Cara Menanam Kacang Panjang

2 min read

Cara Menanam Kacang Panjang – Mendengar nama salah satu sayuran ini kita pasti sudah tak asing lagi dengan yang nama nya kacang panjang mari kita simak dalam artikel ini kita akan membahas cara menanam kacang panjang. pembahasan ini berfokus mengenai kacang panjang.

Setelah kemarin pakguru.co.id telah memberikan bahsan tentan Cara Menanam Tomat dan sekarang kita akan membahas mengenai cara menanam kacang panjang.

Apa itu Kacang Panjang?

Kacang Panjang adalah salah satu jenis kacang kacangan yang memiliki berbagai macam nama dan gizi yang sangat baik. Tumbuhan atau disebut juga Vigna Sinensis, diklasifikasikan dalam keluarga kacang-kacangan. Keluarga legum sering digunakan oleh masyarakat tanaman untuk memulihkan nitrogen di tanah

Di Sini kacang panjang dapat ditanam kapan saja akan tetapi, petani biasanya menanam tanaman ini saat hujan mulai turun, kecuali untuk sawah di musim hujan, ketika padi ditanam, tetapi hanya kacang panjang yang ditanam di musim kemarau. Agar tanaman ini dapat tumbuh subur, cobalah untuk melonggarkan tanah sehingga memiliki tanah longgar, sinar matahari langsung.

Cara Menanam Kacang Panjang

Jika keadaan lahan tanam mengandung banyak nutrisi, maka kacang panjang akan menjadi subur, tetapi produksi benih akan minimal. Ketika menanam tanah dengan kandungan hara maka tumbuhan ini sangat tidak subur, tetapi produksi benih berlimpah. Baca Juga : Cara Menanam Buah Naga

Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di berbagai jenis tanah, baik di ladang, bahkan di kebun Anda. Kacang adalah tanaman musiman dalam bentuk semak, mawar, dan bengkok. Daunnya terdiri dari tiga helai, sedangkan bunga kacang panjang,berwarna kebiruan, buah hijau dan bullfinch, memiliki bentuk. Itu Sedikit Pembahasan mengenai jenis kacang kacangan yang akan kita bahas nanti Cara Menanam Kacang Panjang.

Baca Juga :  Cara Menanam Cabe Hidroponik

Kacang panjang juga memiliki kualitas dalam masalah gizi dan protein dan disini kami tulis sebagian kualitas dan nutrisi :

  • Energi
  • Protein
  • Gendut
  • Karbohidrat
  • Vitamin A
  • Vitamin C

Berikut Proses dalam Menanam Kacang Panjang

Mari kita ikuti tahap demi proses mengenai Cara Menanam Kacang Panjang yang dimana proses dan tahapan ini sangat mudah dan kita yakit bisa mengikuti dan mempraktikan nya yuk kita simak beberapa tahapan nya di bawah ini :

A. Tersedia Lahan

Persiapkan lahan terlebih dahulu. Jika Anda memiliki lapisan cabai atau terong atau semangka, Anda tidak perlu membukanya.Anda dapat mulai menanam lubang pra-panen tanpa segera membuka mulsa plastik.Jika Anda mulai dari awal, kita harus melakukan metode mencairkan kembali dengan traktor atau bego dan kemudian membuat gundukan tanah lagi. Baca Juga : Budidaya Ikan Lele

B. Siapkan Pupuk

Buat penyemaian awal, tanaman tidak perlu menggunakan pupuk dasar dengan harapan akan menyerap sisa pupuk dari tanaman sebelumnya. Saat menyiapkannya terlebih dahulu, gunakan kotoran sapi, yang merupakan cacar air untuk pupuk dasar, dan kemudian taburi pupuk Fonska dengan bubuk kalsium dan semprotan pestisida. Ini mencegah larva ureter menginvasi tanah. Kemudian tanah ditutup dan tempat tidur terbentuk. Kemudian tutup tempat tidur dengan plastik mulsa untuk mengurangi pertumbuhan gulma di tempat tidur.

C. Proses Menanam Bibit

  • Untuk mendapatkan benih unggul, Anda juga bisa membuat benih sendiri. Caranya juga sederhana, Anda hanya perlu mengambil biji kacang tua. Setelah itu Anda bisa mengeringkannya terlebih dahulu dan hanya menanam kacang. Benar Tetapi bagaimana Anda memilih persediaan kacang panjang yang baik? Inilah langkah-langkahnya.
  • Bibit harus berasal dari tanaman induk yang memiliki sejarah yang baik, termasuk produksi kacang dalam jumlah besar. Selain itu, pertumbuhan tanaman juga baik dan tanaman kacang panjang dipanen berulang kali.
  • Juga, pastikan bijinya berasal dari kacang yang bebas dari hama, gulma, dan penyakit.
  • Untuk menentukan apakah biji kacang panjang baik atau tidak, Anda bisa merendamnya dalam wadah berisi air dan memilih biji yang tenggelam dan membuang biji mengambang.
  • Tekan biji kacang jika kuat dan tidak mudah pecah, maka kualitasnya cukup bagus.
  • Warna biji biasanya keras dan cerah, permukaan bibit juga datar dan tidak mudah menyusut.
Baca Juga :  Pestisida Organik

D. Proses Merawat Kacang Panjang

  • Proses merawat tanama ini yg perlu dikerjakan yaitu dengan mengaliri lahan yang sudah siapdiberi bibit tadi penyiramn dapat dilakukan dengan membasahi bidang tersebut. Setelah lahan dirasa sudah lembab, kemudian keluarkan air tersebut.
  • Ketika Tumbuhan diusia lima belas hari, waktu nya diberi pupuk tambahn.Dalam 1 hektar lahan yang akan digunakan untuk menanam bibit kacang panjang menghabisakan 15 ton pupuk kompos lalu didistribusikan di area perkebunan jika telah selesai maka bidang yang sudah di beri bibit kacang panjang tadi di tutup kembali supaya pupuk meresap kedlam tanh tadi.
  • Usai diberi pupuk tambahan,waktunya lahan tersebut diberi potongan pring dengan ukuran 1,5m yang memili lebr 3cm ayang sudah disiapkan yang akan dipakai si kacang panjang mermbat dan mengitri pring tadi. Baca Juga : Cara Budidaya Jamur Kuping

E. Proses Memanen Kacang Panjang

Proses dan cara memanennya denga petik dbagian pankal polong sampe lepas semua.Pemanenan dilakukan secara lengkap selama 2 kali dalam seminggu memanen kacang panjang sanagat baik dipagi hari. Dalam waktu seminggu memanen kacang panjang menghasilkan kuranglebih 25 ton.

Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang Cara Menanam kacang panjang semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita. 

Cara Budidaya Jamur

Pak Guru
6 min read

Daun Bawang Merah

Pak Guru
3 min read

Ular Tikus

Pak Guru
3 min read