Cara Menanam Bawang Merah

2 min read

Cara Menanam Bawang Merah – Kami menemukan tanaman bawang menjadi salah satu rempah wajib di setiap hidangan, maka pada pembahasan kali ini kami akan membagikan tentang bawang merah, langsung saja …

Daftar Isi :

Apa itu Bawang Merah?

Bawang Merah merupakan salah satu tanaman yang termasuk kedalam umbian tanah, dan juga tanaman yang memiliki perakaran yang serabut di bagian pangkal umbi.

Tanaman bawang merah ini diduga berasal dari Asia Tenggara yang menyebar luas keberbagai wilayah dan juga tempat lainnya, bawang merah ini biasanya digunakan sebagai bumbu atau tambahan masakan yang bertujuan untuk memberikan cipta rasa khusus dalam masakan tersebut.

Secara umumnya, bawang merah ini juga merupakan salah satu tanaman yang memiliki kandungan dan senyawa yang sangat tinggi, sehingga di zaman dahulu hingga sekarang banyak menggunakan bawang merah ini sebagai bahan herbal dan juga tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit serta menyehatkan kesehatan tubuh.

Bagian Bagian Yang Terdapat Bawang :

Cara Menanam Bawang Merah

Bagian Akar

  • Bawang akar ini memiliki akar dangkal dan juga bercabang, dengan kedalaman di tanah mencapai 15-30 cm dan tumbuh di sekitar umbi bawang.

Bagian Tangkai

  • Batang bawang merah memiliki batang sejati yang disebut irisan. Ini memiliki bentuk yang hampir seperti cakram, tipis dan juga pendek untuk menempelkan akar dan kuncup. Sementara bagian atas disc ini berisi pseudo-stem yang terdiri dari tangkai daun dan pseudo-stem, ia terletak di tanah dan juga cocok sebagai bawang.

Baca Juga : Cara Menanam Buah Naga

Bagian Daun

  • Bawang merah memiliki bentuk silinder kecil yang memanjang lebih dari 50-70 cm, lubang di tengah dan pangkal daun runcing. Bawang hijau ini berwarna hijau agak gelap, dan posisi daun ini adalah melakat pada batang yang memiliki ukuran pendek.
Baca Juga :  Budidaya Kopi Stek

Bagian Bunga

  • Bunga bawang merah ini memiliki panjang 30-90 cm dan juga memiliki pangkal ujung kuncup bunga, yang hampir seperti payung. Selain itu, bunga tanaman ini terdiri dari 5-6 kelopak putih, 6 benang sari hijau hingga kuningan kekuningan dan memiliki 1 sel stempel dan sel telur, yang memiliki bentuk segitiga. Bunga bawang merah ini juga merupakan salah satu bunga yang sempurna dan juga dapat diserbuki.

Bagian Buah dan Biji

  • Bawang merah Caterpillar yang memiliki pangkal ujung tumpul luka di biji 1 sampai 2 butir, kecuali bahwa biji ini memiliki warna agak datar, jernih dan juga sedikit keputihan, kecoklatan hingga kehitaman. Namun, untuk perbanyakan benih bawang merah, tindakan generatif dapat diambil

Baca Juga : Cara Menanam Bawang Putih

Langkah Dan Proses Menanam Bawang Merah

  1. Siapkan Lahan Nya
  • Kemudian pilih area yang telah terpapar matahari selama lebih dari 12 jam karena bawang merah membutuhkan matahari dan suhu 32 derajat Celcius.
  • Persyaratan berikutnya adalah tingkat pH tanah harus 7, karena bawang sedang dalam proses menumbuhkan lebih banyak makanan
  • Tekstur tanah adalah salah satu syarat untuk pertumbuhan bawang maksimum, misalnya tanah yang dikeringkan dengan baik.
  • Yang perlu Anda perhatikan di waktu berikutnya adalah sekitar 70% kelembaban tanah

2. Masukkan Biji Bawang

  • Saat Anda menanam bawang, yang harus Anda lakukan adalah menanamnya di dalam tas. Dalam polybag biasanya 3 biji dan span satu sama lain sekitar 4 cm.

3.Bawang Ditanam

  • Pada langkah selanjutnya Anda hanya perlu mengekstrak biji bawang untuk tumbuh sepenuhnya. Saran kami adalah menyediakan 1 gram pupuk untuk polybag.

4. Penyiraman Bawang

  • Cara selanjutnya menumbuhkan bawang adalah air. Dalam proses ini, Anda hanya perlu menyirami bawang dua kali sehari karena tidak kering dan tidak dapat bertahan hidup di genangan air.
Baca Juga :  Cara Menanam Kentang

5. Menyediakan obat herbal

  • Selain itu, Anda harus menyediakan obat-obatan herbal untuk tanaman bawang untuk menghindari berbagai hama perusak, karena jika hama dibiarkan sendiri, gabahnya rusak sehingga gagal panen dapat terjadi.

Baca Juga : Cara Menanam Tomat

6. Mengatasi Hama Dari Tanaman Bawang

  • Cara berikutnya untuk menumbuhkan bawang adalah dengan mengendalikan hama, karena ada banyak hama yang memakan bawang, tetapi beberapa di antaranya berbahaya bagi manusia, ular.
  • Pengendalian hama ini dapat dilakukan secara manual atau ditanam. Jika bawang bombay kecil, yang terbaik adalah menggunakan metode manual dengan cepat dan menghapus ulat. Jika bawang Anda besar, sebaiknya jebakan.

7.Saatnya Memanen Bawang Merah

  • Cara terakhir menanam bawang merah adalah proses panen. Anda dapat memanen tanaman bawang jika memenuhi beberapa kriteria, termasuk daun kuning, batang yang terbakar / kosong dan umbi-umbian dengan bawang merah.
  • Kegiatan ini sering ditunggu oleh petani, karena mereka akan segera menghasilkan uang.
  • Sebelum memanen bawang, ada beberapa hal yang perlu diingat, termasuk bawang yang berumur lebih dari 60 hari sejak penanaman, daun kuning, batang kosong, dan batang yang biasanya gugur.

Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang Cara Menanam Bawang Merah semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita. 

SELAMAT DATANG
Selamat Membaca Artikel yang Kami Bagikan, Semoga Dapat Membantu, Kritik dan Saran Silahkan Hubungi Kami [email protected]