Backup dan Restore Basisdata

2 min read

Backup dan Restore Basisdata – Setiap komputer server yang akan bertindak untuk server web sekarang membutuhkan basis data. Mari kita simak penjelasannya.

Daftar Isi :

Database atau Basisdata

Database merupakan sekumpulan data yang dapat disimpan oleh sistematis pada komputer dan dapat dimanipulasi atau diproses oleh perangkat lunak (program aplikasi) sebagai dapat menghasilkan sebuah informasi. Mendefinisikan database yaitu spesifikasi dalam bentuk struktur data, tipe data, dan batasan pada data yang kemudian disimpan.

Basis data ialah sebuah aspek yang penting dalam sebuah sistem informasi karena dapat berfungsi yaitu untuk penyimpan data dan diproses lebih lanjut. Basis data penting karena dapat mengatur data, menghindari duplikasi, menghindari hubungan yang tidak jelas antara data dan pembaruan yang rumit.

Baca Juga : Sistem Operasi Google Android

Backup dan Restore Basisdata

Backup-dan-Restore-Basis-Data
  • Apt-Get Instal Server MySQL
    Selama instalasi MySQL, data harus ditentukan, yaitu kata sandi untuk pengguna root MySQL. Setelah instalasi berhasil, status layanan MySQL aktif dapat diperiksa dengan perintah berikut:
    /etc/init.d/mysql status

    Cara lain untuk menguji instalasi mySQL adalah dengan menggunakan perintah berikut untuk bergabung dengan sistem database mySQL:
    Mysql -u root -p

    Perintah berikut dapat digunakan untuk mengaktifkan layanan MySQL jika tes di atas belum aktif:
    /etc/init.d/mysql start
  • Backup Database
    Proses pencadangan di MySQL dapat dilakukan dengan perintah berikut:
    Mysqldump -U nama pengguna -p – database_dbname> /location/filebackup.sql

    Deskripsi:
    a. Database_name ialah nama database MySQL yang didukung.
    b. /location/filebackup.sql ialah file yang menyimpan konten dari file database.
  • Restore Database
    File yang dihasilkan oleh aplikasi Mysqldump atau program lain yang dapat membuat file SQL dapat didorong kembali ke sistem database MySQL. Pengembalian ini dapat dilakukan dengan perintah berikut:
    Mysql -u me-root </lokasi/file.sql

    Selain metode yang dijelaskan di atas, database MySQL juga dapat dicadangkan melalui jaringan atau melalui prosedur pencadangan lokal, karena semua database sementara dan konfigurasi MySQL disimpan sebagai file yang disimpan oleh sistem Debian di / var / lib / mysql / lokasi akan diproses.
Baca Juga :  Pengertian Hardware

Baca Juga: Sistem Operasi Windows Phone

Software Pada Basisdata

1. Oracle

oracle

Oracle menjadi salah satu database yang bisa menyimpan data dengan ukuran yang cukup maksimum yaitu hingga ukuran tera byte. Oracle, menjadi salah satu software database yang cocok sebagai pemula yang ingin belajar tentang database.

2. Microsoft Acces

ms-acces

Microsoft Acces software database yang satu ini sangat cocok untuk digunakan untuk sebagaian besar komputer relasional. Komputer-komputer rumahan yang hanya digunakan untuk sebagai kebutuhan ringan dan ada Mircrosoft Acces digunakan sebagai andalan data base.

Software ini merupakan basis yang digunakan sebagai sebuah data dari sistem Microsoft Jet Database Engine dan beberapa tampilan utnuk sebuah grafis yang sangat sering dapat digunakan untuk pengguna rumahan. Database digunakan untuk berbagai series dan yang paling baru merupakan Microsoft Office System 2007.

3. Ms SQL Server

Ms SQL Server software ini ialah sistem sebuah database yang dapat menggunakan sebuah sistem manajemen berbasis data relasional yang dapat digunakan sebagai produk Microsoft. Bahasa yang akan digunakan sebagai kueri dari software ini ialah dari bahasa Transact-SQL yaitu merupakan gabungan dari SQL standar ISO atau ANSI.

4. Postsgre SQL

Postsgre-SQL

Postsgre SQL berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk membangun database serven yang hanya bersifat open source dengan lisensi GPL atau General Public License. Bahasa pemrograman yang dapat digunakan sebagai Postrge SQL yakni seperti SQL, C, C++, Java, PHP dan juga lainnya.

Dengan menggunakan software database bisa digunakan memodifikasi dan juga mendistribusikan secara bebas dan gratis tanpa harus membayar lisensi. Hal ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan baik itu untuk digunakan secara pribadi, umum atau sebagai sebuah kebutuhan pendidikan.

Baca Juga :  Pengertian Jaringan Komputer

Baca Juga : Sistem Operasi Apple IOS

5. MySQL

MySQL software database yang satu ini bisa digunakan untuk seluruh platform seperti Linux ataupun Windows dan menjadi database yang paling terbuka untuk seluruh open cource. Yang menjadi kelebihan dari software database ini adalah penggunaan dari software database ini bisa digunakan untuk multi user karena memang pengakses database pada software ini menggunakan program yang bersifat network.

6. Firebird

Firebird-1

Firebird atau dikenal dengan sebutan FirebirdSL menjadi salah satu sistem berbasis data yang akan menawarkan berbagai fitur yang standar. Fitur-fitur yang bisa didapatkan sebagai database yang satu ini diantaranya seperti ANSI SQL-99 dan jga SQL-2003. Database ini bisa digunakan dengan sangat baik dan bisa berjalan dengan cepat ketika digunakan untuk Linux, Windows dan bahkan untuk sebagian platform Unix.

Demikian artikel yang dapat kamu ringkas, yaitu tentang Backup dan Restore Basisdata. Database yaitu spesifikasi dalam bentuk struktur data, tipe data, dan batasan pada data yang kemudian disimpan.

Pengertian Hardware

Ika Evitasari
4 min read

Pengertian Software

Ika Evitasari
2 min read