Cara Menanam Jagung

4 min read

Cara Menanam Jagung – Jagung ialah tanaman model yang menarik, terutama di bidang biologi dan pertanian. Sejak awal abad ke-20, tanaman ini telah menjadi objek penelitian genetika intensif, dan membantu membentuk teknologi kultivar hybrid revolusioner. Dari segi fisiologi, tanaman ini tergolong tanaman C4 sehingga sangat efisien dalam memanfaatkan sinar matahari.

Apa Itu Jagung ?

Cara Menanam Jagung

Jagung adalah salah satu tanaman penghasil karbohidrat terpenting di dunia, selain gandum dan beras. Bagi penduduk Amerika Tengah dan Selatan, butiran jagung adalah makanan pokok, seperti bagi sebagian orang Afrika dan beberapa daerah di Indonesia. Saat ini, jagung juga menjadi komponen penting dari pakan ternak.

Ciri – Ciri Jagung

Sifat-sifat tanaman jagung atau bahasa morfologi jagung terlihat jelas dari bentuk fisiknya. Karena jagung adalah sejenis tanaman monokotil, sifat-sifatnya berhubungan dengan sifat-sifat tanaman monokotil. Karakteristik monokotil adalah yang paling khas dalam hal biji tunggal, karena mereka hanya memiliki satu insole, akar berserat, daun alternatif dan tanaman benih satu sisi. Tulang daun berbentuk paralel dan berbentuk pita. Dibawah ini adalah ciri-cir jagung :

1. Benih Jagung

Benih jagung berkeping tunggal.

2. Akar Jagung

Akar tanaman jagung memiliki akar serat dan dapat tumbuh sekitar 2 cm lebih banyak. Saat tumbuh tanaman ini, akar acak muncul.

3. Batang Jagung

Batang jagung tegak lurus terhadap batang.

4. Daun Jagung

Daun tanaman jagung berbentuk bujur dan sejajar dengan tulang daun ibu, memiliki permukaan yang halus dan berbulu.

5. Bunga Jagung

Tanaman jagung memiliki bunga betina yang terpisah (Diklin) dalam satu tanaman. Masing-masing bunga tanaman ini memiliki struktur unik yang disebut bunga. Dua toko bunga dan dibatasi oleh sepasang glumae. Di bagian atas tanaman adalah bunga jagung jantan. Serbuk sari jagung memiliki warna kuning dengan aroma khas, sedangkan bunga betina dari tanaman jagung tersusun di tongkol jagung.

Baca Juga :  Budidaya Kroto

Baca Juga : Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas

6. Tongkol Jagung

Tongkol jagung tumbuh dari sebuah buku yang berada di antara batang dan bagian tengah daun. Meskipun tanaman jagung memiliki sejumlah jelatang, tanaman ini umumnya hanya menghasilkan satu telinga yang produktif, tetapi tidak mengesampingkan kemungkinan menghasilkan dua telinga yang produktif.

Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Tubuh

Memakan jagung manis dapat memberikan kita dalam kesehatan badan dan pola pikir kita. Berikut adalah beberapa manfaat yang ada di dalam jagung yang lezat.

A. Meningkatkan Kesehatan Mata

Jagung kaya mengandung banyak antioksida yang meningkatkan daa lihat. Pixmen Zeaganthin terkandung dalam jagung manis melindungi mata dari penyakit seperti degenerasi makula. Jagung manis juga kaya akan beta-karoten dan asam folat, yang mencegah penglihatan kabur lainnya.

B. Meningkatkan Daya Ingat

Jika Anda sering melupakan hal-hal penting, mungkin ingatan Anda hilang. Jjagung manis dapat membantu Anda meningkatkan daya ingat. Jagung manis kaya akan tiamin dan vitamin B1. Selain itu, jagung manis juga meningkatkan daya ingat dan mencegah penyakit yang berkaitan dengan daya ingat.

Baca Juga : Cara Menanam Cabe Hidroponik

C. Mencegah Penyakit Jantung

Jagung kaya akan asam folat, yang dikenal sebagai vitamin B9. Vitamin ini membantu mengurangi asam amino dalam pembuluh darah tubuh. Peningkatan asam amino dapat menyebabkan masalah pada pembuluh darah, yang kemudian menyebabkan masalah jantung. Konsumsi Jagung mengurangi risiko masalah jantung dan mencegah kerusakan jantung.

D. Mencegah Kanker Paru-Paru

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa jagung manis dapat mencegah kanker paru-paru. Ada bahan kimia alami yang disebut cryptoxanthin dalam jagung manis yang, ketika diserap oleh tubuh, diubah menjadi vitamin A. Karena itu, zat ini mencegah perkembangan kanker paru-paru dan juga mencegah perkembangan kanker lainnya.

E. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Jagung kaya akan mangan, seng, dan tembaga. Ini membantu meningkatkan kekuatan otot dalam tubuh. Tidak hanya itu, zat ini juga menghilangkan rasa sakit akibat radang sendi pada wanita. Magnesium juga membantu mencegah mati rasa pada otot dan tubuh.

F. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Jagung manis diisi dengan protein dan vitamin C. Vitamin C memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, Vitamin C mencegah demam, masuk angin, dan flu. Protein dalam jagung manis baik untuk memberi energi pada tubuh.

Baca Juga :  Ikan Kakap

G. Mencegah Anemia

Jagung juga merupakan sumber zat besi yang baik. Karena itu, makan ubi jalar dapat membantu mengatasi anemia. Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa konsumsi ubi jalar selama satu bulan meningkatkan hemoglobin hingga 50 persen. Asam folat dalam jagung manis dapat membantu mengatasi anemia.

H. Menurunkan Kolesterol

Jika Anda memiliki masalah dengan kolesterol tinggi, jagung dapat membantu Anda menurunkan kolesterol tubuh Anda. Jagung tidak langsung juga mencegah penyakit jantung.

Proses Cara Menanam Jagung

Sebelum Anda tahu cara menanam jagung, Anda perlu tahu jenis jagung. Jagung memiliki beberapa varietas yang dapat Anda tanam. Contoh dari varietas ini adalah jagung bayi, jagung berwarna, jagung manis, jagung hibrida dan lainnya, sehingga Anda tidak terlalu kesulitan memilih bibit yang unggul untuk menghasilkan jagung berkualitas.

1. Pemilihan Bibit Jagung Berkualitas

Sebelum Anda tahu jenis jagung yang bisa Anda tanam, Anda perlu tahu cara memilih varietas benih jagung. Ini adalah prasyarat untuk pemilihan benih jagung, yang harus Anda penuhi sebelum membeli.

Sesuaikan benih yang Anda miliki dengan keadaan negara yang Anda miliki. Tidak masuk akal untuk membeli benih dan menanamnya. Inilah yang terkadang mematahkan antusiasme pemula ketika hasil panen tidak terlalu memuaskan.

Perkirakan jumlah benih yang Anda butuhkan di bidang Anda. Jangan mencoba membeli terlalu banyak benih.
Pada saat ini Anda tidak perlu takut untuk mencari benih yang baik, karena di toko pertanian sudah ada banyak varietas unggul benih jagung.

2. Pengelolaan lahan

Anda perlu tahu cara menanam tanah jika Anda ingin tahu cara menanam jagung. Ini diperlukan karena tanah tempat menanam jagung memiliki aturannya sendiri. Ada beberapa kondisi yang harus Anda penuhi untuk menanam jagung. Anda juga perlu menyiapkan terlebih dahulu agar tidak perlu repot menanam benih jagung.

Langkah Yang Di Lakukan Dalam Pengolahan Lahan :

  • Tanah harus mengandung nutrisi yang berlimpah dan subur
  • PH yang tepat untuk menanam jagung adalah antara 5,6 dan 7,7
  • Selama persiapan tanaman, tanah didistribusikan di sekitar pupuk organik.
  • Jika Anda memenuhi persyaratan untuk bertani, Anda bisa mendapatkan jagung yang berkualitas baik. Selain itu, jagung berkualitas baik dapat meningkatkan nilai penjualan tanaman Anda

3. Menanam Benih Jagung

Proses ini adalah inti dari penanaman jagung. Proses penanaman akan sangat berpengaruh untuk hasil yang diinginkan. Karena itu, Anda harus berhati-hati saat menanam jagung. Langkah-langkah – Langkah yang dapat Anda ambil untuk menanam jagung di negara Anda.

Baca Juga :  Ubi Jalar

Langkah – Langkah Menanam Benih Jagung Sebagi Berikut :

  • Buat gundukan di tanah Anda dan beri ruang antara 150 cm x 50 cm
  • Kedalaman tanam sedalam 3-5 cm
  • Dalam lubang dengan 2 jagung
  • Tutup lubang yang telah diberi biji lalu bilas.
  • Meskipun proses ini cukup sederhana, jika Anda bertindak secara tidak sengaja, Anda dapat menyebabkan hasil yang buruk atau gagal panen. Itu sebabnya Anda harus serius menanam benih jagung.

4. Pemeliharaan Tanaman Jagung

Jika Anda sudah menanam jagung, Anda harus memelihara tanaman jagung yang Anda miliki. Ada berbagai opsi untuk tanaman jagung yang direkomendasikan untuk Anda. Jika Anda berhasil merawat tanaman ini, Anda tentu dapat menghasilkan tanaman jagung berkualitas tinggi.

Ini adalah jenis perawatan yang perlu Anda perhatikan.

A. Penjarangan

Penjarangan Ini sangat penting bagi Anda untuk memperbaikinya. Jangan terlambat Anda hanya punya 1 minggu untuk menjahit
Anda harus menyelesaikan langkah ini karena ini adalah fase kontrol sistem. Anda bisa melakukan penjarangan jika jagung berumur 1 minggu.

B. Pembubunan

Langkah ini pada dasarnya menggali selokan di antara tempat tidur. Ini untuk mencegah tanaman jagung mudah rontok dan membuat jagung lebih stabil.

C. Pemupukan dan irigasi,

Proses ini sangat penting karena berguna untuk penambahan nutrisi dan kesuburan tanah. Jika Anda melakukan kegiatan ini dengan hati-hati, Anda bisa mendapatkan tanaman yang cukup besar.

D. Pencegahan Hama Dan Penyakit

Untuk mencegah hama tanaman, Anda dapat membersihkan tanaman dari gulma atau gulma.
Jika Anda bertanggung jawab penuh untuk itu, Anda juga akan mencapai hasil maksimal. Gunakan waktu Anda untuk merawat jagung sebelum Anda memanen jagung. Lakukan secara teratur agar jagung Anda memiliki kualitas terbaik.

Masuk Masa Panen

Panen adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan jika Anda sudah mencoba segalanya untuk tanaman jagung Anda. Anda dapat memilih tujuan panen sehingga Anda tidak perlu repot memanen. Namun, disarankan untuk tidak memanen terlalu lama karena hasil yang diperoleh di bawah maksimum dan akan mempengaruhi panen berikutnya. Setelah panen, Anda harus melakukan kegiatan pasca panen, seperti Misalnya, kupas kulit jagung sebelum Anda menjual atau memprosesnya. Anda juga bisa menjadikan benih sebagai indikator. Ketika biji jagung baik untuk panen. Kemudian panen jagung segera.

Demikian Sedikit Pembahsan Cara Menanam Jagung Yang Kami berikan semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya ,,

Cara Menanam Seledri

Pak Guru
2 min read

Cara Menanam Daun Bawang

Pak Guru
2 min read

Budidaya Belut

Pak Guru
3 min read