kutu berada di atas ambang ekonomi, memeriksa dengan insektisida, dan ketika kutu penyakit hadir, memeriksa dengan fungisida atau bakterisida.

5. Masa Memanen Hasil Dari Tanaman Semangka

Semangka bisa dipanen, tergantung pada spesies dan berbagai usia 2,5 bulan. Karakteristik sedang mempersiapkan untuk memanen buah adalah warna mangkuk buah yang telah memudar dan tanaman merambat di dasar buah batang telah kering. Semangka dapat diambil bersama dengan batang dan dipanen dalam cuaca baik.

Demikaian Pembahasan Mengenai Cara Menanam Semangka Selamat mencoba dan semoga berhasil ya..

Cara Budidaya Jamur

Pak Guru
6 min read

Daun Bawang Merah

Pak Guru
3 min read

Ular Tikus

Pak Guru
3 min read