Budidaya Ikan Mas

5 min read

Pada pembahasan kali ini kami akan membahas tentang Budidaya Ikan Mas, dimana pada pembahasan sebelum nya kita telah membahas mengenai Jaring-Jaring Makanan. Dalam pembahasan ini kita akan menguraikan bagaimana Budidaya Ikan Mas dan jenis jenis Ikan Mas serta manfaat nya.

Apa Itu Ikan Mas ?

Budidaya Ikan Mas

Ikan mas adalaha salah satu jenis ikan air tawar yang sangat di gemari di kalangan masyarakat dan sangat cocok di jadi kan lauk buat makanan karena itu ikan mas juga banyak di buru oleh para pengusaha restoran dan rumah makan dengan seperti ini juga para petani ikan mas sangat banyak dan mereka senang berbudidaya ikan mas di mana cara budidanya sangat mudah dan memerlukan modal yang tak begitu besar.

Ciri – Ciri Ikan Mas

  • Ikan mas bernafas dengan insang
  • Ikan mas memiliki sisik merah keemasan
  • Gerakannya hidup dan bergerak
  • Memiliki bentuk tubuh yang gemuk
  • Di bagian depan mulut ada dua pasang tentakel.
  • Ada gigi esofagus yang terbentuk di sekitar tiga baris geraham di ujung mulut.
  • Di ujung mulut ada juga gigi esofagus dalam bentuk tiga baris molar.
  • Untuk bagian depan mulut ada dua kacamata hitam pendek.
  • Sisik tubuh ikan mas sebagian besar kemudian ditutupi oleh sisik sikloid.
  • Ikan mas biasanya memiliki warna kuning, merah, emas, biru, hijau atau kombinasi dari warna-warna ini.

Jenis – Jenis Ikan Mas

Jenis Ikan Mas ada berbagai macam jenis baik untuk di konsumsi atau menjadi ikan hias berikut jenis jenis ikan mas baik koncumsi dan hias :

1. Ikan Mas Punten

Ikan Mas Punten juga banyak di budidayakan di desa Punten, Malang, Jawa Timur.

Ikan Mas Punten Memiliki ciri – ciri tubuh pendek dengan punggung lebar dan tinggi. Warna sisiknya hijau tua, matanya cukup jelas, gerakan tubuhnya lambat dan jinak.

2. Ikan Mas Sinyonya

Ikan mas Sinyonya memiliki ciri cir bentuk tubuh memanjang dan bagian belakang lebih dalam dibandingkan dengan ikan Punt.

Sisik kuning pucat mengingatkan pada warna kulit jeruk. Mata Sinyonya muda cukup terlihat. Tapi kemudian berubah menjadi siput ketika ikan semakin tua.

3. Ikan Mas Taiwan

Ikan Mas Taiwan memiliki ciri ciri Bentuk tubuh ikan ini memanjang dan punggungnya berbentuk seperti lingkaran agak bulat. bentuk lain adalah memiliki bintik putih , yang berwarna kuning-hijau hingga merah-kuning di tepi sirip dubur dan di bawah sirip ekor.

Baca Juga :  Budidaya Ikan Nila

4. Ikan Mas Merah

Ikan Mas Merah memiliki ciri-ciri ikan ini sisik berwarna merah keemasan. Dia suka bergerak aktif dan mengaduk kolam.

Agak sulit ditangkap karena tidak terlalu jinak. Bentuk tubuh relatif memanjang dengan mata lebih menonjol.

5. Ikan Mas Majalaya

Ikan mas majalaya memiliki ciri – ciri Sesuai namanya, ikan ini berevolusi untuk pertama kalinya di Kabupaten Majalaya, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Ukuran ikan Majalaya relatif pendek dan punggungnya bengkok dibandingkan dengan jenis ikan mas lainnya. Dia jinak dan berenang di permukaan air. Ikan Malajaya ini memiliki sisik abu-abu-hijau. Warna tepi tubuh lebih gelap, sedangkan di bagian bawah insang dan di bagian bawah sirip ekor warna kekuningan dapat terlihat. Dari kepala ke belakang, warna sisik lebih gelap.

6. Ikan Mas Yamato

Ikan mas yamato memiliki ciri – ciri Bentuk tubuh ikan ini memanjang. Sisik hijau kecoklatan. Banyak ditemukan di China dan Jepang

7. Ikan Mas lokal

Jenis ikan ini paling umum di Indonesia. ciri ciri ikan mas lokal memiliki bentuk tubuhnya seperti kombinasi beberapa jenis ikan mas, yang memanjang dan tidak miring. Tampaknya ikan mas lokal adalah ikan mas yang dihasilkan dari perkawinan silang dalam komunitas yang tidak terkontrol.

Manfaat Ikan Mas

Ikan Mas juga selain bisa di budidayakan dan dijadikan hiasan rumah atau kolam dirumah ikan mas juga banyak mengandung manfaat dan gizi yang baik buat kesehatan kita yuk simak apajakah manfaat dari ikan mas :

1. Mendukung Pertumbuhan

Seperti spesies ikan lainnya, ikan mas ditemukan mengandung asam lemak omega-3 yang cukup kaya tidak hanya berguna bagi kecerdasan otak, tetapi juga untuk mendukung pertumbuhan dan merangsang sel untuk berkembang lebih cepat. Manfaat ini tentu saja dapat dicapai dengan makan ikan mas.

2. Peningkatan Keterampilan Kognitif

Tidak salah rasanya ketika banyak orang mengatakan mereka sering makan ikan jika ingin memiliki keterampilan kognitif. Minyak ikan dan ikan mas mengandung DHA, yang mengandung rantai panjang asam lemak omega-3, sehingga dapat merangsang kemampuan otak dan meningkatkan daya ingat.

3. Mengurangi Resiko Serangan Jantung

Kandungan asam lemak omega-3 tidak hanya memiliki efek positif pada pertumbuhan dan kemampuan kognitif, tetapi juga memiliki efek yang sangat positif pada pengurangan risiko penyakit jantung. Ini karena kandungan omega-3 pada ikan mas dapat mengatur detak jantung menjadi normal. Tentu ini sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung.

4. Menjadi Obat Untuk Diet

Ikan mas sangat baik untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang diet. Tentu saja, ikan jenis ini memiliki komponen yang dapat mengurangi jumlah lemak jahat dalam tubuh, kecuali bahwa kandungan kalorinya relatif rendah, sehingga bisa dijadikan menu diet.

5. Mencegah Penuaan Dini

Ikan mas memiliki manfaat kecantikan yang luar biasa tidak hanya dalam hal kesehatan tubuh. Hal luar biasa ini bagi Anda yang ingin tampil cantik dan awet muda kini bisa dengan mudah diperoleh dengan mengonsumsi ikan gurame. Kandungan minyak ikan bisa mencegah penuaan dini.

Baca Juga :  Cara Membuat Kolam Ikan

Baca Juga : Budidaya Ikan Gurame

Di seluruh indonesia memang sudah sangat banyak para pembudidaya ikan mas ini Dimana ikan mas juga bisa menjadi peluang usaha dan banyak manfaat nya karena itu banyak yang ingin membudidayakan ikan mas yuk simak langkah nya dibawah ini :

Langkah Langkah Budidaya Ikan Mas

1. Pemilihan Bibit Ikan Mas

Calon ikan mas yang dipelihara disimpan di kolam pemijahan antara stok pemuliaan jantan dan betina. Pemisahan ini berlangsung sampai kedua peternak siap untuk pemijahan.

Pemijahan atau perkawinan ikan mas terjadi di kolam khusus. Kolam harus dilengkapi dengan kakaban, tempat di mana telur yang dibuahi dapat ditempatkan.

Waktu Pembesaran Ikan Mas

Benih yang digunakan dalam budidaya ikan mas biasanya tingginya 10-12 cm atau berat sekitar 80-100 gram per ekor. Diharapkan bahwa ukuran biji ukuran ini cukup kuat untuk dinaikkan. Ini dapat mengurangi risiko gagal bayar. Panjang pembesaran ikan mas adalah 2-3 bulan.

Pemuliaan ikan mas dapat dilakukan dengan teknik yang berbeda, misalnya. B. dengan semprotan air, masih air atau budaya menengah. Sedang atau lokasi bisa berupa genangan tanah, dinding kolam, terpal, sawah, keramba dan jaring apung.

2. Persiapkan Kolam/Wadah Perairan

Sebagian besar petani menanam ikan mas di kolam airyang tenang seperti kolam tanah. Ground Pool banyak digunakan karena mudah dan murah untuk diproduksi. Lihat cara membuat kolam tanah.

Ada dua jenis kolam tanah: kolam bumi dengan bendungan tanah dan kolam dengan tanggul tembok atau batu. Kolam memiliki keuntungan karena mereka dapat memberi ikan pakan alami. Di dasar kolam tidak hanya ikan tetapi juga berbagai organisme seperti cacing atau tanaman air dapat berkembang. Jenis kolam ini membantu mengurangi biaya pakan.

Berikut ini adalah langkah-langkah persiapan untuk budidaya ikan mas di kolam:

Sebelum kolam digunakan, dasar kolam harus terlebih dahulu dibajak, dikeringkan, dijajah, dibuahi, dan disiram. Persiapan ini berlangsung 1-2 minggu tergantung pada cuaca, ketika kolam dikeringkan. Untuk detailnya, silakan baca persiapan kolam untuk budidaya ikan.

Gunakan biji ikan mas dengan ukuran 100 gram per ekor. Kapasitas kolam tanah untuk pembibitan ikan mas adalah 1-2 ikan / m2.

Tambahkan pakan utama dalam bentuk pelet dengan kandungan protein 25%. Dosis makan adalah 3-4% dari berat ikan. Misalnya, untuk ikan 100 gram, beri makan 3-4 gram pelet per orang per hari. Jika kita menanam 1000 ikan, kita membutuhkan 3-4 kg makanan per hari.

Frekuensi menyusui 3 kali sehari, pagi, sore dan malam hari.

Timbang berat tubuh ikan mas setiap 2 minggu. Ambil beberapa ekor acak dan timbang. Kemudian sesuaikan jumlah makanan.

Dalam 3 bulan, berat ikan meningkat menjadi sekitar 300-400 gram per ikan. Dengan ukuran ini, ikan bisa dipanen. Jika dipelihara, biaya pakan tidak lagi ekonomis, kecuali ada harga jual ikan yang lebih tinggi.

Persiapkan Perairan

Perairan Yang Mengalir Deras adalah tempat budidaya ikan dengan sirkulasi air cepat. Untuk membentuk kolam dengan air cepat, aliran air besar dan arus kuat diperlukan. Keuntungan dari budidaya ikan mas di kolam air cepat adalah bahwa ikan terus bergerak, sehingga nafsu makannya besar. Selain itu, kandungan oksigen terlarut dalam hot tub relatif tinggi. Dengan demikian, kolam jet memiliki kapasitas yang lebih besar untuk ikan daripada kolam yang tenang.

Baca Juga :  Ikan Kakap

Baca Juga : Budidaya Belut

Kolam jet yang luas biasanya kecil dan tidak sebesar kolam yang tenang. Plot atau area kolam dibagi menjadi ukuran kolam kecil, sehingga aliran air bisa tetap cepat. Kedalaman kolam lebih dalam dari kolam dengan air yang tenang. Dinding kolam dibuat dari dinding untuk mencegah erosi oleh erosi air.

Hal-hal berikut harus diperhitungkan saat membudidayakan ikan mas di kolam air cepat:

Kolam air cepat membutuhkan aliran air besar 25-100 liter / detik. Pastikan sumber air tetap lancar.

Gunakan benih ikan dengan berat 100 g / ekor. Kapasitas penyimpanan benih di kolam waterjet adalah 30-60 lembar / m2. Semakin cepat air mengalir, semakin besar kapasitasnya.

Berikan makanan dengan kandungan protein 25-30%. Selain itu, pelet harus dapat bertahan hidup di air, tidak mudah dihancurkan, karena aliran airnya cukup cepat.

Dosisnya adalah 4% dari berat tubuh ikan. Timbang satu porsi ikan setiap dua minggu untuk menyesuaikan jumlah makanan.

Pengumpanan dapat disebarkan atau dilakukan dengan wadah aluminium di kolam dengan pendulum yang diproyeksikan ke dalam air. Makanan jatuh ketika ikan menggerakkan pendulum.

Frekuensi menyusui 3 kali sehari, pagi, sore dan malam hari.

Budidaya ikan mas dapat dipanen setelah 2,5 hingga 3 bulan dengan 3-4 kali berat aslinya

3. Pencegahan Penyakit Serta Hama

Bisnis ikan mas berkembang sangat cepat. Pada saat yang sama, penyebaran penyakit menjadi risiko yang harus diperhitungkan. Untuk meminimalkan risiko, setiap petani perlu mengetahui berbagai penyakit yang sering memengaruhi ikan gurame. Untuk informasi lebih lanjut, silakan baca penyakit ikan mas dan ikan mas.

4. Proses Panen Ikan Mas

Secara umum, tingkat budidaya ikan mas komersial berkisar antara 300 hingga 400 gram per kapita. Berat ikan di bawahnya bisa bertambah. Jika melebihi berat, tidak lagi ekonomis untuk membiakkan ikan mas. Proporsi ikan yang dikonsumsi oleh ikan tidak lagi sebanding dengan pertumbuhan dan harga jual ikan.

Baca Juga : Budidaya Ikan Nila

Semakin lama waktu ekspansi, semakin besar biaya kepemilikan. Biaya pemeliharaan, terutama untuk pakan, akan lebih tinggi dengan meningkatnya berat ikan per kapita.

Namun, ini masih tergantung pada kondisi pasar. Jika ada pasar yang bersedia menerima ikan mas berukuran besar dengan harga lebih mahal per kilogram, perpanjangan masih dimungkinkan.

Waktu yang dibutuhkan untuk budidaya ikan mas adalah 100 gram per kapita, sampai ukuran 300-400 gram siap makan sekitar 2-3 bulan. Selama waktu ini, berat ikan tumbuh 3-4 kali.

Oke sahabat pakguru demikan sedikit pembahasan mengenai budidaya ikan maas Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat

Budidaya Ikan Lele

Pak Guru
3 min read

Ikan Kakap

Pak Guru
3 min read

Cara Membuat Kolam Ikan

Pak Guru
4 min read
SELAMAT DATANG
Selamat Membaca Artikel yang Kami Bagikan, Semoga Dapat Membantu, Kritik dan Saran Silahkan Hubungi Kami [email protected]