Pengertian Administrasi Pendidikan

2 min read

Pengertian Administrasi Pendidikan – Proses kegiatan dalam sebuah bidang pendidikan. Penjelasan selanjutnya akan dibahas secara singkat mengenai administrasi pendidikan. Yukkk.. Simak selengkapnya sebagai berikut.

Apa yang dimaksud dengan Administrasi Pendidikan ?

Pengertian-Administrasi-Pendidikan

Administrasi Pendidikan – merupakan sebuah upaya atau proses sebagai mencapai tujuan pendidikan dengan cara harus memperhatikan berbagai sebuah komponen pendidikan hingga menjadi sebuah sistem pendidikan yang dapat ditingkatkan dengan cara menggunakan berbagai perangkat pendukung sebagai kegiatan belajar mengajar.

Baca Juga : Pengertian Potensi

Terdapat banyak upaya yang akan dilakukan sebagai mencapai suatu tujuan manajemen pendidikan. Contohnya sebagai memastikan bahwa orang menerima sebuah pendidikan wajib belajar 9 tahun, perguruan tinggi, atau dapat menghadiri pendidikan menengah.

Prinsip Administrasi Pendidikan

Administrasi dapat berhasil bila mempunyai sebuah fondasi yang tepat. Dapat ditafsirkan untuk kebenaran mendasar yang dapat membentuk dan menjadi sebuah pedoman untuk tindakan dalam kehidupan manusia.

Berikut ini adalah dasar-dasar yang harus dipertimbangkan sebelum administrator berhasil menyelesaikan tugas :

1. Prinsip Kepemimpinan yang Efektif

Seorang administrator yang dapat berhasil dalam pekerjaannya dengan menerapkan gaya sebuah kepemimpinan yang sangat efektif, yang dapat memperhitungkan sebuah dimensi antar hubungan manusia, dimensi pelaksanaan tugas, dan dimensi situasi yang ada.

Administrator dapat melakukan tugasnya bila sebagai seorang pemimpin, ia harus menjaga hubungan baik antara bawahan dan pemimimpin.

2. Prinsip Efisien

Suatu administrasi dapat melaksanakan tugas dengan sukses bila akan menggunakan sebuah sumber dan fasilitas keuangan yang ada secara efisien.

Baca Juga :  Cara Menanam Seledri

3. Prinsip Pengutamaan Tugas dan Pengelolaan

Jika seorang administrator perlu memilih sebuah pekerjaan manajemen dan operasional pada saat yang sama, ia cenderung memprioritaskan pekerjaan yang operasional.

Dia seharusnya tidak hanya fokus pada pekerjaan operasional, karena dia hanya terlibat dalam tugas operasionalnya, pekerjaan utamanya diabaikan. Semakin rendah level organisasi, semakin operasional administrator.

Baca Juga : Pengertian Koordinasi

4. Prinsip Pengelolaan

Administrator dapat mencapai hasil yang efisien dan efektif ketika akan melakukan sebuah tugas-tugas administrasi, yakni mengatur, merencanakan, mengendalikan dan mengarahkan.

Fungsi Manajemen Pendidikan

adalah kegiatan yang dapat dilakukan selama sebuah kegiatan administrasi. Berikut ini adalah fungsi administrasi pendidikan.

1. Penyusunan

Selain bersenang-senang, staf mempunyai sebuah fungsi yang sangat terpenting, staf dapat mengisi unit atau bidang yang dapat melaksanakan atau melakukan tugas.

2. Perencanaan

Dalam fase perencanaan sebuah administrator, dalam suatu kegiatan dapat dilakukan sebagai memilih, merumuskan, dan menentukan kegiatan sumber daya yang dapat dieksekusi dan digunakan sebagai mencapai tujuan tertentu.

3. Pengkoordinasian

Karena munculnya sistem birokrasi, itu tidak efektif secara global dan krisis ini akan terjadi ketika organisasi menjadi terlalu kompleks dan besar untuk bekerja atau mengelola.

4. Penganggaran

Jika seseorang membutuhkan makanan untuk melakukan suatu kegiatan, ini adalah pentingnya fungsi penganggaran.

5. Pengawasan

Kegiatan dapat dilakukan secara sedemikian rupa sehingga perilaku personil organisasi mengarah pada tujuan organisasi dan tidak hanya untuk tujuan individu. Tidak ada penyimpangan dari rencana dan eksekusi.

6. Pergerakan

Kegiatan manajer dalam pemerintahan, penugasan dan arahan karyawan atau personil organisasi untuk melakukan tugas untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

7. Pengorganisasian

Kegiatan yang dapat melibatkan sebuah hubungan yang bertetangga dapat mengatur atau membangun sebuah hubungan kerja antara kelompok atau individu, sehingga mencapai tujuan yang akan ditetapkan.

Baca Juga :  Burung Garuda

8. Penilaian

Diperlukan penilaian untuk melakukan kegiatan penelitian dan untuk mengetahui di mana implementasi sedang berlangsung dalam keseluruhan proses organisasi untuk mencapai hasil sesuai dengan rencana yang diberikan.

9. Pengarahan

Instruksi berguna sebagai penjelasan, pertimbangan dan bimbingan bagi petugas yang terlibat, baik fungsional maupun struktural, sehingga pelaksanaan tugas dapat berhasil.

Tujuan Administrasi Pendidikan

Agar sebuah kegiatan dapat mendukung pada sebuah pencapaian dan tujuan pendidikan yang dapat digunakan pada dunia pendidikan, dan berupaya sebagai mencapai tujuan pendidikan melalui:

  • Kemampuan beradaptasi.
  • Efektivitas produksi.
  • Efisiensi.
  • Kepuasan kerja.

Demikian artikel yang dapat kami ringkas yaitu mengenai Pengertian Administrasi Pendidikan. Semoga artikel kami dapat membantu dan dapat bermanfaat bagi Anda.

Iklim Oldeman

Ika Evitasari
2 min read

Pengertian Kalimat

Ika Evitasari
2 min read

Jenis – Jenis Majas

Ika Evitasari
3 min read