Budidaya Timun

5 min read

Budidaya Timun – Dalam menanam timun dibutuhkan keahlian kusus untuk merawat nya agar bisa bertahan dengan ganas nya iklim dan serangan penyakit. Timun juga dapat membaik. Tanah memiliki kondisi yang baik.

Apa Itu Timun ?

budidaya timun

Timun adalah tanaman yang mampu beradaptasi dengan iklim yang berbeda. Menanan timun dalam tropis.

Manfaat Timun Bagi Tubuh Kita

Selain Budidaya Timun, diyakini bahwa biji mentimun juga bisa meredakan sakit tenggorokan. Caranya, cukup dengan mencampurkan biji mentimun dengan sedikit garam dan berkumur beberapa kali sehari.

Berikut adalah beberapa manfaat mentimun yang baik untuk kesehatan Anda, termasuk :

A. Mengatasi pembengkakan di sekitar mata

Manfaat mentimun yang paling terkenal adalah kemampuan mereka menghadapi mata bengkak. Mata bengkak karena kurang tidur atau terlalu banyak bekerja pada komputer. Caranya, potong mentimun menjadi irisan tipis dan letakkan di kedua mata, berbaring selama 15 menit.

B. Pemeliharaan kesehatan ginjal

Mentimun mengandung silikon, fluor, dan kalium serta rendah kalori. Karena itu, manfaat mentimun dapat membantu merangsang ginjal untuk membuang sisa metabolisme dan timbunan lemak dalam tubuh.

Cara memanfaatkan mentimun itu mudah, yaitu dengan mengonsumsi jus mentimun segar. Lakukan ini setiap hari sampai perut telah menyerap mentimun cair.

C. Membantu tubuh tetap terhidrasi

Keuntungan lain dari mentimun adalah mereka memberikan kelembaban pada tubuh. Mentimun mengandung 95,2 persen air, yang berarti bahwa 5 ons porsi mengandung 4,8 ons atau 150 mililiter air. Ini berarti bahwa sekitar 26 persen dari asupan air harian Anda telah ditanggung oleh mentimun.

Jika Anda bosan dengan air, Anda juga bisa memasukkan potongan mentimun ke dalam botol air Anda, seperti air infus. Dengan cara ini, rasa ekstra mentimun membuat Anda minum lebih banyak air.

D. Menjadi pelindung tulang

Mentimun adalah sumber vitamin K yang baik. Satu cangkir mentimun mengandung 22 persen dari tunjangan harian yang direkomendasikan untuk vitamin K. Vitamin ini sangat penting untuk kesehatan tulang, karena asupan rendah vitamin K dikaitkan dengan risiko patah tulang yang lebih tinggi. Vitamin K juga penting untuk meningkatkan penyerapan kalsium dalam tulang.

Baca Juga :  Cara Menanam Tomat

E. Mencegah sembelit

Mentimun mengandung banyak air dan kulit mentimun mengandung serat yang tidak larut. Air mentimun dan serat dapat membantu mencerna makanan lebih cepat dan lebih muda, yang pada gilirannya membantu mencegah sembelit.

F. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Berisi lignan dan cucurbitacun. Manfaat mentimun yang bermanfaat bagi kesehatan adalah kemampuan melindungi tubuh dari kanker. Faktanya, satu penelitian menemukan bahwa salah satu dari mentimun yang dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat adalah flavonoid fisetin.

G. Menurunkan tekanan darah atau hipertensi

Karena kandungan potasiumnya, mentimun dipercaya dapat menurunkan tekanan darah karena kalium dapat mengatur jumlah garam dalam ginjal. Bagi Anda dengan tekanan darah tinggi, biasanya ada kadar natrium yang tinggi di dalam tubuh.

Kadar natrium yang tinggi menyebabkan kadar air dalam tubuh tidak seimbang, yang menyebabkan peningkatan tekanan darah. Untuk menetralkan ini, tubuh membutuhkan kalium yang cukup. Tetapi banyak orang tidak mendapatkan cukup potasium setiap hari.

Untuk mengimbangi kadar natrium dalam ginjal, Anda harus mengonsumsi air mentimun secara teratur. Dengan mengonsumsinya, Anda mempertahankan tekanan darah yang stabil. Bahkan, air mentimun juga mampu menjaga bekuan darah dengan baik.

H. Membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda yang menjalankan program penurunan berat badan, suntikan yang bisa dicoba adalah mentimun. Jus atau air mentimun membantu mengurangi kalori dalam tubuh Anda.

Jika Anda lapar dan ingin makan sesuatu, itu bukan hanya karena kekurangan makanan, itu juga menunjukkan bahwa tubuh Anda sudah kehabisan cairan.

Minuman air mentimun membantu Anda merasa lebih kenyang dengan kadar kalori sangat rendah. Jika Anda lapar setelah minum air, Anda hanya haus.

I. Baik untuk wanita hamil

Kandungan vitamin C, B1, B3, B2, zat besi, seng dan asam folat pada mentimun dapat mendukung perkembangan janin di dalam rahim. Selain itu, kandungan kolagen dalam mentimun juga akan membantu mengurangi selulit di lambung sebagai salah satu efek kehamilan.

J. Perawatan kulit

Jika Anda memiliki kulit yang cenderung berjerawat, Anda mungkin bisa menggunakan masker mentimun. Manfaat mentimun dapat bermanfaat bagi kulit karena mengandung vitamin B5, yang sering digunakan untuk menghilangkan jerawat.

K. Membantu mengeluarkan racun dari tubuh

Ketimun memiliki sifat diuretik atau dapat memicu produksi urin. Dengan cara ini, bakteri, racun, dan metabolit semakin terstimulasi untuk keluar dari tubuh melalui urin. Metode ini juga disebut detoksifikasi. Tubuh menjadi lebih segar karena bebas dari berbagai polutan dan racun

Ciri – Ciri Tanaman Timun.

Setelah kita melihat manfaattimun yang sangat baik buat kesehatan kita dan bisa juga di gunakan menjadi obat berikut ini ciri timun yang berkualitas baik

Baca Juga :  Budidaya Jamur Kancing

Bentuk daun manunggal dan berjarak memiliki tanggai yang panjang panjang, bulat telur bulat, berbentuk 3 -7er, dengan dasar berbentuk hati, ujung runcing, margin bergerigi.
Panjang 7-18 cm, lebar 7-15 cm, hijau. Bunganya adalah bunga putih jantan dan betina yang terlihat seperti terompet.

Mentimun berbentuk bulat panjang, tumbuh tergantung, memiliki warna hijau dengan outflow putih kekuningan, kuning tua yang kotor, panjang 10-30 cm, dasar bintil mengandung banyak cairan. Banyak biji, bentuknya lonjong meruncing.

Langkah – Langkah Budidaya Timun

1.Menyiapkan Bibit Timun

Menanam Timun juga dengan biji. Untuk mendapatkan biji yang baik, Anda harus memilih pangkal mentimun kecil, Diamkan mentimun matang di pohon. Setelah terlihat, busuk buahnya dan biarkan selama semalam. Keesokan harinya buah itu terbelah dan bijinya dihilangkan.

Kemudian peras inti mentimun di bawah membran yang menutupi mereka menghilang. Lalu membran, campurkan abu halus pada biji. Sortir biji saat diayak. Pilih benih yang tenggelam dan tidak tersapu oleh air. Kemudian biarkan biji mentimun mengering selama 2 hari. Setelah pengeringan, benih harus dikemas dalam botol kaca bersih. Simpan benih selama 1-2 bulan sebelum menggunakannya untuk membersihkan fase istirahat. Biji yang disimpan dengan baik dapat disimpan hingga satu tahun.

Sehari sebelum menanam mentimun, siapkan benih dengan menempatkannya dalam air hangat selama 3-5 jam dan kemudian masukkan ke dalam kain basah. Setelah 2 hari, benih biasanya tumbuh dari biji dan biji mentimun dapat ditanam.

Bajak dulu atau putar tanah sedalam 20-30 cm. Dalam kondisi tanah dengan pH kurang dari 6, tergantung pada keasaman tanah, 1 hingga 2 ton dolomit per hektar ditambahkan. Campur dengan tanah dan diamkan selama 1-2 minggu.

2. Persipkan Lahan

Buat bedengan dengan lebar 1 meter, tinggi 20-30 cm dan panjang yang dibutuhkan. Jaga jarak 30 cm di antara tempat tidur. Tutupi tempat tidur dengan mulsa plastik. Penggunaan mulsa plastik berfungsi untuk menjaga kelembaban tanah, karena mentimun sebaiknya ditanam di musim kemarau pada paparan penuh. Namun, zona akar mentimun harus tetap lembab. Budidaya Timun.

Buat lubang tanam pada permukaan mulsa dengan diameter 10 cm. Setiap bedengan terdiri dari dua baris lubang tanam. Jarak antara lubang tanam berturut-turut adalah 40 cm dan jarak antara garis adalah 50-60 cm.

3. Pemberian Pupuk

Kotoran, kotoran ayam lebih baik di dengan campuran kambing atau sapi. Cara mengoleskan pupuk bisa disebarkan di bedengan lalu dicampur dengan tanah atau diletakkan di lubang tanam. Tambahkan hingga 0,5-1 kg pupuk ke setiap lubang tanam. Total kebutuhan pupuk untuk satu hektar adalah 20-30 ton. Setelah menggunakan pupuk, tinggalkan tanah selama 1-2 minggu.

Baca Juga :  Cara Menanam Jagung

4. Tanam biji mentimun

Tanam biji mentimun yang dibuat dengan cara yang dijelaskan di atas. Masukkan satu biji ke dalam lubang tanaman dan tutup dengan tanah. Siram setiap pagi dan sore. Setelah 2 hari, benih yang ditanam biasanya mulai tumbuh dan tumbuh sedikit lebih tinggi.

5. Perawatan Budidaya Timun

Periksa tanaman setelah tanam pada usia Semingui dan segera menyulam jika tanaman mati atau tidak tumbuh dengan biji baru. Bersihkan gulma di sekitar Atanam. Pada umur 2 minggu setelah tanam, biasanya daun sudah mulai muncul. Tambahkan pupuk tambahan dalam bentuk pupuk cair.

Pupuk cair terbuat dari kotoran kambing yang dimasak, yang dicampur dengan air. Komposisi campuran 1 kg kotoran kambing dengan 1 liter air. Campuran harus istirahat selama seminggu. Semprotkan pupuk cair pada setiap lubang tanam. Permintaan pupuk cair adalah 1 liter per meter persegi.

Untuk mendapatkan buah yang baik, Anda perlu menempelkan sendok atau penyu bambu. Rakit potongan bambu untuk setiap lubang tanam dan ikat empat potongan bambu menjadi satu. Bantu tanaman membungkus atau memanjat bambu.

Penangan Dalam Kasus Serangan Hama Serta Penyakit

Beberapa penyakit dan hama yang memengaruhi menta Anda disebut cacantal atau oteng-oteng. Hama ini menyerang daun dan dapat menyebabkan kematian pada tanaman. Hama yang biasa menyerang mentimun adalah cacing tanah. Hama ini biasanya menyerang batang, yang menjadi dasar keluarnya daun atau buah. Kedua hama tersebut dapat dikontrol dengan biopestisida yang terbuat dari ekstrak kipait dan ubi dicampur dengan urin kelinci.

Baca Juga : Cara Budidaya Jamur Kuping

Penyakit yang menumbuhkan mentimun termasuk busuk daun, tepung putih, antraknosa, bercak daun dan busuk buah. Penyakit ini dapat dikendalikan oleh kultur teknis dalam bentuk rotasi tanaman dan pembuangan bagian tanaman yang terkena.

Masuk Masa Memanen Timun

Sesudah 1 bulan lebih timun akan siap di panen,karena setelah pengecekan selama 3minggu bunga timun mulai berkembang. Pemanenan dilakukan secara bertahap dalam 1-1,5 bulan. Pemanen tersedia setiap hari, biasanya 1-2 buah per tanaman dapat dipilih.

Produksi mentimun yang baik dapat mencapai 30 ton. Mentimun harus diletakkan di tempat yang dingin, karena mentimun kehilangan air dengan cepat. Setelah panen, mentimun biasanya dikemas di tempat-tempat dengan sirkulasi udara atau dompet untuk dijual.

Nah Selesai sudah pembahasan mengenai budidaya timun yang telah kita lihat sama – sama sebelum kita telaha membahas mengenai Cara Budidaya Tomat diamna semua pembahasan itu semoga bermanfaat.Nantikan artikel selanjut nya di pakguru.co.id

Ikan Kakap

Pak Guru
3 min read

Kopi Coklat

Pak Guru
5 min read

Kopi Robusta

Pak Guru
3 min read
SELAMAT DATANG
Selamat Membaca Artikel yang Kami Bagikan, Semoga Dapat Membantu, Kritik dan Saran Silahkan Hubungi Kami [email protected]