Cara Mempercepat Jaringan Wi-Fi

3 min read

Cara Mempercepat Jaringan Wi-Fi menjadi solusi bagi pengguna yang tidak memiliki kouta atau data paket. Hospot menjadi solusi agar dapat mempercepat sebuah jaringan.

Jaringan Wi-Fi

Wi-Fi

Jaringan Wi-Fi – ialah sebuah perangkat elektronik harus berada dalam titik sebuah akses jaringan nirkabel (hotspot) untuk terhubung ke Wifi. Dalam jaringan wifi, titik akses biasanya mempunyai jangkauan sehingga 20 meter di dalam ruangan, dan beberapa bahkan lebih jauh untuk WiFi luar ruangan.

Baca Juga : Perangkat Jaringan Komputer

Wifi merupakan teknologi sebagai bertukar data yang menggunakan gelombang radio (secara nirkabel) menggunakan berbagai perangkat elektronik. Perangkat elektronik yang dapat diperlukan seperti komputer, tablet, smartphone, atau bahkan video game konsol sebagai terhubungnya kedalam sebuah jaringan komputer, termasuk Internet, yaitu melalui Wi-Fi.

Fungsi Wi-Fi

Berikut adalah beberapa fungsi dari sebuah Wi-Fi:

  • Pertukaran Data antar Perangkat
    Contohnya, Anda memiliki dua sebuah perangkat elektronik dan ingin mentransfer sebuah data salah satunya ialah ke perangkat lain. WLAN dapat digunakan sebagai ini, hingga tidak perlu lagi kabel data dan pekerjaan menjadi lebih praktis dan efisien.
  • Menghubungkan Perangkat Ke Jaringan
    Berbeda dengan pengguna sebuah jaringan kabel LAN terbatas, Wifi dapat digunakan sebagai banyak komputer tanpa harus menambah jumlah kabel. Dengan cara ini, Wifi memudahkan banyak pengguna untuk terhubung ke jaringan secara bersamaan.
  • Kecepatan Internet Lebih Cepat
    Ini tentu bisa dipahami oleh pengguna smartphone. Tidak seperti akses Internet yang cepat dan terkadang lambat melalui jaringan seluler, yang tergantung pada keberadaan sinyal, kecepatan akses Internet melalui
    Wi-Fi biasanya lebih terjamin.
  • Modem Dari Smartphone
    Bahkan, dengan Wifi, smartphone dapat terhubung ke Internet, sehingga pengguna tidak lagi memerlukan paket data berbayar. Tapi itu belum semuanya, jika ponsel cerdas Anda mendukung perangkat nirkabel, Anda bisa mengatur ponsel cerdas sebagai modem.
Baca Juga :  Teknik Komputer Dan Jaringan (TKJ)

Ini sangat berguna bagi Anda jika akan bepergian ke tempat-tempat di mana Wi-Fi tidak tersedia. Jika Anda memiliki banyak paket data dan Anda ingin mengakses Internet melalui laptop, misalnya, Anda dapat menggunakan ponsel cerdas Anda sebagai modem yang menggunakan sinyal wifi untuk terhubung ke laptop.

Baca Juga : Pengelolaan Server Jaringan

Beberapa Alasan Untuk Jaringan Wi-Fi Yang Lambat

  • Posisi Router Nirkabel Tidak Cocok
    Kemudian periksa kembali apakah Anda telah meletakkan router di posisi yang tepat atau tidak.

    Bahkan, ada beberapa posisi terlarang di mana router dapat ditempatkan, termasuk di lantai, di ruang tertutup, dekat jendela dan di dekat perangkat elektronik lainnya.

    Dimulai dengan penyebaran sinyal Wi-Fi yang tidak optimal, hingga medan elektromagnetik yang terganggu dari barang elektronik lainnya, ini dapat menyebabkan jaringan Wi-Fi menjadi lambat.
  • Kabel LAN Tidak Terhubung
    Dapat memeriksa kondisi fisik router dan kabel LAN yang akan digunakan.

    Periksa apakah kabel LAN dipasang dengan benar atau tidak, apakah penempatannya benar atau tidak, dan mungkin putus.
  • Terlalu Banyak Pengguna WiFi
    Hal ini sangat sering terjadi ketika akan menggunakan jaringan Wi-Fi publik yang ada pada tempat umum misalnya restoran, kantor, dan pusat perbelanjaan.

    Kemungkinan terlalu banyak pengguna Wi-Fi akan memperlambat kecepatan Internet saat akan menggunakannya.

    Sangat disarankan agar dapat menggunakan jaringan Wi-Fi yang dikunci dengan kata sandi untuk memastikan kualitas Internet dan mencegah kelambatan.
  • ISP Bermasalah
    Sebuah jenis ISP memiliki masalah yang jelas, yang perlu dapat lakukan yakni menunggu perbaikan atau menghubungi sebagai informasi lebih lanjut.
  • Unduhan Dengan Kapasitas Besar
    Terutama jika banyak pengguna melakukan proses pengunduhan dalam skala besar, contohnya permainan, film, lagu atau lainnya.
Baca Juga :  Pengertian VGA

Cara Mempercepat Jaringan Wi-Fi

Mempercepat Jaringan Wi-Fi

Baca Juga : Pengertian Jaringan Komputer

  • Perbarui Router Firmware
    Cara mudah sebagai mempercepat sebuah koneksi Wi-Fi ialah dengan memperbarui firmware router. Perusahaan router biasanya memperbarui perangkat lunak untuk membuat koneksi nirkabel lebih cepat.
  • Tempatkan Router Di Lokasi Yang Optimal
    Perute tidak terlihat bagus sebagai ruangan, akan tetapi tidak boleh menyembunyikan perute di lemari atau di dekat jendela tempat kabel tersambung. Sebagai mendapatkan kecepatan Wi-Fi maksimum.
  • Jauhkan Dari Perangkat elektronik
    Banyak orang menempatkan router mereka di dekat televisi atau telepon, meskipun ini dapat memengaruhi sinyal Wi-Fi. Tempatkan router sejauh mungkin dari perangkat elektronik seperti speaker, televisi, monitor, atau AC.
  • Buat Antena DIY
    Ada beberapa trik DIY yang dapat dilakukan untuk mempercepat koneksi Wi-Fi Anda. Salah satunya yakni membuat antena dari kaleng soda. Metode ini merupakan memotong bagian atas dan bawah kaleng dan memotong kaleng di tengah untuk membuatnya menjadi lembaran.
  • Tinggal Jauh Dari Perangkat Nirkabel
    Sinyal Wi-Fi dapat diblokir oleh sebuah perangkat nirkabel seperti speaker Bluetooth dan monitor.
  • Ganti Saluran
    Router WiFi dapat berfungsi pada banyak saluran, dan Anda menginginkan saluran yang lebih tenang dan kurang digunakan.
  • Nyalakan Kembali Router
    Restart rutin router merupakan cara mudah sebagai meningkatkan kecepatan nirkabel di rumah. Jangan hanya me-restart router jika hanya berpikir koneksi
    Wi-Fi lambat, tetapi atur jadwal otomatis hingga router dapat di restart sekali sehari atau seminggu.

Baca Juga : Jaringan Internet

  • Ubah Router Yang Sudah Ketinggalan Zaman
    Jika dapat menggunakan router lama yang menggunakan standar 802.11n, contohnya, bandwidth router relatif rendah.
  • Ubah Pengaturan Ponsel Cerdas
    Jika akan menggunakan smartphone Android, terutama Xiaomi, dapat dengan mudah mempercepat koneksi
    Wi-Fi tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan. Untuk membuka aplikasi Pengaturan dan pilih opsi Wi-Fi.
  • Gunakan Kata Sandi
    Wi-Fi, yang akan dilindungi dengan kata sandi, pasti akan menghindari tetangga nakal yang ingin bepergian dengan Wi-Fi gratis. Pastikan juga kata sandi dapat menggunakan enkripsi WPA2 sebagai mempersulit orang lain untuk dapat memecahkannya.
Baca Juga :  Sistem Operasi Apple IOS

Demikian artikel yang dapat kamu buat tentang Cara Mempercepat Jaringan Wi-Fi. semoga bermanfaat bagi Anda.

Pengertian RAM

Ika Evitasari
2 min read