Cara Menanam Pepaya

5 min read

Cara Menanam Pepaya – Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang Cara Menanam Pepaya, dimana pada pembahasan sebelum nya kita telah membahas mengenai Jaring-Jaring Makanan dan Pengertian Fisiologi. Dan dalam pembahasan ini kita akan menerangankan mengenai ciri – ciri Pepaya dan manfaat nya serta cara menanam pepaya nya.

Apa Itu Pepaya ?

Cara Menanam Pepaya

Pepaya adalah diyakini bahwa tanaman ini berasal dari daerah tropis di benua Amerika. Dari tempat ini menyebar ke berbagai belahan bumi.

Budidaya pepaya dapat dilakukan di dataran hingga ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut. Di musim kemarau, pohon pepaya dengan penyiraman biasa masih bisa berbuah.

Untuk penanaman Papaya baru diperlukan drainase tanah yang baik. Air yang tergenang menyebabkan busuk akar pada tanaman pepaya. Tanaman ini terletak di tanah gembur. Pepaya adalah pohon yang bisa tumbuh hingga 3 meter.

Ciri – Ciri Buah Pepaya

Pepaya Memliki ciri – ciri Sebagai berikut :

Batang pepaya berlubang, jaringannya lunak dan cair. Tanaman ini memiliki akar tunggang dan akar lateral yang lunak. Pertumbuhan akar datar dan agak lemah.

Bunga pepaya tumbuh di di pagian daun, baik dalam bentuk bunga tunggal maupun berturut-turut.

Ada tiga jenis bunga pepaya, yaitu bunga jantan, bunga betina dan bunga sempurna. Berdasarkan sifat bunga, pohon pepaya jantan, pohon betina dan pohon sempurna.

Pohon pepaya jantan tidak menghasilkan buah, sedangkan pohon pepaya betina menghasilkan buah bulat dan pulp tipis. Buah pepaya yang diinginkan dengan bentuk memanjang terbuat dari pohon pepaya yang sempurna.

Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

Beberapa orang mungkin mengenali pepaya sebagai buah yang dapat memperlancar pencernaan. Tetapi sebenarnya ada beberapa manfaat pepaya untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu Anda ketahui :

1. Menjadikan Mata Anda Sehat

Pepaya mengandung vitamin A, yang baik untuk mata. Vitamin A dibutuhkan untuk kornea sehat dan menghasilkan kelembaban yang cukup untuk menjaga mata tetap terlumasi dengan baik.

2. Menyehatkan Rambut Dan Kuku Anda

Pepaya kaya akan vitamin dan mineral yang mendukung pertumbuhan rambut dan kuku. Buah jeruk ini bahkan bisa digunakan sebagai masker rambut untuk merawat rambut.

Baca Juga :  Cara Budidaya Jamur Tiram

3. Menyehatkan Kulit Anda

Pepaya mengandung zat yang disebut likopen. Menurut penelitian, konsumsi likopen dapat menjaga kesehatan kulit, karena aktivitas antioksidan dari zat ini berperan dalam memerangi kerusakan sel radikal bebas.

4. Meningkatkan Pencernaan

Tahukah Anda mengapa pepaya dikenal untuk pencernaan? Ini karena pepaya mengandung enzim papain, yang memfasilitasi pencernaan protein. Menurut penelitian, asupan 40 hari pepaya dikatakan untuk menyembuhkan sembelit dan perut kembung.

5. Menyehatkan Jantung Anda

Pepaya, yang mengandung vitamin C dan likopen, bisa menjadi salah satu makanan yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, antioksidan dalam pepaya juga dapat meningkatkan efek kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

6. Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Pepaya mengandung antioksidan lycopene, yang dapat mengurangi radikal bebas karsinogenik. Anti Aging. Berbagai nutrisi dalam pepaya dapat membuat kulit terlihat sehat dan muda.

Misalnya, enzim papain, yang membantu melembutkan dan merevitalisasi kulit, serta vitamin A dan C, yang membantu mengurangi keriput dan flek hitam. Tidak hanya itu, vitamin C juga bermanfaat untuk membantu tubuh memproduksi kolagen yang dapat mengurangi keriput.

7. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin A, C, dan E dalam pepaya dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian kita menghindari juga penyakit menular seperti pilek dan flu.

8. Mengatasi Demam Berdarah

Dipercayai bahwa pepaya memiliki efek yang baik pada penyakit yang disebabkan oleh virus dengue dan dapat menekan jumlah trombosit. Studi menunjukkan bahwa orang yang terinfeksi dengue yang menerima ekstrak daun pepaya memiliki jumlah trombosit yang lebih cepat daripada pasien yang menerima perawatan rutin.

Baca Juga Artikel Tentang : Budidaya Jangkrik

Setelah Membahas Mengenai pepaya dan ciri – ciri nya serta manfaatnya mari kita lanjuti bahasan kita mengenai cara menanam pepaya

Langkah Langkah Cara Menanam Pepaya

1.Pilih Benih Pepaya Dengan Baik

Benih untuk penanaman pepaya diperoleh dari biji yang dipilih. Untuk mendapatkan pohon pepaya sesempurna mungkin, perawatan dan keterampilan dalam pemilihan calon benih diperlukan.

Biji yang baik terbuat dari buah pepaya yang terbuat dari pohon yang sempurna. Bentuk buah gondrong, tidak berbentuk dan bebas penyakit. Buah dibiarkan matang di pohon sebanyak mungkin.

Baca Juga : Cara Menanam Seledri

Biji pepaya ada di gua buah, ada yang hitam pekat dan ada yang putih cerah. Biji putih adalah biji mati yang tidak tumbuh.

Baca Juga :  Jambu Air Madu Deli

Biji hitam dapat tumbuh menjadi pohon, tetapi hanya sekitar beberapa persen sajab menjadi pohon yang sempurna, tergantung pada karakteristik genetiknya. Sisanya menjadi pohon jantan dan betina.

Biji yang tumbuh di bagian atas buah memiliki kemampuan untuk tumbuh menjadi pohon pepaya yang sempurna dibandingkan dengan pangkalnya. Untuk memilih biji,

Anda harus mengambil biji dari ujung ke tengah buah. Jangan mengambil biji dari pangkal buah.

2. Waktu Penyebaran Bibit Pepaya

Biji yang masih kering harus dikecambahkan sebelum disemai. Ini berguna untuk mempersingkat waktu budidaya pepaya. Rendam benih selama satu malam dalam air hangat. Kemudian pilih benih yang seharusnya tenggelam atau tidak berenang di air.

Siapkan kertas tisu sebagai pembungkus dan basahi tisu dengan air. Sebarkan benih yang sudah direndam di atas tisu, tutup dengan tisu dan bilas atau lembabkan. Tempatkan benih di botol bekas atau di wadah serupa. Tempat atau wadah harus mampu menembus atau mengalirkan air.

Tempatkan wadah di bawah sinar matahari, jangan kepanasan, perkecambahan biji membutuhkan suhu sekitar 35 derajat Celcius. Benih berkecambah setelah 2 minggu.

Setelah berkecambah menjadi biji, pindahkan kecambah ke polybag, seedling dan polybag.

Pilih polybag kecil dengan ukuran 8×15 cm. Sebelumnya, isi polybag dengan media pembibitan terdiri dari tanah, pupuk kompos dan arang, yang diayak dengan perbandingan masing-masing 1 gelas.

Setelah bibit dipindahkan, basahi media untuk menjaga kelembaban. Kemudian letakkan polybag di tempat yang teduh.

Tempat teduh dapat terbuat dari plastik atau paranet bening. Tugas mereka adalah melindungi benih dari hujan langsung, sengatan matahari dan angin.

Bibit dapat dipindahkan ke ladang pada umur dua bulan setelah disemai. Permintaan biji pepaya untuk satu hektar sekitar 80 gram.

3. Proses Pembuatan Lahan Untuk Menanam Pepaya

Berikut ini adalah penanaman lahan untuk penanaman pepaya di dataran tinggi atau lahan di tanah bertingkat. Pertama, tanah dibajak atau dibajak untuk melonggarkan tanah. Lalu buat bukit dengan lebar dua meter, panjang penyesuaian bentuk tanah dan tinggi 25 cm. Jarak antara tempat tidur adalah 40cm lebar. Jarak penanaman pepaya harus disesuaikan dengan area penanaman.

Buat lubang tanam sesuai dengan jarak, lubang tanam ukuran 40x40x500 cm. Kami tidak merekomendasikan membuat lubang tanam selama musim hujan. Saat menggali lubang tanam, pisahkan tanah bagian atas dari tanah bagian bawah. Biarkan lubang terbuka selama 1-2 minggu.

Kemudian campurkan pupuk dasar dalam bentuk kompos atau pupuk kandang yang dimasak dengan tanah bagian atas. Dosis pupuk 20 kg per lubang tanaman. Pertama-tama masukkan tanah di lubang tanam dan kemudian tanah di bagian atas. Biarkan lubang tanam kembali selama setengah bulan

Baca Juga :  Pestisida Organik

Jika lahan untung menanam telah siap maka pindahkan bibit dari kantong bibit ke lubang tanam. Umur bibit siap untuk dihabiskan setidaknya tiga bulan setelah disemai. Sirami pagi atau sore hari sampai tanaman berumur 1,5 bulan sejak dipindahkan.

Ada dua kebiasaan petani menanam pepaya, yaitu menanam benih di lubang tanam atau menanam dua biji di lubang bibit. Tujuan penanaman dua biji adalah untuk mencegah pertumbuhan pepaya jantan dan betina dan memfasilitasi penggantian.Pada bulan keempat, ketika pepaya berbunga untuk pertama kalinya, seleksi dilakukan untuk menghilangkan pepaya yang tidak diinginkan

4 .Perawatan Tanaman Pepaya

Perawatan dilakukan setelah tanaman berumur 6 minggu sejak penanaman. Tanaman yang menjadi jelek atau sakit dikeluarkan dan diganti dengan biji baru. Jika Anda menggunakan metode dua biji dalam lubang tanam, cukup tarik tanaman yang terlihat buruk.

Memilih Tanaman Pepaya Yang Baik

Perhatikan saat pohon berbunga untuk pertama kalinya. Bunga tumbuh di ketiak daun. Ketika satu bunga tumbuh, itu berarti bunga betina atau bunga yang sempurna. Bunga ini pohon harus dicabut dan disulam dengan biji lainnya.

Pilih bunga dan tekan ujungnya dengan ibu jari Anda untuk membukanya. Jika bunga yang berasal dari pohon jantan berarti bahwa ini adalah pohon yang sempurna yang sedang dirawat. Bunga sempurna muncul saat bulan kedua dari awal menanam kemudian.

Jika, setelah meremas, bunga betina, itu berarti bahwa pohon ini adalah pohon betina. Berarti itu harus dicabut.

Kemudian menyulam tanaman yang dihilangkan dengan biji baru. Atau, jika kita menggunakan metode menanam dua pohon di lubang tanam, pindahkan pohon yang sempurna dari lubang lain. Karena hanya satu pohon yang sempurna yang dapat diangkat untuk membuat lubang.

Tindak lanjut dimulai 2 minggu setelah mengeluarkan bibit. Pemupukan dilakukan dengan menggali parit di sekitar tanaman pepaya. Kedalaman parit sekitar 5-10 cm, campuran pupuk ditempatkan di parit.

Masa Untuk Memanen Buah Pepaya

Budidaya pepaya biasanya dapat dipanen setelah satu tahun. Proses panen dapat dilakukan setiap seminggusekali. Produktivitas penanaman pepaya adalah antara 30 ton per hektar. Produktivitas ini tergantung pada kondisi iklim, varietas dan teknik budidaya.Buah pepaya yang dipetik harus mendekati tahap dewasa pohon. Fitur garis kuning pada kulit buah. Jika panen dipasarkan terlalu jauh, bisa dipetik lebih awal.

Demiakian sedikit pembahsan mengenai Cara Menanam pepaya semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya sampai berjumpa lagi di artikel berikut nya.

Budidaya Kopi Stek

Pak Guru
2 min read

Budidaya Jangkrik

Pak Guru
4 min read

Budidaya Timun

Pak Guru
5 min read