Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas

4 min read

Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas – Penggunaan teknik hidroponik dalam hortikultura sering dipraktikkan oleh banyak orang dari berbagai bagian negara, termasuk Indonesia. Jumlah teknik hidroponik tumbuh setiap tahun, karena mereka tahu potensi besar budidaya tanaman melalui penggunaan negara yang sempit ini.

Hidroponik dapat dilakukan sendiri, termasuk mereka yang awam di dunia pertanian, artikel menanam dalam budaya hidroponik, siapa pun dapat memilih metode pertanian sesuai keinginan mereka, ada banyak cara untuk menanam hidroponik, selain hidroponik dengan paralon, botol bekas juga bisa digunakan.

Kultur hidroponik sangat mudah. Anda dapat mulai menggunakan bahan-bahan yang tidak digunakan di rumah. Misalnya, Anda dapat menggunakan bahan yang tahan air, mis. B. menggunakan botol plastik sebagai wadah. Botol plastik sangat kuat dan bagus karena dapat tahan terhadap kondisi terpapar.

Air tahan lama, botol plastik ini juga memiliki masa simpan yang lama, dapat digunakan berulang kali, selain itu, botol plastik sangat mudah dan murah untuk tumbuh, serta menumbuhkan hidroponik Botol bekas untuk semua orang sangat mudah.

Jika Anda ingin belajar hidroponik di rumah, Anda dapat mencoba membangun negara hidroponik dengan botol bekas. Berikut adalah panduan untuk menumbuhkan hidroponik dengan botol bekas yang mudah dipraktikkan.

Apa itu Hidroponik?

Hidroponik Dengan Botol Bekas

Hidroponik adalah istilah dari pertanian yang semakin populer akhir-akhir ini. Saat ini, banyak orang menggunakan hidroponik sebagai hobi untuk mengisi kekosongan. Hidroponik sendiri adalah teknik penanaman yang menggunakan air sebagai pengganti tanah. Teknik ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman.

Meskipun kultur hidroponik adalah teknik penanaman berbasis air, jumlah air yang diperlukan untuk teknik hidroponik ini kurang dari jumlah air yang digunakan untuk pengelolaan media tanah dan, oleh karena itu, teknik hidroponik sering digunakan untuk menumbuhkan tanaman di daerah di mana terlalu banyak, Anda juga bisa menggunakan teknik ini untuk menghemat konsumsi air.

Karena alasan ini, teknologi pertumbuhan Hdiroponik semakin diminati, terutama di daerah-daerah dengan pasokan air rendah. Teknik hidroponik ini membantu Anda menghemat air dan mengonsumsi air. Adalah baik jika air yang digunakan bukan air biasa, karena itu bukan air biasa, akan memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman hidroponik,

Baca Juga :  Cara Budidaya Jamur

air dalam teknik budidaya hidroponik akan dicampur dengan bahan-bahan lain, seperti nutrisi, memaksimalkan pertumbuhan tanaman dukungan. Singkatnya, dapat dikatakan bahwa air yang digunakan dalam media hidroponik juga bisa disebut cairan nutrisi.

Baca Juga : Cara Menanam Bawang Putih

Nah, kali ini akan menjelaskan cara menanam hidroponik dengan menggunakan botol bekas untuk menanam tanaman. Kelebihan metode ini adalah biayanya yang cukup terjangkau dan prosesnya sangat sederhana.

Beberapa Jenis Tanaman Hidroponik

Secara umum, tanaman yang dapat mencapai hasil yang baik dengan metode pertanian hidroponik adalah tanaman sayuran daun.

Berikut ini beberapa contohnya :

  • Sawi Hijau

Green mustard adalah salah satu tanaman pasar yang diperlukan untuk pasar yang menemukan semakin banyak pengikut. Oleh karena itu, banyak petani mempertimbangkan bagaimana menanam mustard dalam jumlah besar tanpa perlu lahan yang luas. Jadi Anda bisa menanam menggunakan metode Hodroponic, aspek mustard. Mustard cocok untuk penaburan hidroponik.

  • Green Slade

Tanaman dapat ditanam di daerah beriklim sedang atau tropis karena tidak ada cukup petani untuk menanam vegetasi hijau sesuai dengan metode Hodrponik.

Baca Juga : Cara Menanam Cabe Hidroponik

  • Kacang

Tanaman ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang luar biasa, seperti protein nabati, vitamin A, vitamin B dan vitamin C. Tanaman ini mudah tumbuh, sehingga tanaman tersebut dapat diperoleh secara hidroponik.

  • Pare

Kultur selanjutnya adalah pare, tanaman ini menanam anggur dan buahnya berwarna hijau. Manfaat vitamin sangat banyak, termasuk vitamin A, vitamin C, fosfor dan zat besi. Karena itu, banyak petani diperlakukan secara hidroponik.

  • Bayam

Bayam adalah salah satu sayuran hijau yang sering kita temukan di berbagai daerah di Indonesia, terutama di setiap warung. Bayam tidak hanya mengandung vitamin, tetapi juga magnesium, protein, kalsium, asam folat dan serat.

Sebelum mulai menanam tanaman hidroponik, Anda harus membiasakan diri dengan fase budidaya tanaman hidroponik. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk menyiapkan produksi tanaman hidroponik dalam botol.

Baca Juga :  Cara Menanam Kangkung

Beberapa Langkah Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas

  • Sediakan botol air mineral kosong yang telah disediakan. Semakin besar botol, semakin banyak tanaman yang dapat anda tanam.
  • Potong botol lama satu demi satu ke dalam dua bahagian, dengan bahagian atas sedikit lebih pendek daripada bahagian bawah botol.
  • Letakkan lubang dalam topi botol, lubang dalam fungsi cap botol seperti anak lembu.
  • Buat lubang kecil di bahagian bawah botol untuk menguras air terlalu banyak. Juga membuat lubang di sebelah topi botol.
  • Masukkan sumbu ke dalam topi botol yang anda berikan lubang dan ganti topi botol.
  • Selepas mengisi makanan cecair dalam botol, keperluan pemakanan tumbuhan dilindungi oleh makanan cair yang naik melalui telaga. Sumbu itu terletak di bahagian bawah botol, supaya nutrien dapat diserap secara optimal hulu.
  • Apabila selesai, letakkan botol di tempat yang tidak terdedah kepada hujan. Walau bagaimanapun, kerja mesti terdedah kepada cahaya matahari langsung. Apabila tidak terdedah kepada cahaya matahari, terdapat risiko tumbuh-tumbuhan menjadi etiologi.

Cara Membuat Hidroponik dengan Mudah

  • Ketika benih siap dipindahkan dari media benih ke media tanam, nutrisi hidroponik harus segera disediakan, dalam sistem budidaya hidroponik yang dikenal sebagai nutrisi dalam kasus AB MIX, AB MIX dapat dijual di pertanian atau toko online, beberapa dalam bentuk bubuk, beberapa sudah dalam bentuk cair, jika Anda membelinya dalam bentuk bubuk, baca instruksi tentang cara melarutkannya, biasanya termasuk dalam paket.
  • Ada berbagai jenis AB MIX, untuk sayuran, pastikan untuk membeli AB MIX Leaves (daun sayur), kecuali jika nanti Anda menanam pohon buah, AB MIX juga harus disiapkan khusus untuk buah-buahan, AB MIX terbuat dari 2 larutan cairan terpisah, A dan Solusi B, kedua larutan nutrisi ini adalah larutan pekat yang dalam penggunaannya kemudian harus dicampur lebih lanjut dengan air.

Ukuran pencampuran adalah sebagai berikut :

  • 5 ml larutan
  • 5 ml larutan B.
  • 1 liter air
  • Campurkan ketiga bahan di atas bersama-sama, lalu aduk hingga tercampur, nutrisi siap digunakan.

Baca Juga : Cara Budidaya Jamur Merang

Kiat Menanam Hidroponik yang Berhasil dengan Botol Bekas

Berikut adalah beberapa petua hebat untuk mengangkat hidroponik dengan botol yang perlu anda ketahui:

  • Untuk tumbuh-tumbuhan yang tumbuh dengan botol di kawasan tertutup atau tertutup, letakkan botol berhampiran tingkap kaca yang jelas atau gunakan fotosintesis.
  • Oleh sebab media pembangunan akar sangat terhad, anda bukan sahaja perlu menambah baja ke zon akar, tetapi juga menyembur baja organik di daun dan batang tumbuhan supaya ia dapat diserap oleh tumbuhan untuk mengimbangi keperluan nutrien tumbuhan.
  • Gunakan ZPT untuk mempercepatkan tumbuhan. Nota-nota sepatutnya seimbang dengan pengambilan baja yang mencukupi
  • Jika anda fikir tumbuhan terlalu besar dan botol tidak sesuai untuk menutup kereta, anda boleh memindahkan tumbuhan atau botol lain. Walau bagaimanapun, anda harus berhati-hati untuk tidak merosakkan tumbuhan di dinding dan bahagian bawah botol dan menanamnya dengan sebotol di dalam periuk yang lebih besar.
  • Mahu melihat tumbuhan yang menggunakan kaedah hidroponik? Sebagai permulaan, cara hidroponik dengan botol yang digunakan, sebagai tambahan kepada yang murah, supaya mereka mudah digunakan.
  • Walau bagaimanapun, jika anda yakin dan stabil, anda boleh membeli peralatan dan sistem hidroponik. Kos pelaburan awal agak tinggi. Walau bagaimanapun, jika berjaya, pendapatan akan sepadan dengan dana yang telah anda gunakan.
Baca Juga :  Cara Menanam Bawang Putih

Cara Memanen Tanaman Hidroponik

Waktu panen tergantung pada jenis tanaman yang Anda tanam, namun secara umum, sebagian besar tanaman sayuran berumur pendek dapat dipanen 30-45 hari setelah semai, ketika sayuran siap panen kemudian segera memanennya dengan memotong atau menarik tanaman. dari media rockwool adalah keuntungan hidroponik dalam pertanian.

Lakukan dengan hati-hati agar tidak merusak sayuran, setelah panen, simpan panen di tempat yang teduh agar tetap segar, yang sebelumnya, teknik penanaman dengan cara hidroponik sederhana, metode hidroponik adalah salah satu bentuk budidaya di zaman modern. pertanian, di mana panen yang diperoleh akan lebih bersih dan juga lebih segar, higienis dan sehat, tentu saja ini juga salah satu alternatif untuk tetap bertani meski dengan ruang terbatas.

Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang  Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Bekas , semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita.

Budidaya Kroto

Pak Guru
3 min read

Cara Menanam Seledri

Pak Guru
2 min read

Cara Menanam Daun Bawang

Pak Guru
2 min read