Budidaya Ikan Cupang

3 min read

Budidaya Ikan Cupang – Ikan cupang adalah salah satu ikan hias yang mudah dipelihara. Budidaya ikan cupang tidak memerlukan lahan yang besar serta tak pula harus memiliki modal keuangan yang besar pula cukup dengan Rp100000 kita sudah bisa melakukan budidaya sendiri dirumah dan menggunakan bahan yang sudah aa di rumah.

Apa Itu Ikan Cupang ?

Budidaya Ikan Cupang

Ikan cupang adalah ikan air tawar dari daerah tropis. Banyak ditemukan di perairan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Di alam liar, ikan ini hidup berkelompok. Habitat ada di rawa, danau dan sungai.

Baca Juga : Budidaya Ikan Lele

Salah satu ciri khas ikan Betta/cupang adalah daya tahannya. Dapat bertahan hidup di lingkungan oksigen rendah. Dapat disimpan dalam gelas kecil tanpa aerator. Kemampuan ini diperoleh karena cupang ikan memiliki rongga labirin yang mirip dengan yang ditemukan di paru-paru manusia. Labirin dapat bertahan hidup dalam lingkungan oksigen yang buruk.

Jenis – Jenis Ikan Cupang

Jenis - Jenis Ikan Cupang

Di antara pemain yang dikenal, ada dua jenis ikan beta, Beta dan Beta Bead. Perhiasan beta dilestarikan untuk menikmati keindahan bentuk, warna dan gerakan. Hikki berjuang untuk perang. Beberapa negara yang berjuang dengan kegiatan ilegal perlu mempertimbangkan hal ini.

Baca Juga :  Faktor Urbanisasi di Indonesia

Berikut Ini Jenis – Jenis Ikan Cupang

1. Ikan Cupang Hias

  • Banyak spesies ikan cupang hias, seperti ikan ikan cupang Crescent, ikan ikan cupang Serit, ikan cupang Slayer, dll . Harga untuk ikan cupang tergantung pada ukuran tubuh dan pola warna. Semakin indah dan langka ikan hias Betta, semakin tinggi harganya.
  • Harga rata-rata untuk ikan cupang saat ini adalah Rp 15.000 per ikan. Adapun harga ikan ikan cupang harga untuk juara adalah rp 150.000 per ikan.

2. Jenis Ikan Cupang Untuk Di Adu

  • Jenis Ikan cupang ini tidak banyak seperti jenis ikan hias. Ikan cupang hanya terdiri dari dua jenis, yaitu hidangan ikan dan ikan cupang raksasa. Untuk ikan cupang berkualitas tinggi dengan kualitas 5 hingga 7 cm, ikan ini dijual dengan harga Rp.20.000 per ikan.
  • Selama harga untuk ikan cupang, harga untuk kualitas super adalah 8-10 cm dengan harga Rp 50.000 untuk ikan. Semakin besar ikan Betta, semakin rendah harganya. Di bawah ini adalah daftar harga ikan dari yang termurah hingga yang termurah.

Berikut Beberapa Jenis Ikan cupang Hias

1. Ikan Cupang Hias Jenis Halfmoon

  • Jenis ikan cupang hias telah ditemukan di Indonesia, dan sering juga disebut sebagai ikan cupang Besar, ini karena bentuk sirip ekor yang besar. Ikan cupang halfmoon terkenal dengan bentuk sirip yang melebar, antara sirip punggung dan sirip ekor ikan dewasa yang menyatu.
  • Tidak ada celah sedikitpun pada sirip dan ekornya, inilah alasan mengapa jenis ikan cupang ini disebut Betta Halfmoon Fish (Half Moon). Harga ikan cupang setengah bulan tergantung pada ukuran dan pola warnanya.

2. Ikan Cupang Hias Fancy

  • Ikan cupang yang mewah berasal dari negara tetangga kita, Thailand. Thailand adalah asal dari sebagian besar ikan Betta dan ikan Betta dengan kualitas terbaik.
  • Ikan cupang mewah memiliki sirip yang tidak sebesar setengah ikan, tetapi memiliki warna yang indah. Ikan cupang mewah terkenal dengan kombinasi degradasi warna sebagai lukisan yang indah yang membuat ikan cupang mewah mahal.
Baca Juga :  Fauna Australis

3. Jenis Ikan Cupang Hias Serit

  • Seperti namanya, ikan Betta Serit memiliki sirip dan berbeda dari spesies ikan Betta lainnya. Bentuk sirip Betta jenis ini menyerupai ikan yang telah bertarung karena bentuk siripnya sobek dan tidak beraturan.
  • Karena keunikan jenis ikan cupang ini menjadikannya salah satu jenis ikan cupang yang paling diminati di rumah sebagai hiasan ikan cupang dan memiliki harga jual yang tinggi.

4. Jenis Ikan Cupang Hias Slayer

  • Kebanyakan orang berpikir bahwa ikan pembunuh Betta dan ikan Halfmon Betta adalah sejenis. Faktanya, ikan pembunuh Betta dan ikan Crescent-Betta memiliki ukuran sirip yang indah dan luas, tetapi jika Anda perhatikan lebih dekat, makanannya akan membuat perbedaan.
  • Bentuk ujung ikan Betta yang licin menyerupai ikan Betta Serit, dan asal-usul ikan Betta Slayer berasal dari persilangan antara ikan Betta Serit dan ikan Betta Crescent. Betta huntress sekarang mengalami kenaikan harga.

Langkah Budidaya Ikan Cupang

Untuk memulai dengan pembiakan ikan cupang, pertama-tama pembibitan atau anakan berkualitas tinggi harus dikonsultasikan.

1. Pilih Indukan Cupang

Induk yang baik datang sebanyak mungkin dari keturunan superior, kondisi fit, bebas penyakit dan cacat bawaan. Simpan pejantan dan betino di tempat yang berbeda.

Karakteristik induk yang sudah siap menikah adalah sebagai berikut :

Untuk cupang pria :

  • Berusia setidaknya 4-8 bulan
  • Bentuk tubuh memanjang
  • Siripnya memanjang dan warnanya cerah dan menarik
  • Gerakan gesit

Untuk betta wanita / bentina :

  • Paling tidak berumur tiga bulan
  • Tubuh membulat, perut agak besar
  • Warna dan sirip tidak menarik
  • bergerak lembon

2. Benih Ikan Cupang Disebar

  • Setelah menebar stok baik jantan maupun betina,berukuran 20 x 20 x 20 cm.
  • Dalam sebuah budidaya cupNG dapat menghasilkan hingga RIBUAN telur. Telur menetas dalam waktu sehari semalam setelah pembuahan. Menurut pengalaman petani, Dalam budidaya cupang, biasanya hanya 40 ikan Betta hidup yang dapat dipanen.
  • Induk jantan dapat dipasangkan hingga 7 kali setiap tiga minggu. Wanita harus ditutup hanya sekali. Jika dipaksakan, keragaman gender akan menurun di pernikahan berikutnya. Di mana anak-anak ikantergantung jenis kelamin perempuan.
Baca Juga :  Burung Garuda

3. Jenis Pakan Ikan Cupang

Makanan favorit yang biasanya diberikan kepada ikan cupang adalah ktu ccing sutra dan encu. Bisa mengarah pada perkembangan penyakit. Kutubayu dapat ditemukan di selokan yang stagnan

4. Cara Merawat Ikan Cupang

Ia boleh disimpan di dalam bak. Ikan ini kuat kepada keadaan air oksigen yang rendah. Walau bagaimanapun, adalah disyorkan untuk mengekalkan kualiti air melalui pengudaraan dan membersihkan penuras. Supaya ikan itu tumbuh dengan sempurna dan sentiasa dalam keadaan baik. Terutama untuk pertandingan memancing.

Tidak dianjurkan untuk menyimpan lebih dari satu ikan Betta lelaki dewasa di akuarium. Ikan boleh melekat bersama. Akibatnya, tulang rusuk tidak licin dan kurang warna.

5. Masa Panen Ikan Cupang

Terutama untuk ikan kita boleh meletakkannya dalam cawan kecil. Berdasarkan pengalaman, ikan perlu disimpan untuk menjadi lebih agresif. Jangan letakkan segelas ikan berhampiran. Kerana ikan betta masih diserang dan mengalahkan kaca. Sediakan skrin telus antara cermin mata.

Tukar air dalam bekas dengan kerap. Semak kotoran dan serpihan di bahagian bawah bekas. Pembentukan ini boleh menyebabkan penyakit dan juga kehilangan ikan akibat pencemaran air.

Baik itulah yang dapat kami bagikan pada artikel kali ini mengenai Budidaya Ikan Cupang semoga dapat bermanfaat dan membantu Anda semua.

Pengertian Pengumuman

Ika Evitasari
2 min read

Pengertian Waralaba

Ika Evitasari
2 min read

Pengertian Efektif

Ika Evitasari
1 min read