Budaya Demokrasi

2 min read

Budaya Demokrasi – Merupakan pola pikir dan sikap masyarakat terhadap nilai-nilai dengan kerja sama, toleransi. Dalam artikel ini akan membahas secara singkat dan jelas mengenai budaya demikrasi. Yuukk… Simak selengkapnya sebagai berikut.

Definisi Budaya Demokrasi

Budaya-Demokrasi

Budaya Demokrasi adalah sikap warga negara dan sebuah pola pikir yang berdasarkan nilai-nilai kesetaraan, kemerdekaan, dan persaudaraan antara orang-orang dengan kerja sama, saling percaya, kompromi, dan toleransi.

Etimologis budaya demokratis merupakan kegiatan dan sikap manusia yang telah mencerminkan nilai-nilai demokrasi. seperti rasa kebersamaan, hormat, aturan, dan kebebasan. Budaya demokrasi adalah suatu bentuk dalam sebuah penerapan atau nilai-nilai dalam sebuah prinsip-prinsip demokrasi.

Baca Juga : Pengertian Ilmu Sosial

Budaya demokrasi terdiri atas dua kata yakni budaya dan demokrasi. Budaya adalah hasil dari kemampuan nalar oleh manusia dalam lingkungan hidup. Sedangkan demokrasi adalah negara dengan sebuah sistem pemerintahan oleh tangan rakyat dan kekuasaan yang tertinggi oleh tangan rakyat.

Prinsip – Prinsip Budaya Demokrasi

Budaya mempunyai sebuah prinsip budaya demokratis yang penerapan dalam prinsip sebuah demokrasi pada kehidupan bernegara dan berbangsa, hingga menjadi sebuah budaya yang sangat demokratis.

Prinsip-Prinsip Budaya Demokrasi Secara Umum

  • Kesetaraan terhadap hadapan hukum, sehingga tidak ada ketidakadilan dan diskriminasi bagi seseorang yang akan melanggar sebuah hukum, harus diberi sanksi oleh hukum yang berlaku.
  • Kehadiran pengakuan hak-hak politik seperti majelis, oposisi, asosiasi dan mengeluarkan pendapat.
  • Kontrol atau pengawasan kepada pemerintah, dengan demokrasi tersebut.
  • Terdapat kritik atau saran dari masyarakat yang dapat mengenai kinerja pemerintah dengan media massa atau perwakilan rakyat sebagai tempat untuk menyalurkan aspirasi masyarakat.
  • Adanya jaminan hak asasi manusia adalah hak fundamental yang, sejak lahir, adalah hadiah dari Allah SWT, tidak boleh dirampok oleh siapa pun, termasuk negaranya.
  • Pemerintah berdasarkan konstitusi, sehingga tidak ada penyalahgunaan kekuasaan pemerintah terhadap penduduk.
Baca Juga :  Pengertian Waralaba

Unsur – Unsur Budaya Demokrasi

  • Partisipasi orang dalam keputusan politik
  • Hak warga negara yang setara.
  • Tingkat kebebasan dan kemandirian yang diberikan atau dipertahankan oleh warga negara.
  • Sistem perwakilan, dapat diterapkan karena demokrasi langsung hanya efektif di negara di mana wilayah negara itu kecil dan populasinya kecil.
  • Sistem pemilihan dan aturan mayoritas: Sistem pemilihan ini diperkenalkan untuk mengisi posisi negara.
  • Harus dilakukan secara jujur dan adil agar pejabat lembaga negara terpilih yang mempunyai sebuah kualitas dan integritas.

Macam – Macam Budaya Demokrasi

Berbagai jenis budaya dapat dilihat dari berbagai perspektif sebagai berikut. Ada tiga jenis demokrasi dalam hal menyalurkan kehendak rakyat atau bentuk partisipasi warga:

1. Demokrasi Tidak Langsung (Representative Democracy)

Demokrasi Perwakilan adalah sistem demokrasi yang menyalurkan aspirasi rakyat melalui wakil-wakilnya di DPR.

Orang-orang tidak dapat terlibat langsung kedalam keputusan yang politik, tetapi mendelegasikan atau mendelegasikan kekuasaan kepada orang-orang yang mereka pilih melalui pemilihan yang bebas, adil dan jujur.

2. Demokrasi Langsung

Demokrasi Langsung adalah sistem demokrasi yang melibatkan semua orang secara langsung dalam diskusi atau definisi masalah urusan negara (political governance).

Contohnya, referendum (yang mengumpulkan pendapat semua orang) tentang masalah-masalah dasar kehidupan negara, penyelenggaraan pemilihan presiden dan wakil presiden, dan perwakilan rakyat yang duduk di parlemen.

3. Demokrasi Campuran

Demokrasi campuran ialah sistem demokrasi yang cdapat menggabungkan antara demokrasi langsung dan demokrasi representatif. Orang-orang memilih perwakilan mereka di DVRD, kemudian wakil rakyat dapat dikendalikan pada sebuah sistem referendum.

Dalam hal ideologi, terdapat dua jenis demokrasi yaitu:

  • Demokrasi Rakyat (Demokrasi Proletar)
    Demokrasi proletar ialah suatu demokrasi yang dapat didasarkan kepada ajaran marxisme dan komunisme yang dapat dikembangkan kepada Leninisme dan Karl Mark.

    Dalam ciri-cirinya dapat menonjol dari suatu demokrasi rakyat adalah ia tidak mengakui hak asasi warga negara.
  • Demokrasi Konstitusional
    Demokrasi konstitusional dapat mencerminkan sebuah kekuasaan pemerintah yang dapat terbatas, tidak banyak campur tangan dan tidak dapat bertindak untuk sewenang-wenang terhadap warganya.

    Kekuasaan pemerintah tersebut dapat dibatasi dengan sebuah konstitusi. Demokrasi konstitusional diadopsi oleh negara-negara Indonesia, Amerika Serikat, Eropa Barat, India, Pakistan, Filipina dan Singapura.
Baca Juga :  Fungsi Epidermis Pada Akar

Demikian artikel yang dapat kami sampaikan yaitu mengenai Budaya Demokrasi. Semoga artikel yang kami buat, dapat bermanfaat bagi Anda.

Hutang Jangka Pendek

Pak Guru
6 min read

Pengertian Aset Tetap

Pak Guru
5 min read

Administrasi Text

Ika Evitasari
2 min read
SELAMAT DATANG
Selamat Membaca Artikel yang Kami Bagikan, Semoga Dapat Membantu, Kritik dan Saran Silahkan Hubungi Kami [email protected]